Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas XI Ilmu Sosial 1 SMA Laboratorium Undiksha Singaraja

Authors

  • KETUT ANGGA CHRISTINA

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v1i3.491

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn melalui     
model pembelajaran kooperatif STAD; (2). Meningkatkan sikap sosial melalui model pembelajaran     
kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD); (3) untuk mengetahui kendala-kendala     
dan alternatif pemecahan masalah dalam mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran     
kooperatif STAD. Penelitian ini menggunakan rancangan  penelitian tindakan kelas yang dilakukan     
dalam dua siklus tindakan. Tahapan-tahapan dalam tiap siklus adalah merencanakan, melaksanakan,     
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IS1 SMA Laboratorium Undiksha     
Singaraja. Kemudian objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif STAD, Hasil     
Belajar dan Sikap Sosial siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan observasi,     
wawancara, kuisioner/angket, dan pemberian tes. Selanjutnya, data yang telah dikumpulkan     
dianalisis secara deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Model     
Pembelajaran Kooperatif (STAD) dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar dan     
sikap sosial siswa kelas XI Ilmu Sosial 1 SMA Labotarium Undiksha Singaraja. Hal ini dapat     
dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 73,33% pada siklus I dengan kategori Cukup     
baik, menjadi 96,66 pada siklus II dengan kategori sangat baik, dan terjadi peningkatan sikap sosial     
siswa yaitu dari 58,1 dengan kategori baik pada siklus I menjadi sebesar 59,16 dengan kategori baik     
pada siklus II. Dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD terdapat beberapa kendala     
yaitu siswa belum memahami tentang model pembelajaran kooperatif STAD, siswa masih tidak     
berani untuk bertanya dan mengemukakan pendapat.Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut     
adapun     
pembelajaran kooperatif STAD, memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh siswa untuk     
lebih berani untuk bertanya maupun mengemukakan pendapat.     

Kata-Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Hasil Belajar, Sikap Sosial.    

Downloads

Published

2013-05-16