PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 8 SUBTEMA 1 SISWA KELAS 5 SDN SALATIGA 10 TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15326Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan proses dan hasil belajar muatan IPA siswa kelas 5 SDN Salatiga 10 melalui penerapan model Problem Based Learning.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian proses aktivitas guru dan siswa,serta tes. Analisis data dilakukan dengan membandingkan kondisi awal, hasil siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan model PBL dapat: a) meningkatkan proses aktivitas guru,pada kondisi awal 46,66%, meningkat menjadi 76,47% pada siklus I dan meningkat menjadi 88,57% pada siklus II. b) meningkatkan proses aktivitas siswa, padakondisi awal 39,16%, meningkat menjadi 65,58% pada siklus I dan meningkat menjadi 85% pada siklus II. c) meningkatkan hasil belajar muatan IPA Tema 8 Subtema 1. Hasil belajar pada kondisi awal persentase pencapaian KKM sebesar 15% (5 siswa), pada siklus I meningkat menjadi 79% (26 siswa) dan pada siklus II meningkat menjadi 90% (30 siswa) dari jumlah keseluruhan 33 siswa.
References
Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media.
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual. Jakarta: Ghalia Indonesia: DIVA Press.
Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: BPSDMPK – PMP – Kemendikbud
Kristin, F. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2).
Mulyasa. (2014). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pujiono, Setyawan. 2008. Desain Penelitian Tindakan Kelas dan Teknik Pengembangan Kajian Pustaka. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Rini, R., & Mawardi. (t.thn.). Peningkatan Keterampilan Proses Saintifik Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDN Slungkep 02 Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal, 103.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana
Pustaka.Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara
Warsono, Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdaskarya.
Widhiatma, Y. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4. e-jurnalmitrapendidikan, 451-453.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)