Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Media yang Diproyeksikan Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V

I Putu Jevi Ratmawan, Ida Bagus Gede Surya Abadi

Abstract


Sulitnya siswa memahami materi pembelajaran hal ini disebabkan karena dalam belajar siswa dituntut untuk mengingat dan menghafal konsep sehingga pembelajaran jadi kurang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E berbantuan media yang diproyeksikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain eksperimen semu menggunakan rancangan kelompok Non-Ekuivalen. Populasi dari penelitian ini berjumlah 254 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 sebagai kelompok eksperimen dan berjumlah 37 sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan melalui metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan statistik inferensial dalam bentuk gain skor dari kompetensi pengetahuan IPA. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh rata-rata gain skor kelompok eksperimen 𝑋̅=0,226> 𝑋̅=0,134 kelompok kontrol. Melalui uji hipotesis dengan uji t pada taraf signifikansi 5% dan dk 69 diperoleh thitung =4,842 > ttabel=2,000. Model pembekajaran learning cycle 5E berbantuan media yang diproyeksikan berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas kelas V SD. Model pembekajaran learning cycle 5E berbantuan media yang diproyeksikan dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA


Keywords


learning cycle; media diproyeksikan; kompetensi pengetahuan IPA

Full Text:

PDF

References


Akbar. (2016). Pemanfaatan Media LCD Proyektor Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Di Kelas Viii Smp Negeri 4 Palu. Edu Civid, 4(2). Retrieved from jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EduCivic/article/view/7297

Alphian, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV-B melalui Pemanfaatan Media Audio-Visual (Film Projector) SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kota Makassar. Pembelajar Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/ttp://dx.doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.7098

Andrian, & Rusman. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116. 14-23

Apriyani. (2017). Pengaruh Media Proyeksi Terhadap Hasil belajar Matematika (Vol. 7). Jakarta: Universitas Indraprasta.

Asthira, Kusmariyatni, & Margunayasa. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle β€œ5e” Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Gugus III. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6658

Astraman, Dibia, & Mahadewi. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Bermediakan Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10907

Badruzaman, Nurdin, & Apriliya. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peta. Jurnal Pendadikta, 2(1). Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/5794%0A

Carlucy, Suadnyana, & Negara. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu Undiksha, 23(2), 162–169. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16416

Dewi, Kusmariyatni, & Margunayasa. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6658

Dewi, Semara, & Putra. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar β€œ(Learning Cycle)” 5E terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 26 Pemecutan Denpasar Barat. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1207

Irwandi. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peningkatan Hasil Belajar Materi Rukun Iman Pada Siswa Kelas I SD Negeri 49 Kota Banda Aceh. Pionir Jurnal Pendidikan, 9(1), 25–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3321

Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123

Nur, S., Pujiastuti, & Rahman. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik, 2(2), 133–141. https://doi.org/https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.105 .

Paramita, Tastra, & Wibawa. (2016). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus IV Pupuan. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6950

Prayoga, A. (2019). Pengaruh kegiatan awal pembelajaran, disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 53–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17110

Puspitorini, Subali, & Jumadi. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Cakrawala Pendidikan, 33(3), 413–420. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2385/pdf

Rahayu, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycyle-5E. Jawa Timur: Beta Aksara.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. National Science Foundation Journal of Unnes, 13(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/17824

Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407

Shofiah, Lukito, & Siswono. (2018). Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Pengajuan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Topik Trigonometri. Jurnal Matematika Kreatif, 9(1), 54–62. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.9856.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Tania, & Murni. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v3i1.2413. 31

Wiastuti, Suadnyana, & Kristiantari. (2014). Pengaruh Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Budi Utomo. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2147

Widnyana, I. G., Sujana, I. W., & Putra, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11995

Wirasasmita, & Hendriawan. (2020). Analisis Efisiensi Kinerja Pendidik terhadap Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah. Mimbar Pendidikan, 5(1), 75–90. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i1.24152

Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459

Wuryandani, Sapriya, & Budimansyah. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, 33(2), 286–295. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2168/pdf.

Zulchaidar, I. (2015). Penerapan model learning cycle 5E untuk meningkatkan pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpp.v34i2.10798.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27239

Article Metrics

Abstract view : 153 times
PDF file view : 92 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27239.g16964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal for lesson and learning studiesΒ is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email:Β gede.sudirtha@undiksha.ac.id

Β 


Journal for lesson and learning studies indexed by:

Β CrossrefΒ Akreditasi SINTAΒ BASE Ekuitas

Β 

Creative Commons License

Journal for lesson and learning studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.