PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN BAHASA BALI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17380Abstract
Tujuan utama dari penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan Bahasa Bali pada Siswa Kelas IX B2 SMP Negeri 6 Singaraja Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 melalui Penerapan Metode Bermain Peran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX B2 SMP Negeri 6 Singaraja semester genap tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 31 orang siswa. Data tentang keterampilan siswa dalam berbicara menggunakan Bahasa Bali dikumpulkan melalui tes keterampilan berbicara. Selanjutnya data yang dikumpulkan ini dianalisis secara dekriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan Metode Bermain Peran dalam pembelajaran Bahasa Bali dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara menggunakan Bahasa Bali, yaitu dari rata-rata nilai 77 (baik) pada siklus I menjadi 82 (sangat baik) pada siklus II.
Kata kunci: Bermain Peran, Berbicara Bahasa BaliReferences
Antara. 1994. Kesusastraan Bali Purwa. Singaraja: STKIP Singaraja.
Arsjad, Maidar G., Mukti US. 1998. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Baroroh, K., 2011. Upaya meningkatkan nilai-nilai karakter peserta didik melalui penerapan metode role playing. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(2).
Dewantara, I.P.M., 2012. Identifikasi Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIIE SMPN 5 Negara dan Strategi Guru untuk Mengatasinya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 1(2).
Hidayat, R. and Setiawan, T., 2015. Interferensi Bahasa Jawa Ke Dalam Bahasa Indonesia Pada Keterampilan Berbicara Siswa Negeri 1 Pleret, Bantul. LingTera, 2(2), pp.156-168.
Kusmintayu, N., Suwandi, S. and Anindyarini, A., 2012. Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa sekolah menengah pertama. BASASTRA, 1(1), pp.120-129.
Firmansyah, M.B., 2018. Model Pembelajaran Diskusi Berbasis Perilaku Berliterasi Untuk Keterampilan Berbicara. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 8(2), pp.119-125.
Pranowo, D.J., 2013. Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian dan Kerja Sama pada Mata Kuliah Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis dengan Metode Bermain Peran. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2).
Rofi”udin, Ahmad, Darmiyati Zuhdi. 2001/2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Malang: Depdikbud Dirjen Dikti PPTK.
Saddhono, Kundaru dan St. Y. Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sari, L.I., Satrijono, H. and Sihono, S., 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VA SDN Ajung 03. Jurnal Edukasi, 2(1), pp.11-14.
Siska, Y., 2011. Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak usia dini. Jurnal Edukasi. UPI. Edisi Khusus, 2.
Sunarsih, S., 2012. Pembelajaran keterampilan berbicara model kooperatif teknik mencari pasangan dan teknik kancing gemerincing pada siswa introver dan ekstrover di SMP. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1).
Sunarto. 2012. Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. http://digilid.uns.ac.id. Diakses tanggal 2 Januari 2019.
Suwandewi, Ni M.A. 2013. Peningkatan Berbicara Sor Singgih Bahasa Bali dalam Membangun Karakter Siswa melalui Metode Bermain Peran. http://mafiadoc.com. Diakses tanggal 9 Januari 2019.
Wendra, I Wayan. 2013. Keterampilan Berbicara. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Wiastra, I N. Gd., dkk. 2013. Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Ix.3 SMP Negeri 2 Denpasar Tahun 2012/2013. http://media.neliti.com. Diakses tanggal 8 Januari 2019
Widianti, I.A.K.S., Suarni, N.K., Asril, N.M., Psi, S. and Psi, M., 2015. Penerapan metode bercerita dengan media gambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1)..
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)