PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17316Abstract
Penelitian dilaksanakan di SMA N 1 Tengaran dengan subyek kelas XI IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan Pengaruh perhatian orang tua terhadap kebiasaan belajar siswa kelas XI IPS SMA N 1 Tengaran tahun ajaran 2018/2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Sederhana. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh atau seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 1 Tengaran yang berjumlah 120 siswa. Pengumpulan data menggunakan dua jenis skala, yaitu skala perhatian orang tua dan skala kebiasaan belajar, yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori Sayekti Pujo Sarwono (1994) yang disusun oleh Binta Mutabaroh (2008) dan skala kebiasaan belajar mengacu pada teori Nana Sudjana (2005). Untuk pengolahan data menggunakan progam SPSS for Windows 21.0 version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap kebiasaan belajar siswa kelas XI IPS SMA N 1 Tengaran tahun ajaran 2018/2019 dengan hasil t hitung sebesar (2.999) > t tabel (1.980), R = 0,418, koefisien determinasi R Square = 0,185 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0.05, sehingga hipotesis diterima. Sumbangan koefisien derminasi (R Square) adalah 0,185 yang artinya perhatian orang tua memiliki kontribusi sebesar 18,5% terhadap kebiasaan belajar sedangkan 81,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian tujuan penelitian dapat dicapai.
Kata kunci : Perhatian Orang Tua, Kebiasaan Belajar
References
Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Abu, Ahmadi. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rieka Cipta.
Bimo, Walgito. 1990. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Dakir, 2004. Dasar-dasar Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Djamarah, S. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. 2002. Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta.
Djaali H. 2007. Psikologi Penelitian. BumiAksara : Jakarta.
Habullah Thabrany. 1997. Rahasia Sukses Belajar. Bandung : PT Raja Grafindo Persada.
Hamalik, Omar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Hardjo, Sri dan Dalyono, Bambang dan Murdjijo. 1999. Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Project Report. Universitas Terbuka, Jakarta.
Kartini, Kartono. 1996.Psikologi Anak. Mandar Maju: Bandung.
Martin, A. dan Bhaskara.2000.Kamus Bahasa Indonesia Millenium. Surabaya: Penerbit Karina.
Nasution, T dan Nasution, N. 1985. Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Jakarta: BPK Gunung Mulia dan Yayasan Kanisius.
Ngalim Purwanto. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ngalim Purwanto. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Oemar hamalik dalam Stikes & Dorcy. 2008.https://www.orangtua.net/2015/05/anak-sukses-tidak-lepas-dari-peran.html?m=1
Pujo Suwarno, Sayekti. 1994. Bimbingan dan Konseling Keluarga. Yogyakarta : Menara Mas Ofset.
Riyadi, Rizki Tafip. 2014. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Kebiasaan Belajar Siswa Kelas V SD N Tinggarjaya. Purwokerto. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses/Belajar Mengajar. Bandung : Falah Production.
Sugiono. 20012. Statistika Untuk Penelitian. . CV Alfabeta : Bandung.
Sukmadinata Nana Syaodih. 2003. MetodePenelitianPendidikan . BANDUNG. RemajaRosdakarya.
Sumadi Suryabrata, 2000. Metode Penelitian. PT. Raja Grafindo Persada. Yogyakarta.
Sunaryo Kartadinata, dkk. 2002. Bimbingan di Sekolah Dasar. Bandung : CV Maulana.
Slameto.2003.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.
Stephanie Daisy Imelda R. 2007.“Peran Orang Tua dalam Membantu Anak Belajar”http://www.bpkpenabur.or.id, 12/11/2011.
Rumini, Sri dan Siti Sundari. 2004. Perkembangan Anakdan Remaja. PT Rineka Cipta, Jakarta.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rodakarya.
Tagela, Umbu. 2014. Pengantar Pendidikan. Salatiga: Widya Sari Press Salatiga.
Tim Penyusun KBBI. 1991. Jakarta. Balai Pustaka.
Walgito. 1985. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Yogyakarta. Fakultas Psikologi UGM.
Yusuf, Munawir. Implmentasi pendidikan inklusif melalui adaptasi kurikulum dan Pembelajaran. Bandung : Asa Sejahtera. 2002..
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)