PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B DI SMP NEGERI 2 DAWAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v2i2.1126Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran make a match pada materi pelajaran PKn kelas VIIB SMP Negeri 2 Dawan serta untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai penerapan strategi pembelajaran tersebut. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Dawan tahun pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 23 orang terdiri dari 11 orang siswa perempuan dan 12 orang siswa laki-laki. Data aktivitas belajar siswa diperoleh menggunakan metode observasi dan data hasil belajar siswa diperoleh menggunakan metode tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran PKn siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Dawan tahun ajaran 2012-2013. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran make a match adalah siswa merasa sangat senang dan menerima dengan positif diterapkannya strategi pembelajaran tersebut di kelas.
Kata-kata kunci : strategi pembelajaran make a match, aktivitas belajar, hasil belajar, tanggapan siswa
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)