PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN SMART AND GOOD CITIZENSHIP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpku.v10i3.51840Kata Kunci:
PBL, Pendidikan, Kewarganegaraan, warga negaraAbstrak
Pendidikan merupakan sarana yang efektif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, hal ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan tujuan negara Indonesia yang ketiga yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk memperoleh hasil Pendidikan yang baik sudah seharusnya didukung oleh proses pembelajaran yang baik pula dengan menggunakan berbagai model dan metode yang sesuai sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Problem based learning merupakan salah satu model yang mampu meningkatkan perhatian, kemampuan serta aktivitas dari siswa sehingga dapat untuk mengkonstruksi pengetahuan sebagai bagian dari memahami suatu konsep dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deksriptif. Sumber data yang digunakan berupa jurnal penelitian terdahulu yang menjawab pertanyaan penelitian yang diteliti dan didukung oleh data sekunder yang diperoleh dari kepustakaan lainnya. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan studi literatur. Teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber yaitu berupa mencari data dari berbagi sumber jurnal dan Pustaka yang berbeda untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan tujuan Pembelajaran kewarganegaraan yaitu smart and good citizenship akan dapat dicapai melalui Problem based learning karena model ini mampu mengasah aspek berpikir kritis sekaligus melatih untuk secara nyata memecahkan persoalan yang dihadapi.
Referensi
Alwasilah, C. (2010). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Kaifa
Farenta, A.S. (2016). Pengembangan E-Module berbasis Problem Based Learning Mata Pelajaran Kimia untuk Siswa Kelas X SMA N 8 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan Volume 1 Nomor 6 http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6460
Hardiyanti, P.C. Wardani, S. & Nurhayati, S. (2017). Keefektifan Model Problem based Learning untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Volume 11 Nomor 1 Januari 2017 https://doi.org/10.15294/jipk.v11i1.9714
Khoerunnisa, P & Aqwal, S.M. (2020). Analisis Model Model Pembelajaran. FONDATIA, 4(1), 1-27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Khotimah, A.H, Kuswandi, D & Sulthoni (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar PKN Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan Volume 2 Nomor 2 Mei 2019 http://dx.doi.org/10.17977
Koroh, T.R & Ly. P. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Kependidikan Maret 2020 Volume 6 Nomor 1 DOI 10.33394/jk.v6i1.2445
Millah, D. (2015). Audience Centered Pada Metode Presentasi Sebagai Aktualisasi Pendekatan Student Centered Learning. Jurnal Edukasia Volume 10 Nomor 2 DOI http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.794
Muslich, M. (2008). KTSP Pembelajaran berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Permendikbud RI Nomor 22 tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo
Septiana, T. S & Kurniawan, M.R. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran PKN di SD Muhammadiyah Kauman Tahun 2016/2017. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 94–105. https://doi.org/10.12928
Sukaptiyah, S. (2015). Peningkatan Hasil Belajar PKN Melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Mongkrong, Wonosegoro. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 114-121. https://doi.org/10.24246/
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 20 tahun 20003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wahyuni, Sri dan Ibrahim, Abd S. (2012). Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Malang: Refika Adita
Winataputra, U.S. (2005). Mengajar di Perguruan Tinggi: Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Universitas Terbuka
Winataputra, U.S & Budimansyah, D. (2012). Civic Education: Konteks, Landasan, Bahan Ajar dan Kultur Kelas. Bandung: PKn SPS UPI
Yohan, A. (2019). The influence the problem based learning and attitudes towards learning outcome for mathematics. Journal of Edcomtech Volume 4 Nomor 1 ttp://dx.doi.org/10.17977/um039v4i12019p001
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)