KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA

Authors

  • Siti Maria Ulfah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang
  • M. Arief Budiman Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17324

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektif atau tidaknya model pembelajaran Role Playing terhadap kemampuan berbicara siswa kelas IV SD Negeri Rejosari 03 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas IV SD Negeri Rejosari 03 Semarang  berjumlah 23 siswa tahun ajaran 2018/2019. Intrumen yang digunakan adalah 1) wawancara (2) Dokumentasi (3) Petunjuk soal. (4) Intrumen penilaian. Analisis Data menggunakan Teknis analisis data peneliti menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis (uji-t). Uji normalitas digunakan untuk mengetahui kelas tersebut berdistribusi normal atau tidak. Uji hipotesis  menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini diperoleh dengan melakukan analisis data awal, uji normalitas dengan uji lilliefors, dan analisis data akhir dengan uji T. Berdasarkan pada analisis data akhir yang telah dilakukan perhitungan uji T diperoleh thitung>ttabel yaitu 6,507>2,074 maka hipotesis dapat diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Role Playing efektif terhadap kemampuan berbicara siswa kelas IV SD Negeri Rejosari 03 Semarang. Saran yang peneliti sampaikan yaitu agar Model Pembelajaran Role Playing dijadikan salah satu alternatif bagi guru dalam proses pemeblajaran terutama pada pembelajaran kemampuan berbicara siswa agar pembelajaran lebih aktif dan tidak membosankan.

 

Kata Kunci : model pembelajaran Role Playing, kemampuan berbicara

References

Anggriani, dkk.2017.”Keefektifan Metode Role Playing Terhadap Keaktifan dan Kerja Sama Siswa dalam Pembelajaran IPS”. Artikel. https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/11017/11353.Diakses 6 Februari 2019.

Antarika, Wenti.2016.”Penerapan Model Role PlayingUntukMeningkatkanKeterampilanBermain Drama SiswaKelas XI”.Artikel.Diakses 12 Oktober 2018.

Ariani, Deasy.2013.”Peningkatan Motivasi Dan Keterampilan Berhitung Melalui Penggunaan Media Batang Napier Dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 03 Rejosari Kudus”.Skripsi.http://eprints.ums.ac.id./Diakses 10 Oktober 2018.

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11-21.Diakses 30 Desember 2018.

Asmiranti.2016.”HasilBelajar”.repository.unpas.ac.id.artikel.Diakses30 Desember 2018.

Basri, Hasan.2017.”Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa KelaS V SDN 032 Kualu Kecamatan Tambang”.

https://media.neliti.com/media/publications/258052-penerapan-model-pembelajaran-role-playin-e1a411a7.pdf.Artikel.Diakses 21 Jnuari 2019

Ernani.2016.”Pengaruh MetodeRole Playing TerhadapKeterampilanBerbicaraSiswaPada Mata PelajaranBahasaIndonesia Kelas V Di Madrasah IbtidaiyahWathoniyah Palembang”.Artikel.Diakses 12 Oktober 2018.

Fahrudin, Ahmad.2017.”Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajarkan Menggunakan Quantum Learning Teknik Mind Mapping dengan Cooperative Learning Teknik Jigsaw Di SMP Negeri 18 Tangerang”.

Faizah, Umi.2009.”Peran Mata Kuliah Retorika Dalam Pembinaan Budi Pekerti Dan Moral Bangsa (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Purworejo)”.Artikel.http://download.portugalgaruda.org/.Diakses 11 Oktober 2018.

Hidayat, Dayat.”Pentingnya Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Tingkat Pendidikan Dasar SD Dan SMP Terintegrasi Dengan Pelajaran Lain (Fenomena Yang TerjadiDiSekelilingSiswa)”.Skripsi.http://openjournal.unpam.com/.Diakses 10 Oktober 2018.

Kisnawaty, P.2013.”Keefektifan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Materi Keputusan Bersama Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Randu gunting Kota Tegal”. Skripsi. https://lib.unnes.ac.id/17346/1/1401409126.pdf.Diakses 6 Februari 2019.

Nurzannah, N.2016.”Menggunanakan Model Pembelajaran Role Playing”.repository.unpas.ac.id.artike.

Purwandari.2012.”Keefektifan Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pesan melalui Telepon di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Purbalingga Kidul 1 Kabupaten Purbalingga”.Skripsi. https://lib.unnes.ac.id/18812/1/1402408098.pdf.Diakses 6 Februari 2019

Sisdiknas.file:///G:/SKRIPSI/Proposal/ARTIKEL%20&%20JURNAL/sisdiknas.pdf

Sukreni, Ni Nyoman. Dkk. 2014.“Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD”.Artikel.Diakses 10 Oktober 2018.

Syarifuddin, Ahmad.2016.”Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah.

Downloads

Published

2019-04-15

How to Cite

Maria Ulfah, S., & Budiman, M. A. (2019). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 83–91. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17324

Issue

Section

Articles