Implementasi Media Instalasi Listrik Rumah Tinggal Pengendali Wireless Dengan Metode Demonstrasi Di Smk Negeri 1 Denpasar

Penulis

  • Made Pasek Dwi Temaja Pasek
  • Nyoman Santiyadnya Santiyadnya
  • I Putu Suka Arsa Suka Arsa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v13i2.82532

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau classroom action research (PTK). Penelitian dengan penerapan metode pembelajaran demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Denpasar yang berjumlah 46 siswa yang terdiri dari 45 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Hasil pelaksanaan siklus I, aktivitas guru dan juga siswa yang diperoleh mencapai kualifikasi baik. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil ketuntasan klasikal sebesar 78.20% dari jumlah hasil belajar siswa secara keseluruhan yaitu sebesar 3653.1 terhadap penguasaan materi pelajaran. Berdasarkan hasil observasi siklus II, aktivitas guru dan juga siswa mencapai kualifikasi sangat baik. Hal ini sesuai dengan hasil test pada siklus II, yakni dari 46 siswa mendapatkan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 89.13%. Hasil evaluasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I menuju siklus II sebesar 10.93%. Maka jika dilihat dari aktivitas siswa, indikator proses sudah berhasil. Dengan demikian dapat diketahui bahwa penerapan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Denpasar.

Biografi Penulis

Made Pasek Dwi Temaja Pasek

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau classroom action research (PTK). penelitian ini dengan penerapan metode demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Denpasar yang berjumlah 46 siswa yang terdiri dari 45 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Hasil pelaksanaan siklus I, aktivitas guru dan juga siswa yang diperoleh mencapai kualifikasi baik. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil ketuntasan klasikal sebesar 78.20% dari jumlah hasil belajar siswa secara keseluruhan yaitu sebesar 3653.1 terhadap penguasaan materi pelajaran. Berdasarkan hasil observasi siklus II, yakni dari 46 siswa mendapatkan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 89.13%. Hasil evaluasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I menuju siklus II sebesar 10.93%. Maka jika dilihat dari aktivitas siswa, indikator proses sudah berhasil. Dengan demikian dapat diketahui bahwa penerapan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Denpasar.

Nyoman Santiyadnya Santiyadnya

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau classroom action research (PTK). Penelitian dengan penerapan metode pembelajaran demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Denpasar yang berjumlah 46 siswa yang terdiri dari 45 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Hasil pelaksanaan siklus I, aktivitas guru dan juga siswa yang diperoleh mencapai kualifikasi baik. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil ketuntasan klasikal sebesar 78.20% dari jumlah hasil belajar siswa secara keseluruhan yaitu sebesar 3653.1 terhadap penguasaan materi pelajaran. Berdasarkan hasil observasi siklus II, aktivitas guru dan juga siswa mencapai kualifikasi sangat baik. Hal ini sesuai dengan hasil test pada siklus II, yakni dari 46 siswa mendapatkan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 89.13%. Hasil evaluasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I menuju siklus II sebesar 10.93%. Maka jika dilihat dari aktivitas siswa, indikator proses sudah berhasil. Dengan demikian dapat diketahui bahwa penerapan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Denpasar.

I Putu Suka Arsa Suka Arsa

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau classroom action research (PTK). Penelitian dengan penerapan metode pembelajaran demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Denpasar yang berjumlah 46 siswa yang terdiri dari 45 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Hasil pelaksanaan siklus I, aktivitas guru dan juga siswa yang diperoleh mencapai kualifikasi baik. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil ketuntasan klasikal sebesar 78.20% dari jumlah hasil belajar siswa secara keseluruhan yaitu sebesar 3653.1 terhadap penguasaan materi pelajaran. Berdasarkan hasil observasi siklus II, aktivitas guru dan juga siswa mencapai kualifikasi sangat baik. Hal ini sesuai dengan hasil test pada siklus II, yakni dari 46 siswa mendapatkan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 89.13%. Hasil evaluasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I menuju siklus II sebesar 10.93%. Maka jika dilihat dari aktivitas siswa, indikator proses sudah berhasil. Dengan demikian dapat diketahui bahwa penerapan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Denpasar.

Referensi

Aryawantari, D., A. A. Gede Agung, dan I. Dewa Kade Tastra. Pengembangan Media Interaktif Model 4D untuk Mengajar Ipa di Smp Negeri 3 Singaraja. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, Jurusan Teknologi Pendidikan, 3(1), 1–12.

Hernawati, E. Metode Demonstrasi dan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta Andrologi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 6(2), 118–131. Bersumber dari: https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.60

Hilmiatussadiah, KG. Hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi selama pandemi Covid-19 melalui pembelajaran online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 1(2), 66–69.

Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai perangkat pembelajaran praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.

Laksana, A. P., & Hadijah, H. S. (2019). Kemandirian belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 1. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14949.

Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif quick on the draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 187-197.

Lobu dan Widodo (2018). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia: Pengaruh Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa.

Maliasih dan Nurani (2017). Upaya untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA melalui Turnamen Pertandingan Tim dengan Strategi Peta Konsep. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222–226.

Wiratama, W. M. P. (2023). KOMPARASI KESTABILAN POSISI PANEL SURYA MENGGUNAKAN PENGENDALI PID (PROPORTIONAL, INTEGRAL DAN DERIVATIVE) DENGAN FLC (FUZZY LOGIC CONTROL). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 14(1), 77-88.

Sanusi, R. N. A., & Aziez, F. (2021). Analisis Butir Soal Tes Objektif dan Subjektif untuk Keterampilan Membaca Pemahaman pada Kelas VII SMP N 3 Kalibagor. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 8(1), 99.

Santiyadnya, N., & Ariawan, K. U. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pelajaran Perakitan Komputer Smk. 8(3), 128–139.

Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Praktis. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 79-87.

Suharti, D. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pendidikan Agama Islam, 1(1), 44–60. Lihat artikel ini di sini: https://journal.yaspim.org/index.php/pendalas/article/view/64

Peranan Pendidikan Dalam Pengembangan Diri Terhadap Tantangan Era Globalisasi, Supriadi, H. (2016). Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(2), 92– 119.

Wiratama, W. M. P. (2018). Pengembangan perangkat dalam pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw pada Program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Singaraja.

Taufik, M. S., Putri, R. E., Kastrena, E., & Rahadian, A. (2020). Survei Minat Komunitas Lari OerangTjianzoeRun dalam Melakukan Aktivitas Fisik di Rumah Pada Pandemi COVID-19. Jurnal MensSana, 5(2), 115–122.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-02