ANALISIS PENCAPAIAN KOMPETENSI KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA JAWA MATERI TEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19156Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketercapaian kompetensi kognitif siswa khususnya dalam pembelajaran bahasa Jawa materi tembang. Ketercapaian kompetensi kognitif menjadi bagian penting dan perlu diperhatikan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Sambiroto 01 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes tertulis berupa soal isian singkat. Hasil penelitian menunjukan rata-rata pencapaian kompetensi kognitif siswa pada pembelajaran tembang secara keseluruhan mencapai 85% dengan rata-rata pencapaian tertinggi berada pada domain memahami dan rata pencapaian terendah berada pada domain menganalisis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN Sambiroto 01 memiliki kemampuan kognitif yang baik pada materi tembang.
Kata kunci: Bahasa Jawa, Tembang, Kognitif
References
Moleong, lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245
Rachmawati, Tutik, dan Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: Gava Media.
Rifa’i, Achmad RC dan Tri Catharina Anni. 2016. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.
Roihah, Imalatur. 2009. Implikasi Teori Jean Piaget dalam Pembentukan Kepribadian Muslim Pada Anak Usia Sekolah 7-12 Tahun. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sani, Abdul Ridwan. 2016. Penilaian Autentik. Jakarta. PT Bumi AKSARA.
Siregar, Eveline dan Nara, Hartini. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Alfabet.
Suyitno, Utmai H.R. 2016. Relevansi Tema Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Muatan Lokal-Nasional. Malih Peddas. Vol. 6 No. 2.
Saat, Sulaiman. 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan) . Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember 2015
Palupi, Dini. 2018. Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital . Jurnal Pendidikan Dasar vol. 2, no. 1, 2018 STAIN Curup – Bengkulu| p ISSN 2580-362X; e ISSN 2580-3611 http://journal.staincurup.ac.id/index.php/JPD
Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wayan, Ni Sartini. 2009. Menggali Nilai Kearifan Lokal Budaya Jawa Ungkapan (Bebasan, Saloka, dan Paribasa). Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. Vol V. No. 1.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)