PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAPK OMPETENSI PENGETAHUAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19158Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiperbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis Tri Hita Karana dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus 1 Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus 1 Abiansemal yang berjumlah 191 siswa. Sampel diambil dengan teknikRandom sampling. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Blahkiuh berjumlah 31 orang siswa sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan model Numbered Head Together (NHT) berbasis Tri Hita Karana dan siswa kelas V SD Negeri 2 Blahkiuh berjumlah 31 orang siswa sebagai kelompok kontrol dengan tidak menggunakan model Numbered Head Together (NHT) berbasis Tri Hita Karana. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa dengan empat jawaban. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis Tri Hita Karana berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus 1 Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Numbered Head Together (NHT), Kompetensi Pengetahuan IPA, Tri Hita Karana.
References
Artini, Ni Putu Eka. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus IV Kerobokan Kelod”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2 No 1 Tahun 2014. (Diakses tanggal 4 Januari 2018).
Budiyanto, Agus Krisno. 2016. Sintak 45 model pembelajaran dalam student centered Learning (SCL) Penerbit: Universitas Muhammadiyah Malang.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian.
Yogyakarta : CV Andi Offset.
Isjoni. 2011. Cooperatif Learning. Bandung Alfabeta.
Jayanti, Gusti Ayu Mas Eka. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus Lt.Wisnu Depasar Utara”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2 No 1 Tahun 2014. (Diakses tanggal 4 Januari 2018).
Kurniasih Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Memahami
Berbagai Aspek Dalam Kurikulum 2013. Penerbit: Kata Pena.
Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: Alfabeta.
Tabany, Trianto Ibnu Badar Al. 2015. Mendesain Model Pembelajaran
Inovatif-Progresif dan Kontekstual. Malang: Prenadamedia Group.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.
Wiana, I Ketut. 2007. “Tri Hita Karana Menurut Konsep Hindu”. Penerbit : Paramitha.
Wirawan, I Made Adi. 2011. “Tri Hita Karana Kajian Teologi, Sosiologi dan Ekologi Menurud Veda”. Penerbit : Paramitha.
Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2015. “ Metodologi Pembelajaran IPA” disesuaikan dengan pembelajaran kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)