PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS X MM-2 SMK NEGERI 1 DENPASAR PADA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31956Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas X MM-2 SMK Negeri 1 Denpasar melalui penerapan model pembelajaran problem based instruction (PBI). Data dalam penelitian ini meliputi data minat belajar siswa yang dikumpulkan dengan kuesioner minat belajar, dan data prestasi belajar dengan tes prestasi belajar yang diberikan pada akhir tiap siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif sederhana. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : 1) Penerapan model pembelajaran problem based instruction (PBI) dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X MM-2 SMK Negeri 1 Denpasar dalam pembelajaran PKn. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata minat belajar siswa meningkat sebesar 24,36% yakni dari 63,95 dalam kategori “minat belajar sedang” pada siklus I menjadi 79,53 dengan kategori “minat belajar tinggi” pada siklus II. 2) Penerapan model pembelajaran problem based instruction (PBI) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MM-2 SMK Negeri 1 Denpasar dalam pembelajaran PKn.
Referensi
Anderson, L. W. & Krathwohl, D. R. 2001. A taxonomy for learning, teaching, and assessing: a revision of bloom’s taxonomy of educational objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ayu Dwi Listiowati dan Antonius Tri Widodo (2013). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Dengan Pendekatan Predict-Observe-Explain. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 7, No. 2, 2013, hlm 1189-1200
Chin, C. & Kayalvizhi, G. 2005. What do people think of open science investigation? A study of Singaporean primary 6 pupils. International Journal of Education Research. 47( 1). 107-126. Department of Education.
Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Materi pelatihan terintegrasi SAINS. Jakarta: Depdiknas.
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA. University. Press.
Kalih, I Ketut. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia dan Review , Vol 3 No 1, Tahun 2019. p-ISSN: 2621-4792 , e-ISSN: 2621-8984
Nasution, S. 2001. Kurikulum dan pengajaran. Jakarta: Bina Aksara.
Nurkancana, W. & Sunartana, P. P. N. 1992. Evaluasi hasil belajar. Surabaya: Penerbit Usaha Nasional.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sahertian, P.A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Suvervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, R. E. 2009. Cooperative learning. Boston: Allyn and Bacon.
Sudaryono, G. M. & Rahayu, W 2010. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sukmadinata, N.S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.
Trianto. 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Yeni Charisma Wati, Harmanto. 2015. Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn di SMK Negeri 6 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Volume 02 Nomor 03 Tahun 2015, 801-815
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)