PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17318Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penguasaan kompetensi kognitif IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis penilaian kinerja dan pelaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, (2) mengetahui perbedaan yang signifikan penguasaan kompetensi kognitif IPS antara siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kreatif tinggi dan kemampuan berpikir kreatif rendah, (3) mengetahui interaksi pelaksanaan pembelajaran dengan pelaksanaan saintifik berbasis penilaian kinerja dan kemampuan berpikir kreatif terhadap penguasaan kompetensi kognitif IPS. Rancangan penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design, dengan menggunakan desain faktorial 2x2 Anava Dua Jalur. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SDN Ir. Soekarno Denpasar Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Data yang dikumpulkan adalah data kemampuan berpikir kreatif dan kompetensi kognitif IPS. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik berbasis penilaian kinerja dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pendekatan saintifik konvensional (FAhitung = 4,94> F tabel(α = 0,05; 1,82)= 3,98), (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara penguasaan kompetensi kognitif IPS dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi dan kemampuan berpikir kreatif rendah
Kata kunci: Penilaian Kinerja, Berpikir Kreatif, Kompetensi Kognitif IPS
References
BSNP. 2011. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Dewi, K., Sadia, W., & Ristiati, N. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa terpadu dengan setting inkuiri terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kinerja ilmiah siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 3(1), 1–11..
Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Hawadi, Reni Akbar dkk. 2010. Kreativitas. Jakarta : Pt Grasindo Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta : Kencana Prenamadia Group.
Marjan, J., Arnyana, I., & Si, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA. Mu allimat NW Pancor Selong Kabupaten. Jurnal Pendidikan, 3(1), 101–109.
Pratami, Dw. Ayu Pt. Armita, Ni Wayan Arini, I Ketut Dibia. 2015. Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Semester I Sd Gugus Iv Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng . E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 3 No: 1.
Risdalina, Siti Sriyati dan Setiya Utari. 2015. Peningkatan Kinerja Siswa Melaluipendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Ipa Terpadumodel Webbed. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia Volume 2 No 3.
Sudesti, R., Sudargo, F., & K, M. N. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Pada Subkonsep Difusi Osmosis. Formica Education Online, 1(1), 13–23.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung : Pt Remaja Rosdakarya
-------. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wijayanti, A. (2014). Pengembangan autentic assesment berbasis proyek dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 102– 108.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)