PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAN METODE DEMONTRASI DALAM MATERI MATRIKS KELAS X IPA 1 UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA

Authors

  • Aam Siti Amanah MA Negeri 2 Kuningan Kabupaten Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24246

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan adalah suatu kebutuhan mutlak yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Dalam kehidupan sehari-hari tidak lepas dari pendidikan. Salah satu tujuan hidup manusia adalah untuk mencapai kemajuan, yaitu pendidikan. Untuk memajukan kehidupannya maka pendidikan merupakan sarana yang perlu dimiliki dan dikelola oleh manusia. Rumusan Masalah dalam PTK ini yaitu: Bagaimana Penggunaan alat peraga dan metode demontrasi dalam Materi Matriks Kelas X IPA 1 untuk meningkatkan pemahaman siswa di MA Negeri 2 Kuningan Kabupaten Kuningan LTahun Pelajaran 2019/2020” Adapun Tujuan penelitia tindakan kelas ini adalah Untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai Matriks. Pemecahan masalah pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terhadap siswa Kelas X IPA 1 MA Negeri 2 Kuningan Kabupaten Kuningan LTahun Pelajaran 2019/2020 dalam proses berdaur (siklus). Pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga sederhana dan metode demontrasi. Ternyata hasilnya ada peningkatan, hal ini terlihat dari tes yang diberikan pada akhir siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika tentang penyajian Matriks  dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman siswa Kelas X IPA 1 MA Negeri 2 Kuningan Kabupaten Kuningan LTahun Pelajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Penggunaan Alat Peraga, Metode Demonstrasi, Materi Matriks

References

Bahri, S (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Departement Pendidikan dan Kebudayaan (1993). Pelayanan Profesional Kurikulum 2004 : pembelajaran yang Efektif. Jakarta ; Badan Penelitian dan Pengembanga Pusat Kurikulum Depdiknas.

Depdiknas (2003) Kegiatan Belajar Mengajar yang Efektif. Jakarta, Depdiknas

Karim A, Muchtar, dkk (2007) Pendidikan Matematika 2 : Jakarta, Universitas Terbuka.

Lie Anita (2005) Cooperative Learning, Jakarta ; Grasindo

Rohani, A (1997) Media Intruksional Edukatif, Jakarta; Rineka Cipta.

Ruseffendi, E.T (1997) Pengajaran Matematika Modern untuk Orang Tua Murid, Guru dan SPG. Bandung ; Tarsito.

Suciati, dkk (2004) Belajar dan Pembelajaran 2, Jakarta, Universitas Terbuka.

Sudirman, dkk (1989) Ilmu Pendidikan; Kurikulum, Program Pengajaran, Efek Intruksional, Metode Mengajar, Media Pendidikan, dan Evaluasi Hasil Belajar, Bandung; Remaja Karya CV.

Sudjana Nana (2004) Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung; Sinar Baru Al-Gresindo.

Suherman H. Erman, dkk (2001) Common Text Book, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung; Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2020-04-01

How to Cite

Amanah, A. S. (2020). PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAN METODE DEMONTRASI DALAM MATERI MATRIKS KELAS X IPA 1 UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 50–57. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24246

Issue

Section

Articles