IMPLEMENTASI PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.19200Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Lokasi penelitian ini di SD Negeri 11 Sesetan dengan jumlah siswa 48 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes prestasi belajar yang kemudian dilakukan analisis secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan berdasar tahapan: (1) menyusun rencana kegiatan, (2) melaksanakan tindakan,(3) observasi, dan (4) analisis yang dilanjutkan dengan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan nilai IPA siswa yang diawal pembelajaran hanya mencapai rata-rata 69,06 , setelah tindakan siklus I meningkat menjadi rata-rata 78,17 dengan siswa tuntas 36 siswa dari 48 siswa. Hasil tindakan pada siklus II didapatkan prestasi belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata IPA mencapai 85,27 dengan semua siswa tuntas. Prosentase ketuntasan belajar pada siklus II ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 85 % dan siklus dinyatakan tidak dilanjutkan. Sebagai kesimpulan bahwa metode pembelajaran Pemberian Tugas dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kata kunci: Metode Pemberian tugas, Presentasi Belajar IPA
References
Arikunto, Suharsimi. 1990. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gagne, Robert M. 1985. The Conditions of Learning. Third Edition. New York: Holt, Reinhart and Winston.
Puger, I Gusti Ngurah. 2004. Belajar Kooperatif. Diktat Perkuliahan Mahasiswa Unipas
Megwati, Priarti. 2015. Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia . Jurnal Formatif 2(3): 227-234 ISSN: 2088-351X
Mulyani Sumantri & Johar Permana. 2001.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Maulana.
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245
Oemar Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.
Setiawati, Linda. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Praktik Kejuruan Siswa Smk Program Studi Keahlian Teknik Komputer Dan Informatika . Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 5, Nomor 3, November 2015
Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukidin, Basrowi, Suranto. 2002. Menajemen Penelitian Tindakan Kelas. Penerbti: Insan Cendekia ISBN: 979 9048 33 4.
Sukmadinata, Nana. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.
Saat, Sulaiman. 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan) . Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember 2015
Sutrisno. 2016. Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan . Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016
Tim Penyusun, 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Udin, S.W. 1997. Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Depdikbud: Jakarta.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)