Potensi Hidangan Tradisional Gumbo Sebagai Daya Tarik Wisata
DOI:
https://doi.org/10.23887/jk.v3i2.66992Kata Kunci:
Daya Tarik, Gumbo, Kuliner, New OrleansAbstrak
Gumbo merupakan sebuah masakan khas New Orleans yang sudah dikonsumsi dari masa ke masa. Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman makanan ini mulai tergerus oleh jenis makanan yang baru. Gumbo sepatutnya menjadi daya tarik utama wisata kuliner di New Orleans melalui cita rasa yang unik, latar belakang sejarah, dan penampilan yang menarik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif observatif dengan cara mengobservasi beberapa restoran yang menghidangkan Gumbo serta wawancara bersama wisatawan dari negara yang berbeda mengenai persepsi mereka terhadap Gumbo. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu teori Persepsi Wisatawan dan teori Dimensi Wisata Kuliner. Hasil penelitian mengemukakan bahwa Gumbo secara efektif menguasai persepsi wisatawan yang tertuang dari elemen motivasi fisik, motivasi budaya, motivasi interpersonal, dan motivasi status dan martabat. Adapun faktor pendukung utama Gumbo sebagai daya tarik kuliner ialah aksesibilitas serta keunikan cita rasa yang ditawarkan oleh Gumbo. Sedangkan faktor penghambat Gumbo sebagai daya tarik kuliner New Orleans ialah harga dan pemilihan desain interior yang kurang menjelaskan latar belakang sejarah makanan tersebut. Walaupun seperti itu, Gumbo dapat dikategorikan sebagai salah satu makanan yang menjadi daya tarik wisata kuliner di New Orleans.
Referensi
Bailey, S. (2023, January 19). New Orleans takes top spot on list of ‘best food destinations’ in the U.S. Retrieved from Nola Weekend: https://www.nolaweekend.com/2023/01/19/new-orleans-takes-top-spot-list-best-food-destinations-us/
Bankston, C., & Henry, J. (2000). Spectacles of Ethnicity: Festivals and the Commodification of Ethnic Culture Among Louisiana Cajuns. Sociological Spectrum, 377 - 407.
Besh, J. (2009, January 08). Duck and Oyster Gumbo. Retrieved from Garden & Gun: https://gardenandgun.com/recipe/anatomy-of-a-classic-duck-and-oyster-gumbo/
Besra, E. (2012). Potensi Wisata Kuliner dalam Mendukung Pariwisata di Kota Padang. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 74-101.
Chang, R., Kivela, J., & Mak, A. (2010). Food Preferences of Chinese Tourists. Annals of Tourism Research, 989-1011.
Everett, S., & Aitchison, C. (2008). The Role of Food Tourism in Sustaining Regional Identity: A Case Study of Cornwall, South West England. Journal of Sustainable Tourism, 150-167.
Ford, D. (2016). Gumbo for the Soul: Liberating Memoirs and Stories to Inspire Females of Color. Charlotte: Information Age Publishing, Inc.
Hall, M., Sharples, E., Mitchell, R., Cambourne, B., & Macionis, N. (2003). Food Tourism Around the World: Development, Management, and Markets. Oxford: Butterworth-Heinemann.
Jalis, M. H., Che, D., & Markwell, K. (2014). Utilising Local Cuisine to Market Malaysia as a Tourist Destination. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 102-110.
Kim, Y., Eves, A., & Scarles, C. (2009). Building a Model of Local Food Consumption on Trips and Holidays: A Grounded Theory Approach. International Journal of Hospitality Management, 423-431.
Laudun, J. (2008). Gumbo This: The State of a Dish. Acadians and Cajuns.
Mak, A., Lumbers, M., & Eves, A. (2012). Globalisation and Food Consumption in Tourism. Annals of Tourism Research, 171-196.
Mandelblatt, B. (2004). Where Ghosts and Tourists Dine: The Pure and the Hybrid in Louisiana Creole Cultures and Cuisines. Public.
Nobles, C. (2009). New Orleans Cuisine: Fourteen Signature Dishes and Their Histories. Missisippi: University Press of Mississippi.
NOTMC. (2022, November 1). NEW ORLEANS TOURISM VISITATION AND VISITOR SPENDING BREAK RECORDS IN 2018. Retrieved from New Orleans: https://www.neworleans.com/articles/post/new-orleans-tourism-visitation-and-visitor-spending-break-records-in-2018/#:~:text=In%202018%2C%20New%20Orleans%20welcomed,Associates'%20(DKSA)%20reporting.
Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi bagi Remaja Perempuan dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Jurnal Lontar, 13-21.
Pride, W. M., & Ferrell, O. C. (1993). Marketing. Houghton: Mifflin Company.
Quan, S., & Wang, N. (2004). Towards a Structural Model of the Tourist Experience: An Illustration from Food Experiences in Tourism. Tourism Management, 297-305.
Ray, J. (2023, February 20). Gumbo's long journey from West Africa. Retrieved from BBC World's Table: https://www.bbc.com/travel/article/20230219-gumbos-long-journey-from-west-africa
Rohmadi, M., & Nasucha, Y. (2015). Dasar-Dasar Penelitian. Solo: Pustaka Brilliant.
Seery, P. (2010). Metropolitan Cuisine Tourism: Exploring Food Tourists to the Creole Cuisine in New Orleans, LA USA. 1-92.
Sharpley, R., & Telfer, D. (2008). Tourism and Development in the Developing World. New York: Routledge.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Sutrisno, A., Basith, A., & Wijaya, N. (2013). Analisis Strategi Penerapan Sistem Manajemen Keamanan Pangan HACCP. Jurnal Manajemen dan Organisasi.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Jurnal PendidikanVocasional Seni Kuliner is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.