PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA

Authors

  • I Wayan Puspa Wiadnyana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpku.v6i3.22071

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam proses penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe think -talk- write siswa kelas XTK1 SMK Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2012/2013; Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XTK1 SMK Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2012/2013. Objeknya meliputi aktivitas belajar dan hasil belajar PKn melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, pemberian tes dan kuisioner. Selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write.

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Kooperatif, Tipe Think-Talk-Write,

Downloads

Published

2019-11-26