Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Dengan Mengendalikan Kemampuan Numerik Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.26811Keywords:
RME, Kemampuan Numerik, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa. Penelitian yang tergolong jenis kuantitatif ini memakai rancangan penelitian berupa nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 230 orang dari 7 kelas. Menggunakan teknik acak atau cluster random sampling dalam penarikan sampel. Sampel yang digunakan yaitu dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang sebagai kelompok eksperimen dan dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang sebagai kelompok kontrol. Dalam mengumpulkan data dilakukan dengan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa dengan jumlah soal yang valid yaitu 34 butir. Uji-t digunakan dalam analisis data penelitian ini. Analisis berdasarkan hasil diperoleh data gain skor ternormalisasi thitung = 4,333 taraf signifikansi 5% dan dk = 63 hasilnya memperoleh ttabel = 2,000 sehingga thitung = 4,333 > ttabel = 2,000. Sesuai dengan kriteria pengujian, Ha diterima sedangkan H0 ditolak. Rata-rata nilai kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran generatif berbantuan media konkret mendapatkan hasil yaitu 47,18 sedangkan rata-rata kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional hasil kompetensi pengetahuan IPAnya yaitu 31,45. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran generatif berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPA.
References
Agung, A.A Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri ( Self Confidence ) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika, 03(02).
Anjani, S. (2017). Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Berbasis Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Ejournal : Universitas Pendidikan Ganesha, 5.
Carlucy, N. P. R., Suadnyana, I. N., & Oka Negara, I. G. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar Ilmu, 23(2), 162–169. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16416
Eka Sari, N. L. P., Smara Putra, D. K. N., & Surya Abadi, I. B. . (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbasis Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 201–208. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15399
Firmansyah, E. (2017). Efektivitas Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Matematisasi Siswa Di Smp. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 43. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.249
Hadinata, L. W., Utaya, S., & Setyosari, P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Student Team Achievement Division Dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 979–985. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9693
Irwandani, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 165. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.90
Irwanto, Wasitohadi, & Rahayu, T. S. (2019). Penerapan Pendekatan Scientific dengan Menggunakan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD Irwanto1,. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan Belajar Matematika, 2(1), 102–112.
Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111
Khairiah, K., Wati, M., & Hartini, S. (2015). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN Mulawarman Banjarmasin Pada Mata Pelajaran IPA. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(3), 200. https://doi.org/10.20527/bipf.v3i3.812
Lestari, S., Andinasari, A., & Retta, A. M. (2020). Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 3(1), 44. https://doi.org/10.30738/indomath.v3i1.6356
Maryani, S., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Metode PQ4R Melalui Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 82. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1562
Nazifah. (2013). Penggunaan Media Konkret Meningkatkan Aktivitas Siswa Matematika Kelas I Sdn 07 Sungai Soga Bengkayang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2.
Qonaah, A., Pujiastuti, H., & Fatah, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 9–14. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.6109
Rahmadi, I. W. H., Parmiti, D. P., & Widiana, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual berbantuan Media Kongkret Terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407
Rizwan. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Belajar IPA melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Pendidikan, 2(1), 11–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29210/12016227
Rosuli, N., Koto, I., & Rohadi, N. (2019). Pembelajaran Remedial Terpadu Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Generatif Untuk Mengubah Miskonsepsi Siswa Terhadap Konsep Usaha Dan Energi. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 185–192. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.185-192
Sasmita, D., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Alat Peraga Puzzle Pythagoras. 2(2), 62–68.
Sinegar, T., & Nensi, M. (2020). Model Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.11428/jhej1987.42.189
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan, 3(3), 316–326.
Wira Surya Adnyana, I Kadek. Suadnyana, I Nengah. Semara Putra, D. K. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Kapten Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(3), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12432
Yatmi, H. A., Wahyudi, W., & Ayub, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 287. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1327
Yolanda, F., Akmam, & Yulia Sari, S. (2020). Penggunaan Handout Bermuatan Kecerdasan Komprehensif Pada Model Generative Learning Dalam Pembelajaran Hukum Newton Siswa Kelas X di SMAN 5 Padang Staf Pengajar Jurusan Fisika , FMIPA Universitas Negeri Padang. 13(1), 25–32.
Yupriyanti, N. L., Suadnyana, I. N., & Suniasih, N. W. (2015a). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus 1 Manggis Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem Tahun Ajaran 2014/2015. Mimbar Pgsd, 3(1).
Yupriyanti, N. L., Suadnyana, I. N., & Suniasih, N. W. (2015b). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus 1 Manggis Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem Tahun Ajaran 2014/2015. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.4825
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)