KONTRIBUSI DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17328Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi disiplin belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan jumlah populasi 163 orang dan jumlah sampel 110 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Alat pengumpul data berupa kuesioner dan pencatatan dokumen, analisis data dengan teknik regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,475, kontribusi sebesar 22,5%, dan sumbangan efektifnya sebesar 17,29%, 2) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika dengan koefisisen korelasi sebesar 0,573, kontribusi sebesar 32,8%, dan sumbangan efektifnya sebesar 28,21%, 3) secara bersama-sama terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika dengan koefesien korelasi sebesar 0,675 dan kontribusinya sebesar 45,5% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD di gugus III Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata-kata kunci : disiplin belajar, hasil belajar, motivasi berprestasi
References
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha.
Anggara, I Gede. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Aspriyani, Riski. 2017. “Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis”. JPPM, Volume 10, Nomor 1 (hlm. 17-23).
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Cetakan ke-3. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Cetakan ke-1. Surabaya: Usana Offset Printing.doc. (diakses tanggal 06 Pebruari 2017).
Hamalik, Oemar. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Heruman, 2012.Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Kosasih, Nandang dan Dede Sumarna. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.
Maja, Ibnu. 2013. “Pengaruh Motivasi, Metode Pembelajaran dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Teknik di Politeknik Negeri Sriwijaya”. Jurnal Orasi Bisnis, Edisi ke-9, ISSN 2085-1375 (hlm. 1-19).
Mardiastuti, Arifa. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran NHT dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV”. E-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4, Nomor 1 (hlm. 1-9).
Nurkhotimah, Siti, Joharman, dan Suripto. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Operasi Hitung Pecahan
Ni Made Winursiti (2017). Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol. 1 (4) pp. 270-275 275 Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Kuwayuhan Tahun Ajaran 2016/2017. E-Journal Universitas Sebelas Maret Surakarta, tersedia di jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/download/10158/7512
Nurkancana & Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Saputra, Henry Januar, dkk. 2017. “Keefektifan Pembelajaran IPA Menggunakan Model Complette Sentence Berbantuan Card Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas III SDN Ngelowetan Kabupaten Demak”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 1, Nomor 3 (hlm. 171-178).
Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Cetakan ke-20. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sofyan, Willis. 2013. Psikologi Pendidikan. Cetakan ke-2. Bandung: Alfabeta.
Sriyanto. 2007. Strategi Sukses Menguasai Matematika. Yogyakarta: Indonesia Cerdas Strauss.
Sudarma, Ketut dan Eva M. Sakdiyah. 2007. “Pengaruh Motivasi, Disiplin, dan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi”. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 2, Nomor 2 (hlm. 1-20).
Toni, I Wayan Kantun, dkk. 2013. “Determinasi Konsep Diri, Motivasi Berprestasi, dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar IPA SD Se-Kecamatan Buleleng”. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3 (hlm. 1-11).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)