PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS X TKJ SMK TI BALI GLOBAL SINGARAJA

Authors

  • Ni Kadek Meri Mustika Dewi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v2i2.1128

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan memanfaatkan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kelas X Program Studi TKJ SMK TI Bali Global Singaraja setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan  memanfaatkan media konkret. (2)  mendeskripsikan respon sisawa terhadap pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Share) dengan memanfaatkan media konkret terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganeagaraan pada siswa kelas X Program Studi TKJ.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas X Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK TI Bali Global Singaraja yang berjumlah 14 orang. Pengumpulan data dalam skripsi ini dilakukan dengan metode observasi tes dan wawancara. Data yang diperoleh dari metode observasi dan wawancara ini dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitaitf. Data yang diperoleh dari metode tes dianalisis dengan teknik deskriptif-kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari  hasil belajar pada siklus I termasuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar 73,94 dan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 50%. Sedangkan pada hasil belajar siklus II termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 82,86 dan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sudah mencapai 85,76%. Jadi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 8,93%.

Kata-kata kunci :  Model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share), media konkret, hasil belajar, dan respon.

Downloads

Published

2013-07-30