PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17327Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA kelompok siswa yang belajar mengikuti model pembelajaran kuantum dengan kelompok siswa yang belajar mengikuti model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan post-test only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Gugus IV Kecamatan Sukasada tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah populasi 164 siswa. Sampel diambil dengan cara simple random sampling yang berjumlah 58 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA. Bentuk tes hasil belajar IPA yang digunakan adalah pilihan ganda biasa. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang belajar mengikuti model pembelajaran kuantum dengan kelompok siswa yang belajar mengikuti model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh (thitung= 7,673 > ttabel= 2,000) dan dilihat dari rata-rata hitung ternyata skor rata-rata yang diperoleh siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kuantum lebih tinggi dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu (= 23,52 >=15,76). Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kuantum berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di Gugus IV Kecamatan Sukasada tahun pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: Model pembelajaran kuantum, hasil belajar, Gugus I Kecamatan Sukasada.
References
Agung, Gede. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Penerbit: Aditya Media Publishing.
Azhar, Arsyad. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
DePorter, Mark Reardon, Sarah. 2002. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
DePorter, Mark Reardon, Sarah. 2005. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
DePorter, Mark Reardon, Sarah. 2014. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Gampil, I Ketut Sri. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan Media gambar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa kelas IV Semester Genap SD Negeri 6 Tianyar Barat Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Kurnia, Ingridwati. dkk. 2008. Perkembangan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Partiwi. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Tahun Pelajaran 2012/2013 Di SD Gugus II Kecamatan Sukasada. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jakarta:PT Indeks.
Sismanto. 2007. Menakar Integrasi IPA dalam KTSP. http://reseachengines. com-/0707sismanto.html. diakses tanggal 5 Januari 2016.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit: CVAlfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Soeparto. 2008. Pengembangan Kurikulum SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Nasional
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Suparno. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Sutikno. 2006. Pendidikan Sekarang dan Masa Depan. Mataram: NTP Press.
Usman, User. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syaiful Bahri Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)