Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dasar Instalasi Listrik Berbasis Ispring Suite 11

Authors

  • I Made Dwi Suta Negara Suta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Made Surya Bumi Pracasitaram Surya Bumi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Agus Adiarta Agus Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v13i2.82485

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif persentase dengan jenis data kuantitatif untuk mengolah data dari ahli isi, ahli media, dan uji coba kepada peserta didik atau mahasiswa. Penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner sebagai instrument pengumpulan data oleh ahli isi (materi), ahli media, dan peserta didik atau mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji validasi ahli isi sebesar 97,5% dengan kualifikasi sangat layak, uji validasi ahli media sebesar 95% dengan kualifikasi sangat layak, uji coba kelompok kecil dari 10 orang responden mendapatkan hasil sebesar 88,17% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok besar dari 20 orang responden mendapatkan hasil sebesar 92,25% dengan kualfikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dasar Instalasi Listrik Berbasis Ispring Suite 11 pada mata kuliah Dasar Instalasi Listrik di Undiksha ini dapat dibuat, dan layak digunakan untuk sarana penunjang proses pembelajaran serta mendapatkan respon yang baik dari peserta didik.

References

Adiarta, A. (2021). DASAR-DASAR INSTALASI. PT. RajaGrafindo Persada.

Diarsanthi, N. L. R., Ratnaya, I. G., & Wiratama, W. M. P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pengukuran Teknik Pada Instalasi Rumah Tangga Berbasis Macromedia Flash Di Mata Kuliah Pengukuran Teknik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 11(3), 124–131.

Gargita, W., Adiarta, A., & Pracasitaram, S. B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Instalasi Listrik Portable Berbasis Automatic Control Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Instalasi Listrik Di Program Studi S1. 12(1), 2599–1493. https://doi.org/10.23887

Hanisah, Irhasyuarna, Y., & Yulinda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Ispring suite 10 pada Materi Reproduksi Tumbuhan untuk Mengukur Hasil Belajar. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 6–16. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.68.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459.

Lasksani, P., Ratnaya, G., & Arsa, P. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Teknik Listrik Dan Elektronika Berbasis Lectora Inspire 17. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(2), 81–89. https://doi.org/10.23887/jjpte.v7i2.20224

Mahardika, G. G., Ratnaya, I. G., & ... (2021). Media Pembelajaran Motor Induksi 1 Phasa Pada Mata Kuliah Praktikum Mesin Listrik Di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan …, 10(2), 91–103. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/36935%0Ahttps://ejourn al.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/download/36935/24553

Prasetya, I. P. A., Arsa, I. P. S., & Pracasitaram, I. S. B. (2022). Media Pembelajaran Komponen Aktif Dan Pasif Berbasis Barcode Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Eleketro Undiksha, 11(3), 141–149.

Pratiwi, D., Larasati, A. N., & Berutu, I. L. (2022). Pentingnya Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Digital di Abad-21. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 5(2), 211–216. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/5685

Sari, I. P., Azzahrah, A., Qathrunada, I. F., Lubis, N., & Anggraini, T. (2022). Perancangan Sistem Absensi Pegawai Kantoran Secara Online pada Website Berbasis HTML dan CSS. Blend Sains Jurnal Teknik, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.56211/blendsains.v1i1.66

Wiratama, W. M. P. (2018). Pengembangan perangkat dalam pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw pada Program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Singaraja.

Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai perangkat pembelajaran praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. In Alfabeta.

Published

2024-08-02