PENERAPAN MODEL KOOPERATIFE TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v2i2.1134Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan model kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua kali siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X D Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Singaraja pada semester genap tahun ajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 29 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan tes. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dari metode observasi, wawancara dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Data yang diperoleh dari metode tes dianalisis dengan teknik deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari data berikut ini : (1) terjadi peningkatan aktivitas belajar, pada siklus I rata- rata aktivitas adalah 7,62, sedangkan rata-rata aktivitas belajar pada siklus II sebesar 9,48%, berada pada kriteria 8,75 ≤ X < 11,5 dengan kategori aktif. (2) terjadi peningkatan hasil belajar, pada siklus I dengan rata-rata belajar siswa sebesar 70,86, ketuntasan belajar klasikal mencapai 68,96%, sedangkan pada siklus II rata-rata belajar siswa 80, ketuntasan belajar klasikal sebesar 86,21%.
Kata kunci : STAD, Aktivitas, Hasil Belajar
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)