Pembelajaran Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Gambar Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa

Ni Putu Santika Dewi, I. K. Ngurah Wiyasa, N. W. Suniasih

Abstract


Masih banyaknya siswa yang kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan kurangnya semangat siswa dalam belajar maka, berdampak kepada hasil belajar kompetensi pengetahuan IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media kartu gambar terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan desain nonequivalent kontrol group design. Populasi penelitian yaitu kelas V SD terdiri dari 219 siswa. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif bentuk pilihan ganda biasa sebanyak 30 butir tes yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan IPA dianalisis dengan uji-t polled varian. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung =3,865. Harga tersebut kemudian dibandingkan dengan harga ttabeldengan dk = 73 dan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga ttabel = 1,993 berarti Ho ditolak, karena thitung = 3,865 > ttabel = 1,993. Dengan demikian dapat disimpulkan, model Problem Based Learning berbantuan media kartu gambar berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD.


Keywords


PBL; Kartu Gambar; Kompetensi IPA

Full Text:

PDF

References


Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301

Alfianiawati, T., Desyandri, & Nasrul. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas V SD. Ejournal Pembelajaran Inovasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(3), 1–10.

Arinata, A. C. D., Suniasih, N. W., & Darsana, I. W. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10832

Arini, S. A. K. D., Putra, D. B. K. N. S., & Suniasih, N. W. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Kemampuan Pengetahuan IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.

Ashari, N. W., & Salwah, S. (2017). Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kecakapan Pembuktian Matematis Mahasiswa Calon Guru. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 100. https://doi.org/10.26594/jmpm.v2i2.891

Dewi, N. M. J., Putra, D. K. N. S., & Ganing, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10657

Dewi, N. M. Y., Ni Wyn. Suniasih, & Putra, D. K. N. S. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10.

Dewi, S., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V Sdn Tangkil 01 Wlingi. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 281–288. https://doi.org/10.17977/jp.v1i3.6148

Diartini, R., & Ratnawuri, T. (2017). Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Probing Prompting Berbantu Media Flash Card Terhadap Hasil Belajarips Terpadu. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 5(1), 57–63. https://doi.org/10.24127/ja.v5i1.846

Fatimah, R., & Julianto. (2018). Pengaruh Model PBL Berbantuan Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Pengambilan Keputusan Mata Pelajaran IPS Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 280–290.

Hadinata, L. W., Utaya, S., & Setyosari, P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Student Team Achievement Division Dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 979–985. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9693

Juliawan, G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, W. R. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10881

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111

Kartika, N. W. B., Murda, I. N., & Dharmayanti, P. A. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–11.

Kusumayanti, N. P. C., Asri, I. G. A. A. S., & Putra, D. K. N. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15494

Mashuri, & Dewi, M. (2017). Penerapan Metode Bernyanyi Dan Media Flash Card untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak dalam Pengenalan Huruf Hijaiyyah di TPA Darul Falah Gampong Pineung. Journal Pendidikan, 7(2), 346–364. https://doi.org/https://doi.org/10.22373/jm.v7i2.2368

Paramartha, I. M. D., Suniasih, N. W., & Negara, I. G. A. O. (2016). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7137

Purnawan, I. K. I., Abadi, I. B. G. S., & Putra, D. B. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Animasi terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 180–190. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15335

Puspa, M. A., Gobel, C. Y., & Djafar, A. (2019). Aplikasi Pembelajaran Ipa Untuk Kelas Viii Di Sekolah Smp Negeri 1 Pulubala Kabupaten Gorontalo Berbasis Android. Jurnal Informatika Upgris, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.26877/jiu.v5i1.2624

Rivaldi, K. H. O., Putra, D. K. N. S., & Putra, I. K. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 129–136. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15494

Sribawana, I. P. S. S., Kusmariyatni, N., & Suwatra, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–12.

Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. JPS (Jurnal Pendidikan Sains), 4(2), 60–64. https://doi.org/10.17977/jps.v4i2.8183

Syamsiara Nur, S. P. (2017). Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. 2(2), 133–141. https://doi.org/10.31219/osf.io/378f2

Tawaduddin, N. (2013). Pengaruh Media Flash Card Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Kelompok A. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/jce.v1i1.3

Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3), 300–309. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2879

Utami, M. T., Koeswati, H. D., & Giarti, S. (2019). Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media audio Visual Untuk Meningkatkan Keteramoilan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. MAJU, 6(1), 80–91. https://doi.org/https://www.ejournal.stkipbb

Virgiana, A., & Wasitohadi. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Ditinjau Dari Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SDN 1 Gadu Sambong - Blora Semester 2 Tahun 2014/2015. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 100–118. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p100-118

Wedayanti, I. A. K. L., Suadnyana, I. N., & Manuaba, I. B. S. (2017). Pengaruh Model Pbl Berbantuan Kartu Warna Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas Vgugus Srikandi Kecamatan Denpasar Timur. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–11.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27276

Article Metrics

Abstract view : 254 times
PDF file view : 263 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27276.g16810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal for Lesson and Learning Studies is published by:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://undiksha.ac.id

 


Journal for lesson and learning studies indexed by:

 Crossref Akreditasi SINTA BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Journal for Lesson and Learning Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.