Pengembangan Media Moodboard Berbantuan Aplikasi Pengolah Gambar pada Pembelajaran Desain Busana
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppkk.v12i1.32799Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian media moodboard berbantuan aplikasi pengolah gambar pada pembelajaran desain busana melalui uji ahli media, uji ahli isi, dan uji subjek sasaran. Jenis penilitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) adapun model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE yang terdiri dari analyze, design, development, implemenation, dan evaluation. Teknik analisis data dalam pengambilan data pada penelitian ini yaitu angket. Hasil penelitian menunjukkan penilaian media moodboard berbantuan aplikasi pengolah gambar berdasarkan uji ahli materi memperoleh rerata presentase 99 % termasuk kategori sangat baik, ahli media memperoleh rerata presentase 92% (sangat baik), dan subjek sasaran memperoleh rerata persentase 94% (sangat baik).
Kata Kunci : Media, Moodboard, aplikasi pengolah gambar, Desain Busana
This study aims to determine the assessment of moodboard media assisted by image processing applications in clothing design learning through the media expert test, content expert test, and target subject test. This type of research is research and development. The model used in this study is the ADDIE model which consists of analyze, design, development, implementation, and evaluation. The data analysis technique in collecting data in this study is a questionnaire. The results showed that the assessment of moodboard media assisted by image processing applications based on the test of material experts obtained an average percentage of 99% including the very good category, media experts obtained an average percentage of 92% (very good), and the target subject received an average percentage of 94% (very good).
DAFTAR RUJUKAN
Keywords: Media, Moodboard, image processing application, Fashion Design
Anggrini, Anggi.2020. “ Alternatif Model Penyusunan Moodboard sebagai Metode Berfikir Kreatif dalam Pengembangan Konsep Visual” Vol 1 Juli 2020
Ayu, Anggra Rucitra.2020. “ Merumuskan Konsep Dasar Interior“ Volume 5 No.1
Bestari, Afif. 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Moodboard Terhadap Pengetahuan Desain Busana Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Busana” Volume 3 No.2.
Haryati, Siti. 2015. “Pengembangan Media pembelajaran Fliipbook Fisika Untuk Meningkattkan Hasil Belajar Peserta Didik”. Volume 4 Oktober 2015.
Tegeh, Made I. Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendiidikan dengan Model ADDIE.
SE Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran covid-19, kementerian pendidikan Indonesia
Suciati. 2008. Moodboard. Prodi Pendidikan Tata Busana. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Jurnal BOSAPARIS : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.