PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAPK OMPETENSI PENGETAHUAN IPA

Authors

  • Ni Putu Devi Oktavia Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Darsana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Gst Agung Oka Negara Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19158

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiperbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis Tri Hita Karana dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus 1 Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah  Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus 1 Abiansemal yang berjumlah 191 siswa. Sampel diambil dengan teknikRandom sampling. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Blahkiuh berjumlah 31 orang siswa sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan model Numbered Head Together (NHT)  berbasis Tri Hita Karana dan siswa kelas V SD Negeri 2 Blahkiuh berjumlah 31 orang siswa sebagai kelompok kontrol dengan tidak menggunakan model Numbered Head Together (NHT) berbasis Tri Hita Karana. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa dengan empat jawaban. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis Tri Hita Karana berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus 1 Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018.

Kata Kunci: Numbered Head Together (NHT), Kompetensi Pengetahuan IPA, Tri Hita Karana.

References

Artini, Ni Putu Eka. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus IV Kerobokan Kelod”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2 No 1 Tahun 2014. (Diakses tanggal 4 Januari 2018).

Budiyanto, Agus Krisno. 2016. Sintak 45 model pembelajaran dalam student centered Learning (SCL) Penerbit: Universitas Muhammadiyah Malang.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian.

Yogyakarta : CV Andi Offset.

Isjoni. 2011. Cooperatif Learning. Bandung Alfabeta.

Jayanti, Gusti Ayu Mas Eka. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus Lt.Wisnu Depasar Utara”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2 No 1 Tahun 2014. (Diakses tanggal 4 Januari 2018).

Kurniasih Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Memahami

Berbagai Aspek Dalam Kurikulum 2013. Penerbit: Kata Pena.

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: Alfabeta.

Tabany, Trianto Ibnu Badar Al. 2015. Mendesain Model Pembelajaran

Inovatif-Progresif dan Kontekstual. Malang: Prenadamedia Group.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Wiana, I Ketut. 2007. “Tri Hita Karana Menurut Konsep Hindu”. Penerbit : Paramitha.

Wirawan, I Made Adi. 2011. “Tri Hita Karana Kajian Teologi, Sosiologi dan Ekologi Menurud Veda”. Penerbit : Paramitha.

Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2015. “ Metodologi Pembelajaran IPA” disesuaikan dengan pembelajaran kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.

Downloads

How to Cite

Devi Oktavia, N. P., Darsana, I. W., & Oka Negara, I. G. A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAPK OMPETENSI PENGETAHUAN IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 284–291. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19158

Issue

Section

Articles