PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS X TKJ SMK TI BALI GLOBAL SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v2i2.1128Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1) pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan memanfaatkan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kelas X Program Studi TKJ SMK TI Bali Global Singaraja setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan memanfaatkan media konkret. (2) mendeskripsikan respon sisawa terhadap pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Share) dengan memanfaatkan media konkret terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganeagaraan pada siswa kelas X Program Studi TKJ.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas X Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK TI Bali Global Singaraja yang berjumlah 14 orang. Pengumpulan data dalam skripsi ini dilakukan dengan metode observasi tes dan wawancara. Data yang diperoleh dari metode observasi dan wawancara ini dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitaitf. Data yang diperoleh dari metode tes dianalisis dengan teknik deskriptif-kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil belajar pada siklus I termasuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar 73,94 dan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 50%. Sedangkan pada hasil belajar siklus II termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 82,86 dan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sudah mencapai 85,76%. Jadi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 8,93%.
Kata-kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share), media konkret, hasil belajar, dan respon.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)