PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA KULIAH RANGKAIAN LISTRIK DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v13i1.66603Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu media pembelajaran berupa aplikasi pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Rangkaian Listrik di program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Untuk mengetahui kelayakan serta mengetahui respon mahasiswa terhadap media pembelajaran penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengmbangan R&D (reasearch and development). Penelitian ini menggunakan metode instrumen pengambilan data angket/kuesioner yang dinilai oleh ahli isi, ahli media, dan kepada mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh hasil uji validasi ahli isi sebesar 95,45% dengan kualifikasi sangat layak, uji validasi ahli media sebesar 94,23% dengan kualifikasi sangat layak, uji coba kelompok kecil dari 5 orang responden mendapatkan hasil kualifikasi sangat layak, dan uji coba kelompok besar 10 orang responden mendapatkan hasil dengan klasifikasi sangat tinggi. Media pembelajaran berupa aplikasi pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Rangkaian Listrik di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha layak digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah Rangkaian Listrik di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.
Referensi
Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Arif, H. M., Suhirman, L., Karuru, P., Mawene, A., Supriyadi, A., Junaidin, M. P., ... & Prastawa, S. (2024). KONSEP DASAR TEORI PEMBELAJARAN. Cendikia Mulia Mandiri.
Arsa, I. P. S., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis e Modul Instalasi Penerangan Listrik dan Tata Cahaya Untuk Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(3), 312-321.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Arsyad Azhar. (sumber: https://scholar.google.co.id)
Daryanto, Pengertian, Fungsi dan Ciri-ciri Modul Pembelajaran. (sumber:https://eprints.uny.ac.id/63764/4/BAB%20II.pdf)
Faizal. (2010). Definisi Media dan Alat Peraga Pendidikan. Wordpress. (sumber: https://mediaperaga.wordpress.com/2013/02/24/definisi-media-dan-alat-peraga-pendidikan/)
Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 134-143.
Fauzan, Ghazi H, dkk. (2019). Penggunaan Aplikasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Diagram Kelistrikan Bodi Kendaraan Pada Peserta Didik SMK. Mechanical Engineering Education, 251-257.
Hafidz, M., & Masriyah, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Pembelajaran Permutasi dan Kombinasi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 126-135.
Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.
JDIH BPK. (2002). Undang-undang (UU) tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jaringan Dokumentasi Dan Informasi Badan Pemeriksa Keuangan. (sumber: https://peraturan.bpk.go.id)
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran sistem operasi jaringan kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1).
Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.
Nuroifah Nisfatun & Bachtiar Syaiful Bachri. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Dawarblandong Mojokerto. Unessa, 1-10
Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2).
Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2).
Sudjana, N. (2009). Media pengajaran.
Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D), Bandung: Alfabeta . (sumber: http://repo.iain tulungagung.ac.id/8443/6/BAB%20III.pdf)
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D), Bandung: Alfabeta. (sumber:http://eprints.umg.ac.id/1068/4/5.%20BAB%20III%20%20METODE%20PENELITIAN.pdf)
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Uma, E. R. A., Makaborang, Y., & Ndjoeroemana, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX pada Konsep Perkembangbiakan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 2(1), 9-16.
Wiryanatha, Y. K. Y., Santiyadnya, N., & Wiratama, W. M. P. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER PENGAMAN ARUS BOCOR PADA INSTALASI LISTRIK RUMAH TINGGAL DI MATA KULIAH SISTEM PENGAMAN TENAGA LISTRIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(2), 123-134.
Yansye, S. P., Sojow, L., & Runtuwene, J. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Desain Multimedia Di Smk. FRONTIERS: JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI, 2(3).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.