UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24268Abstract
Dalam kehidupan bermasyarakat, seseorang tidak mungkin hidup menyendiri tanpa kehadiran orang lain atau tanpa bergaul dengan orang lain. Hal itu membuktikan bahwa pada hakikatnya manusia memang merupakan makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia secara naluriah terdorong untuk bergaul dengan manusia lain, baik untuk menyatakan keberadaan dirinya, mengekspresikan kepentingannya, menyatakan pendapatnya, maupun untuk memengaruhi orang lain demi kepentingannya sendiri, kepentingan kelompok, atau kepentingan bersama. Berkenaan dengan hal itu, bahasa memegang peranan yang amat penting (Mustakim 1994:1). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu Mendeskripsikan peningkatan Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Melalui Metode Discovery Learning Pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 1 Kadipaten Kabupaten Majalengka Tahun Pelajaran 2019/2020. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Pembelajaran dengan Discovery Learning memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu prasiklus (36%), siklus I (60%), siklus II (100%). 2) Penerapan model pembelajaran Discovery Learning mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil wawancara dengan sebagian siswa, rata-rata jawaban siswa menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan model pembelajaran model Discovery Learning sehingga mereka menjadi termotivasiuntuk belajar.
Kata kunci: Efektofotas Pembelajaran, Teks Deskripsi, Metode Discovery Learning
References
Alwi, Hasan, Soenjono Dardjowidjodjo, Hans Lapoliwa, dan Anton M. Moeliono.
Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Bachtiar dan Sagala. 2012. ―Imrpoving Students‘ Achievement In Writing
Analytical Exposition Text Through Guided Writing Technique‖. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ellu/article/view/359 diunduh pada 20 Juni 2014.
Barus, Sedia Willing. 2010. Jurnalistik: Petunjuk Teknis Menulis Berita. Jakarta: Erlangga.
Chaer, Abdul. 1993. Gramatika Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta. Djuraid, Husnun N. 2009. Panduan Berita. Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.
Enre, Fachruddin Ambro. 1988. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: DEPDIKBUD.
Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.
Hayati. 2009. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Analisis Proses Melalui Teknik Menulis Objek Langsung Pada Siswa Kelas VII B SMAN 1 Pecangan Tahun Ajaran 2008/2009‖. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Harjanto. 1997. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Indiarti. 2009. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas VII B-F SMA N 1 Gubug Tahun Ajaran 2008/2009‖. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas VII B. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik SMA/MA/SMK/MAK Kelas VII B Edisi Revisi 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Keraf, Gorys. 1994. Komposisi. Flores: Nusa Indah.
Keraf, Gorys. 2004. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Flores: Nusa Indah.
Keraf, Gorys. 2006. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Liang Gie, The. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: PT Andi.
Marhiyanto, Bambang. 2008. Pintar Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas 1, 2, 3. Surabaya: Gitamedia Press.
Masadah. 2009. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Eksposisi Pengembangan Proses Melalui Media Resep Masakan dalam majalah Femina Pada Siswa Kelas VII B SMA N 2 Brebes‖. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Mayasari, Rina. 2012. The Use Group Investigation To Improve Students Ability In Writing Skill On Analytical Exposition Text‖. http://www.journal.walisongo.ac.id/index.php/eltl/article/view/80 diunduh pada 8 September 2014.
Moeliono, Anton M. 1989. Kembara Bahasa : Kumpulan Karanngan Tersebar. Jakarta : PT Gramedia.
Mulyana. 2005.Kajian Wacana : Teori, Metode, & Aplikasi Prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Mustakim. 1994. Membina Keterampilan Berbahasa : Panduan Kearah Keterampilan Berbahasa. Jakarta : Gramedia Pustaka.
Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia. Nurudin. 2010. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UMM Press.
Purwanti. 2010. Peningkatan Keterampilan Teks Eksposisi Melalui Strategi Kooperatif Model STAD (Student Teams Achievement Divisions) Dengan Media Petunjuk Di Media Massa Pada Siswa Kelas VII B- F SMAN 1 Sukorejo Kendal‖. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Puspitosari, Dian. 2008. ―Pemanfaatan Metode Group Investigation Bermedia Film Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Ekspositif Siswa Kelas VII B Tata Busana I SMK Perintis 29 Ungaran Tahun Ajaran 2007/2008‖. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Rachman, Maman, Aris Munandar, dan Tijan. 2014. Padepokan Karakter: Lokus Membangun Karakter. Semarang: Unnes Press.
Rahardi, R. Kunjana. 2009. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.
Ramlan, M. 1990. Bahasa Indonesia: Yang Salah dan Yang Benar. Yogakarta: Andi Offset Yogyakarta.
Riza, Luqman Nur. 2014. Mahir Menulis Paragraf: Berbasis Soaial Budaya. Semarang: Az Zahroh Press.
S, Sutarno N. 2008. Menulis yang Efektif. Jakarta: Sagung Seto.
Setyaningrum, Wulandari. 2013. Rangkuman Materi Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII, VIII, & IX. Jogjakarta: Javalitera.
Sobur, Alex. 2004. Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. Soedjito dan Mansur Hasan. 1986. Keterampilan Menulis Paragraf. Bandung: Remadja Karya CV.
Subana, M. dan Sunarti. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Subyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Universitas Diponegoro.
Suhardi, Didik. 2011. Nilai Karakter untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: LaksBang Pressindo.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik.Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Wibowo, Wahyu. 2001. Manajemen Bahasa: Pengorgnisasian Karangan Pragmatic dalam Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa dan Praktisi Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Widyamartaya, Al dan Veronica Sudiati. 1997. Dasar-Dasar Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Grasindo.
Widyamartaya, A. 1990. Seni Menggayakan Kalimat. Yogyakarta: Kanisius.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)