Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Rangkaian Listrik di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro

Authors

  • Lisa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Suka Arsa
  • Wayan Mahardika Prasetya Wiratama Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v13i1.66603

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Mobile Learning berbasis Android untuk pembelajaran Mata Kuliah Rangkaian Listrik pada program Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Untuk menilai kesesuaian alat pembelajaran ini dan mengukur masukan siswa, penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D). Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang dievaluasi oleh ahli konten, ahli media, dan siswa. Hasilnya menunjukkan tingkat validasi yang tinggi baik dari ahli konten (95,45%) dan ahli media (94,23%), yang menunjukkan kualifikasi aplikasi yang kuat. Selain itu, uji coba kelompok kecil dengan lima peserta memberikan hasil yang sangat baik, dan sebagian besar dari sepuluh peserta dalam uji coba kelompok melaporkan pengalaman yang sangat positif. Kesimpulannya, aplikasi Mobile Learning berbasis Android yang dirancang untuk Mata Kuliah Rangkaian Listrik pada program Pendidikan Teknik Elektro Undiksha dirasa cocok untuk memperlancar proses pembelajaran di lingkungan akademik ini.

References

Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Arif, H. M., Suhirman, L., Karuru, P., Mawene, A., Supriyadi, A., Junaidin, M. P., ... & Prastawa, S. (2024). KONSEP DASAR TEORI PEMBELAJARAN. Cendikia Mulia Mandiri.

Arsa, I. P. S., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis e Modul Instalasi Penerangan Listrik dan Tata Cahaya Untuk Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(3), 312-321.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Arsyad Azhar. (sumber: https://scholar.google.co.id)

Daryanto, Pengertian, Fungsi dan Ciri-ciri Modul Pembelajaran. (sumber:https://eprints.uny.ac.id/63764/4/BAB%20II.pdf)

Faizal. (2010). Definisi Media dan Alat Peraga Pendidikan. Wordpress. (sumber: https://mediaperaga.wordpress.com/2013/02/24/definisi-media-dan-alat-peraga-pendidikan/)

Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 134-143.

Fauzan, Ghazi H, dkk. (2019). Penggunaan Aplikasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Diagram Kelistrikan Bodi Kendaraan Pada Peserta Didik SMK. Mechanical Engineering Education, 251-257.

Hafidz, M., & Masriyah, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Pembelajaran Permutasi dan Kombinasi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 126-135.

Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.

JDIH BPK. (2002). Undang-undang (UU) tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jaringan Dokumentasi Dan Informasi Badan Pemeriksa Keuangan. (sumber: https://peraturan.bpk.go.id)

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran sistem operasi jaringan kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1).

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.

Nuroifah Nisfatun & Bachtiar Syaiful Bachri. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Dawarblandong Mojokerto. Unessa, 1-10

Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2).

Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2).

Sudjana, N. (2009). Media pengajaran.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D), Bandung: Alfabeta . (sumber: http://repo.iain tulungagung.ac.id/8443/6/BAB%20III.pdf)

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D), Bandung: Alfabeta. (sumber:http://eprints.umg.ac.id/1068/4/5.%20BAB%20III%20%20METODE%20PENELITIAN.pdf)

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Uma, E. R. A., Makaborang, Y., & Ndjoeroemana, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX pada Konsep Perkembangbiakan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 2(1), 9-16.

Wiryanatha, Y. K. Y., Santiyadnya, N., & Wiratama, W. M. P. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER PENGAMAN ARUS BOCOR PADA INSTALASI LISTRIK RUMAH TINGGAL DI MATA KULIAH SISTEM PENGAMAN TENAGA LISTRIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(2), 123-134.

Yansye, S. P., Sojow, L., & Runtuwene, J. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Desain Multimedia Di Smk. FRONTIERS: JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI, 2(3).

Published

2024-04-01