Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2023-12-03. Baca versi terbaru.

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Captivate Pada Mata Kuliah Dasar – Dasar Instalasi Listrik Di Prodi PTE Undiksha

Penulis

  • kefvi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Suka Arsa
  • Nyoman Santiyadnya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v12i3.66542

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu media pembelajaran berupa media
pembelajaran berbasis Adobe Captivate pada mata kuliah Dasar – Dasar Instalasi
Listrik di program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Penelitian ini
diangkat melelui sebuah permasalahan yaitu, kurangnya media pembelajaran yang
dapat menunjang pembelajaran dasar – dasar instalasi listrik. Penelitian ini
termasuk dalam jenis penelitian R&D (reasearch and development). Penelitian ini
menggunakan teknik analisa statistik persentase untuk mengolah data ahli isi, ahli
media, dan uji coba kepada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan kuesoner
sebagai instrumen pengambilan data ahli isi, ahli media, dan mahasiswa. Hasil
penelitian diperoleh hasil uji validasi ahli isi sebesar 96,87% dengan kualifikasi
sangat layak, uji validasi ahli media sebesar 98,43% dengan kualifikasi sangat
layak, uji coba kelompok kecil dari 5 orang responden mendapatkan hasil 100%
dengan kualifikasi sangat layak, dan uji coba kelompok besar 17 orang responden
mendapatkan hasil sebesar 96,6% dengan klasifikasi sangat layak. Media
pembelajaran berupa Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe
Captivate pada mata kuliah Dasar Dasar Instalasi Listrik di Program Studi
Pendidikan Teknik Elektro Universitas Pendidikan Ganesha, layak digunakan
dalam proses pembelajaran mata kuliah Dasar - Dasar Instalasi Listrik di Program
Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.

Referensi

Ardiyanto, Arif dan Nur Kholis. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Captivate 8 Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Teknik Audio Video Di Smk Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.

Arikunto. 2010. Metode Penelitian dan Analisis Data diakses tanggal 23 Oktober 2021 (sumber: http://eprints.walisongo.ac.id/3196/4/3105134_Bab3.pdf)

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta : PT. raja Grafindo Persada.

Dan R&D), Bandung: Alfabeta diakses tanggal 23 Oktober 2022 (sumber: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8443/6/BAB%20III.pdf)

Fatah, S. (2005). Teknologi Pendidikan. Semarang: Rasail.

Fathurohman, Pupuh dan Sobry Sutikno. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : PT. Refika aditama.

Herdyansyah, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Software Adobe Captivate 9 Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X TAV di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(1).

P.Van.Harten, Ir. E. Setiawan. 1999. Instalasi Listrik Arus Kuat 1. CV. Trimitra Mandiri.

Panitia Revisi PUIL. 2000. Persyaratn Umum Instalasi Listrik. Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Inonesia.

Samsul, S. (N.D.).. Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Captivate Berbasiskan Pengajaran Dengan Metode Kontekstual Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Kelas Viii SMP.

Setyawan, D. T., & Ismayati, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Captivate Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dasar Listrik Dan Elektronika Di Smk Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(1).

Sudarman, Riyadi, R., & Astuti, R. F. (2020). Development of Interactive Learning Multimedia to Increase Understanding of Basic Skills Teaching Procedures. 432(Esic 2019), 132–136. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200417.030

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295

Wiratama, W. M. P. (2023). KOMPARASI KESTABILAN POSISI PANEL SURYA MENGGUNAKAN PENGENDALI PID (PROPORTIONAL, INTEGRAL DAN DERIVATIVE) DENGAN FLC (FUZZY LOGIC CONTROL). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 14(1).

Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Praktis. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 79-87.

Wiratama, W. M. P., Santiyadnya, N., & Krisnawati, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe QD (Quick on The Draw) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Siswa Kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(3), 137-146.

Yulianti, P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Captivate Pada Materi Relativitas Khusus Di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-03

Versi