Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Media yang Diproyeksikan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

I Putu Jevi Ratmawan, Ida Bagus Gede Surya Abadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learning cycle berbantuan media yang diproyeksikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN Gugus Letda Kajeng tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain eksperimen semu menggunakan rancangan kelompok Non-Ekuivalen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN Gugus Letda Kajeng yang berjumlah 254 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 4 Pemecutan yang berjumlah 34 sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SDN 8 Pemecutan yang berjumlah 37 sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan melalui metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan statistik inferensial dalam bentuk gain skor dari kompetensi pengetahuan IPA. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh rata-rata gain skor kelompok eksperimen 𝑋̅=0,226> 𝑋̅=0,134 kelompok kontrol. Melalui uji hipotesis dengan uji t pada taraf signifikansi 5% dan dk 69 diperoleh thitung =4,842 > ttabel=2,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model learning cycle berbantuan media yang diproyeksikan berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas kelas V SDN Gugus Letda Kajeng tahun ajaran 2019/2020.


Keywords


learning cycle, media diproyeksikan, kompetensi pengetahuan IPA

References


Agung, A.A Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.

Akbar. (2016). Pemanfaatan Media LCD Proyektor Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Di Kelas Viii Smp Negeri 4 Palu. jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EduCivic/article/view/7297

Alphian. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV-B melalui Pemanfaatan Media Audio-Visual (Film Projector) SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kota Makassar. http://dx.doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.7098

Apriyani. 7(2) 2017. Pengaruh Media Proyeksi Terhadap Hasil belajar Matematika. Jakarta: Universitas Indraprasta

Arikunto, Suharsimi.2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Asthira, I Wy. Putu. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle “5e” Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Gugus III. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/6658

Ayi. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil

Belajar Siswa Pada Materi Peta. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/5794/3938.

Bella. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Gravity

Bilgin, dkk. 2013. The Effect of 5E Learning Cycle on Mental Ability of Elementary Students. Journal of Baltic Science Education. Vol.12 (5): 592-607

Cahyono Tri. 2015. Statistik Uji Normalitas. Purwokerto:Yayasan Snitarian Banyumas

Carlucy, N. P. R., Suadnyana, I. N., & Oka Negara, I. G. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu, 23(2), 162–169. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16416

Dewi. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar “(Learning Cycle)” 5E terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 26 Pemecutan Denpasar Barat. Jurnal Pendidikan Universitas Ganesha. Vol.2 (1): 1-13.

Dewi, Ketut Wirani. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/8645/5637

Minarta, dkk. (2015). Pengaruh teknik pembelajaran POE (Pedict-Observe-Explain) pada metode pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar IPA tema pahlawanku di sekolah dasar. Jurnal PGSD, (online), Vol.3, No. 2, http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15443

Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran dilengkapi dengan 65 model pembelajaran. Togyakarta: Prama Ilmu

Nurul. (2012). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran “Learning Cycle 5E” terhadap Hasil Belajar Siswa pada Topik Cahaya di MTS NU Trate Gresik. Jurnal MIPA Universitas Negeri Surabaya. Vol.3 (1): 51-56.

Paramita, Made Yuni. (2016). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus IV Pupuan. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/6950/4740

Rahayu, Sri. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycyle-5E. Jawa Timur: Beta Aksara

Rusman. 2017 Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Siti Dkk. (2018). Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Pengajuan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Topik Trigonometri. Jurnal Matematika Kreatif - Inovatif. Vol 9 (1) 54-62 http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano

Suami, Ni Kt. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran “Learning Cycle” Berbasis Media Lingkungan Alam terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 5 Pedungan Denpasar. Jurnal Pendidikan Universitas Ganesha. Vol.3 (1): 1-11.

Sugiantara, I Pt. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di Gugus VII Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Universitas Ganesha. Vol.2 (1): 35-45

Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.

Wiastuti. (2014). Pengaruh Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Budi Utomo. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/2147/1866

Yuyu. (2015). Penerapan model learning cycle 5E untuk meningkatkan pembelajaran IPA”. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/346/0




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27239

Article Metrics

Abstract view : 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal for lesson and learning studies is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.sudirtha@undiksha.ac.id

 


Journal for lesson and learning studies indexed by:

 Crossref  Akreditasi SINTA

 

Creative Commons License

Journal for lesson and learning studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.