PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • Md. Padmarani Sudewiputri Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jembrana Jembrana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17327

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA kelompok siswa yang belajar mengikuti model pembelajaran kuantum dengan kelompok siswa yang belajar mengikuti model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan  post-test only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Gugus IV Kecamatan Sukasada tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah populasi 164 siswa. Sampel diambil dengan cara simple random sampling yang berjumlah 58 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA. Bentuk tes hasil belajar IPA yang digunakan adalah pilihan ganda biasa. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang belajar mengikuti model pembelajaran kuantum dengan kelompok siswa yang belajar mengikuti model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh (thitung= 7,673 > ttabel= 2,000) dan dilihat dari rata-rata hitung ternyata skor rata-rata yang diperoleh siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kuantum lebih tinggi dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu (= 23,52 >=15,76). Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kuantum berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di Gugus IV Kecamatan Sukasada tahun pelajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: Model pembelajaran kuantum, hasil belajar, Gugus I Kecamatan Sukasada.

References

Agung, Gede. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Penerbit: Aditya Media Publishing.

Azhar, Arsyad. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

DePorter, Mark Reardon, Sarah. 2002. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

DePorter, Mark Reardon, Sarah. 2005. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

DePorter, Mark Reardon, Sarah. 2014. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Gampil, I Ketut Sri. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan Media gambar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa kelas IV Semester Genap SD Negeri 6 Tianyar Barat Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Kurnia, Ingridwati. dkk. 2008. Perkembangan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Partiwi. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Tahun Pelajaran 2012/2013 Di SD Gugus II Kecamatan Sukasada. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jakarta:PT Indeks.

Sismanto. 2007. Menakar Integrasi IPA dalam KTSP. http://reseachengines. com-/0707sismanto.html. diakses tanggal 5 Januari 2016.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit: CVAlfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Soeparto. 2008. Pengembangan Kurikulum SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Nasional

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Suparno. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Sutikno. 2006. Pendidikan Sekarang dan Masa Depan. Mataram: NTP Press.

Usman, User. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syaiful Bahri Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2019-04-15

How to Cite

Sudewiputri, M. P. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 111–120. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17327

Issue

Section

Articles