PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAN METODE DEMONTRASI DALAM MATERI MATRIKS KELAS X IPA 1 UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24246Abstract
Tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan adalah suatu kebutuhan mutlak yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Dalam kehidupan sehari-hari tidak lepas dari pendidikan. Salah satu tujuan hidup manusia adalah untuk mencapai kemajuan, yaitu pendidikan. Untuk memajukan kehidupannya maka pendidikan merupakan sarana yang perlu dimiliki dan dikelola oleh manusia. Rumusan Masalah dalam PTK ini yaitu: Bagaimana Penggunaan alat peraga dan metode demontrasi dalam Materi Matriks Kelas X IPA 1 untuk meningkatkan pemahaman siswa di MA Negeri 2 Kuningan Kabupaten Kuningan LTahun Pelajaran 2019/2020” Adapun Tujuan penelitia tindakan kelas ini adalah Untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai Matriks. Pemecahan masalah pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terhadap siswa Kelas X IPA 1 MA Negeri 2 Kuningan Kabupaten Kuningan LTahun Pelajaran 2019/2020 dalam proses berdaur (siklus). Pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga sederhana dan metode demontrasi. Ternyata hasilnya ada peningkatan, hal ini terlihat dari tes yang diberikan pada akhir siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika tentang penyajian Matriks dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman siswa Kelas X IPA 1 MA Negeri 2 Kuningan Kabupaten Kuningan LTahun Pelajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Penggunaan Alat Peraga, Metode Demonstrasi, Materi Matriks
References
Bahri, S (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Departement Pendidikan dan Kebudayaan (1993). Pelayanan Profesional Kurikulum 2004 : pembelajaran yang Efektif. Jakarta ; Badan Penelitian dan Pengembanga Pusat Kurikulum Depdiknas.
Depdiknas (2003) Kegiatan Belajar Mengajar yang Efektif. Jakarta, Depdiknas
Karim A, Muchtar, dkk (2007) Pendidikan Matematika 2 : Jakarta, Universitas Terbuka.
Lie Anita (2005) Cooperative Learning, Jakarta ; Grasindo
Rohani, A (1997) Media Intruksional Edukatif, Jakarta; Rineka Cipta.
Ruseffendi, E.T (1997) Pengajaran Matematika Modern untuk Orang Tua Murid, Guru dan SPG. Bandung ; Tarsito.
Suciati, dkk (2004) Belajar dan Pembelajaran 2, Jakarta, Universitas Terbuka.
Sudirman, dkk (1989) Ilmu Pendidikan; Kurikulum, Program Pengajaran, Efek Intruksional, Metode Mengajar, Media Pendidikan, dan Evaluasi Hasil Belajar, Bandung; Remaja Karya CV.
Sudjana Nana (2004) Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung; Sinar Baru Al-Gresindo.
Suherman H. Erman, dkk (2001) Common Text Book, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung; Universitas Pendidikan Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)