Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis eModul Instalasi Penerangan Listrik dan Tata Cahaya Untuk Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Undiksha

Penulis

  • dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Suka Arsa
  • Wayan Mahardika Prasetya Wiratama

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v12i3.66578

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu media pembelajaran
berupa multimedia interaktif berbasis e-modul pada mata kuliah
Instalasi Penerangan Listrik dan Tata Cahaya di program studi S1
Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Penelitian ini diangkat melelui
sebuah permasalahan yaitu, kurangnya pengetahuan mahasiswa
dalam menentukan pencahayaan yang baik di dalam sebuah
ruangan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian R&D
(reasearch and development). Penelitian ini menggunakan teknik
analisa statistik persentase untuk mengolah data ahli isi, ahli
media, dan uji coba kepada mahasiswa. Penelitian ini
menggunakan kuesoner sebagai instrumen pengambilan data ahli
isi, ahli media, dan mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh hasil uji
validasi ahli isi sebesar 97,7% dengan kualifikasi sangat layak, uji
validasi ahli media sebesar 92,85% dengan kualifikasi sangat
layak, uji coba kelompok kecil dari 5 orang responden

Referensi

Daryanto, Pengertian, Fungsi dan Ciri-ciri Modul Pembelajaran, diakses pada tanggal 10 November 2021(sumber: https://eprints.uny.ac.id/63764/4/BAB%20II.pdf)

Pengertian Sherlyane Hendri, Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Science, Technology, Enginiring, Mathematic untuk Calon Guru Sekolah Dasar, diakses pada tanggal 24 Oktober 2022 (sumber: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1172)

Menrisal, S.Pd., M.Pd, Yuliawati Yunus, S.Pd.,M.Pd.T, Nurul Sari Rahmadin, Perancangan dan Pembuatan Modul Pembelajaran Elektronik Berbasis Project Based Learning Mata Pelajaran Simulasi Digital SMKN 8 Padang, diakses tanggal 24 Oktober 2022 (sumber: http://www.ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/19)

Imro’atul Khasanah, Ira Nurmawati, Pengembangan Modul Digital sebagai Bahan Ajar Biologi untuk Siswa Kelas XI IPA, diakses pada tanggal 10 November 2021 (sumber : https://doi.org/10.35719/mass.v2i1.57)

Arikunto. 2010. Metode Penelitian dan Analisis Data diakses tanggal 24 Oktober 2022 (sumber: http://eprints.walisongo.ac.id/3196/4/3105134_Bab3.pdf)

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D), Bandung: Alfabeta diakses tanggal 24 Oktober 2022 (sumber: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8443/6/BAB%20III.pdf)

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D), Bandung: Alfabeta diakses tanggal 24 Oktober 2022 (sumber: http://eprints.umg.ac.id/1068/4/5.%20BAB%20III%20-%20METODE%20PENELITIAN.pdf)

Kalbin Salim, 2014, Pengaruh Era Gkobalisasi pada Bidang Pendidikan, Jurnal Universitas Negeri Malaysia. Diakses pada 24 Oktober 2022 (Sumber: https://www.researchgate.net)

Wiratama, W. M. P. (2023). KOMPARASI KESTABILAN POSISI PANEL SURYA MENGGUNAKAN PENGENDALI PID (PROPORTIONAL, INTEGRAL DAN DERIVATIVE) DENGAN FLC (FUZZY LOGIC CONTROL). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 14(1).

Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Praktis. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 79-87.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-03