Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas XI Ilmu Sosial 1 SMA Laboratorium Undiksha Singaraja
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v1i3.491Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn melaluimodel pembelajaran kooperatif STAD; (2). Meningkatkan sikap sosial melalui model pembelajaran
kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD); (3) untuk mengetahui kendala-kendala
dan alternatif pemecahan masalah dalam mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran
kooperatif STAD. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan
dalam dua siklus tindakan. Tahapan-tahapan dalam tiap siklus adalah merencanakan, melaksanakan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-IS1 SMA Laboratorium Undiksha
Singaraja. Kemudian objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif STAD, Hasil
Belajar dan Sikap Sosial siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan observasi,
wawancara, kuisioner/angket, dan pemberian tes. Selanjutnya, data yang telah dikumpulkan
dianalisis secara deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif (STAD) dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar dan
sikap sosial siswa kelas XI Ilmu Sosial 1 SMA Labotarium Undiksha Singaraja. Hal ini dapat
dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 73,33% pada siklus I dengan kategori Cukup
baik, menjadi 96,66 pada siklus II dengan kategori sangat baik, dan terjadi peningkatan sikap sosial
siswa yaitu dari 58,1 dengan kategori baik pada siklus I menjadi sebesar 59,16 dengan kategori baik
pada siklus II. Dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD terdapat beberapa kendala
yaitu siswa belum memahami tentang model pembelajaran kooperatif STAD, siswa masih tidak
berani untuk bertanya dan mengemukakan pendapat.Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut
adapun
pembelajaran kooperatif STAD, memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh siswa untuk
lebih berani untuk bertanya maupun mengemukakan pendapat.
Kata-Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Hasil Belajar, Sikap Sosial.
Downloads
Published
2013-05-16
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)