PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIC BERBASIS MULTIMEDIA INTERACTIVE VIDEO TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA

Authors

  • Ni Luh Indah Noviani Jurusan Pendidikan Dasar, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I K. Ardana Jurusan Pendidikan Dasar, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • MG. Rini Kristiantari Jurusan Pendidikan Dasar, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24317

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic berbasis Multimedia Interactive Video terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD N Gugus II Kuta Badung Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan bentuk desain nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester genap di Gugus II Kuta Badung berjumlah 239 orang yang tersebar dalam 7 kelas. Sampel ditetapkan dengan cara random sampling dan didapatkan sampel penelitian yaitu siswa kelas V SD No. 1 Seminyak berjumlah 32 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD No. 2 Seminyak berjumlah 35 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda biasa berjumlah 30 butir soal yang sudah divalidasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh  = 4,335 dan  ( pada taraf signifikansi 5%) = 2,000 dengan dk = (32+35-2) = 65. Hal ini berarti  = 4,335 >  2,000, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Dilihat dari  rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen = 0,48, sedangkan rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok kontrol = 0,33. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic berbasis Multimedia Interactive Video terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD N Gugus II Kuta Badung Tahun Ajaran 2018/2019.

Kata Kunci : Visualization Auditory Kinestetic, Multimedia Interactive Video, kompetensi pengetahuan IPA.

References

Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Aristini. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Tipe VAK (Visualization Auditory Kinestetic) terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 2 Sesetan“. Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia pada http:/ejournal.undiksha.ac.id (Diakses tanggal 28 Januari 2019).

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2018. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Deporter, Bobby. 2016. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Hamalik, Oemar. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kadir, Abdul. 2014. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Kosasih, 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Koyan, Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers.

Prabhandita, Aditya. 2012. “Pengembangan dan Implementasi Media Pembelajaran Trainer Kit Senior Ultrasonik pada Mata Diklat Praktik Sensor dan Transduser di SMK 2 Depok Sleman”. Universitas Negeri Yogyakarta. Tersedia pada http:/ejournal.uny.ac.id (Diakses tanggal 06 Februari 2019).

Rusman. 2017. Belajar Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Samantowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Setyosari, Punaji. 2015 Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Suryantini, Nanik. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Visual Audiotori Kinestetik Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V SD Gugus Dewi Sartika“. Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia pada http:/ejournal.undiksha.ac.id (Diakses tanggal 28 Januari 2019).

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Triwiyanto, Teguh. 2017. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wati, Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Wisudawati, Widi dan Sulistyowati, Eka. 2017. Metodelogi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yudhanegara, M. R. & Karunia Eka. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Yusuf, Muri. 2017. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2020-04-08

How to Cite

Noviani, N. L. I., Ardana, I. K., & Kristiantari, M. R. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIC BERBASIS MULTIMEDIA INTERACTIVE VIDEO TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 120–130. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24317

Issue

Section

Articles