Pembelajaran Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Gambar Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27276Keywords:
PBL, Kartu Gambar, Kompetensi IPAAbstract
Masih banyaknya siswa yang kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan kurangnya semangat siswa dalam belajar maka, berdampak kepada hasil belajar kompetensi pengetahuan IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media kartu gambar terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan desain nonequivalent kontrol group design. Populasi penelitian yaitu kelas V SD terdiri dari 219 siswa. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif bentuk pilihan ganda biasa sebanyak 30 butir tes yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan IPA dianalisis dengan uji-t polled varian. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung =3,865. Harga tersebut kemudian dibandingkan dengan harga ttabeldengan dk = 73 dan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga ttabel = 1,993 berarti Ho ditolak, karena thitung = 3,865 > ttabel = 1,993. Dengan demikian dapat disimpulkan, model Problem Based Learning berbantuan media kartu gambar berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD.
References
Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301
Alfianiawati, T., Desyandri, & Nasrul. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas V SD. Ejournal Pembelajaran Inovasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(3), 1–10.
Arinata, A. C. D., Suniasih, N. W., & Darsana, I. W. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10832
Arini, S. A. K. D., Putra, D. B. K. N. S., & Suniasih, N. W. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Kemampuan Pengetahuan IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.
Ashari, N. W., & Salwah, S. (2017). Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kecakapan Pembuktian Matematis Mahasiswa Calon Guru. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 100. https://doi.org/10.26594/jmpm.v2i2.891
Dewi, N. M. J., Putra, D. K. N. S., & Ganing, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10657
Dewi, N. M. Y., Ni Wyn. Suniasih, & Putra, D. K. N. S. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10.
Dewi, S., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V Sdn Tangkil 01 Wlingi. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 281–288. https://doi.org/10.17977/jp.v1i3.6148
Diartini, R., & Ratnawuri, T. (2017). Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Probing Prompting Berbantu Media Flash Card Terhadap Hasil Belajarips Terpadu. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 5(1), 57–63. https://doi.org/10.24127/ja.v5i1.846
Fatimah, R., & Julianto. (2018). Pengaruh Model PBL Berbantuan Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Pengambilan Keputusan Mata Pelajaran IPS Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 280–290.
Hadinata, L. W., Utaya, S., & Setyosari, P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Student Team Achievement Division Dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 979–985. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9693
Juliawan, G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, W. R. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10881
Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111
Kartika, N. W. B., Murda, I. N., & Dharmayanti, P. A. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–11.
Kusumayanti, N. P. C., Asri, I. G. A. A. S., & Putra, D. K. N. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15494
Mashuri, & Dewi, M. (2017). Penerapan Metode Bernyanyi Dan Media Flash Card untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak dalam Pengenalan Huruf Hijaiyyah di TPA Darul Falah Gampong Pineung. Journal Pendidikan, 7(2), 346–364. https://doi.org/https://doi.org/10.22373/jm.v7i2.2368
Paramartha, I. M. D., Suniasih, N. W., & Negara, I. G. A. O. (2016). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7137
Purnawan, I. K. I., Abadi, I. B. G. S., & Putra, D. B. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Animasi terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 180–190. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15335
Puspa, M. A., Gobel, C. Y., & Djafar, A. (2019). Aplikasi Pembelajaran Ipa Untuk Kelas Viii Di Sekolah Smp Negeri 1 Pulubala Kabupaten Gorontalo Berbasis Android. Jurnal Informatika Upgris, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.26877/jiu.v5i1.2624
Rivaldi, K. H. O., Putra, D. K. N. S., & Putra, I. K. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 129–136. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15494
Sribawana, I. P. S. S., Kusmariyatni, N., & Suwatra, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–12.
Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. JPS (Jurnal Pendidikan Sains), 4(2), 60–64. https://doi.org/10.17977/jps.v4i2.8183
Syamsiara Nur, S. P. (2017). Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. 2(2), 133–141. https://doi.org/10.31219/osf.io/378f2
Tawaduddin, N. (2013). Pengaruh Media Flash Card Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Kelompok A. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/jce.v1i1.3
Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3), 300–309. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2879
Utami, M. T., Koeswati, H. D., & Giarti, S. (2019). Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media audio Visual Untuk Meningkatkan Keteramoilan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. MAJU, 6(1), 80–91. https://doi.org/https://www.ejournal.stkipbb
Virgiana, A., & Wasitohadi. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Ditinjau Dari Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SDN 1 Gadu Sambong - Blora Semester 2 Tahun 2014/2015. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 100–118. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p100-118
Wedayanti, I. A. K. L., Suadnyana, I. N., & Manuaba, I. B. S. (2017). Pengaruh Model Pbl Berbantuan Kartu Warna Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas Vgugus Srikandi Kecamatan Denpasar Timur. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)