PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILANSOSIAL SISWA KELAS X MIPA 6 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • I Made Wibi Fernanda

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v4i1.20840

Abstract

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT). Rancangan penelitian ini merupakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 6 di SMA Negeri 1 Singaraja pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini yaitu tentang keterampilan sosial siswa di kelas pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua jenis metode yaitu metode observasi dan metode wawancara. Penilaian dengan menggunakan instrumen observasi dan kuisioner atau angket dilaksanakan pada setiap siklus tindakan, sedangkan untuk instrumen wawancara di laksanakan di akhir kegiatan siklus kedua. Data penelitian tentang keterampilan sosial siswa yang terkumpul selanjutnya akan di analisis menggunakan teknik deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT) dapat meningkatkan keterampilan sosial pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa kelas X MIPA 6 di SMA Negeri 1 Singaraja. Persentase keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siklus I adalah 74% (observasi) dan 73,3% (kuisioner/angket) yang masih berada pada kategori cukup, sedangkan siklus II adalah 80% (observasi) dan 80,53% (kuisioner/angket) telah memenuhi kritera keberhasilan dengan berada pada kategori baik.

Jadi berdasarkan data dari kedua siklus tersebut, menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan sosial siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT).

 

Kata kunci : keterampilan sosial, model pembelajaran Team Game Turnament (TGT)


 

 


 

ABSTRACT

 

THE APPLICATION OF TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL TO INCREASING X MIPA 6 STUDENT SOCIAL SKILL AT PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SUBJECT IN SMA NEGERI 1 SINGARAJA 2016/2017 SCHOOL YEAR.

 

The aim of this study is to increasing student social skill at Pancasila and Citizenship Education subject by applying Team Game Tournament (TGT) type cooperative learning model. The design of this study is a classroom action research. The subject of this research is the students of class X MIPA 6 in SMA Negeri 1 Singaraja in the even semester of the academic year 2016/2017 which amounted to 30 students consisting of 10 male students and 20 female students. The object of this research is about the social skills of student in the class on the subjects of Pancasila and Citizenship Education.

There are 2 data collecting method that used in this study which is observation and interview method. Observation and questionnaire instrument assessment held on every action cycle, while interview method held at the end of second cycle activity. Collected student social skills data will be analyzed using descriptive technique.

Result shows the Team Game Tournament (TGT) type cooperative learning model is successfully increasing X MIPA 6 class SMA Negeri 1 Singaraja student social skill on Pancasila and Citizenship Education subjects. The percentage of student skill at Pancasila and Citizenship Education on 1st Cycle is 74% (observation) and 73,3% (questionnaire) which represent sufficient category, while on the 2nd Cycle show 80% (observation) and 80,53% (questionnaire) that already accomplish success criteria at good category.

Based on both cycle, the data shows an increasing student social skill in Pancasila and Citizenship Education subject learning process by using Team Game Tournament (TGT) type cooperative learning model.

 

Keywords : Social Skill, Team Game Tournament (TGT) learning

Downloads

Published

2019-11-25