PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU KATA BERGAMBAR BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS

Anik Hidayati, Suhandi Astuti

Abstract


Pendidikan diabad 21 merupakan pembelajaran untuk mempersiapkan generasi yang mengedapankan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai media untuk siswa dalam mengembangkan produk berupa buku kata bergambar. Tujuan dari penelitian ini mengembangkan produk untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa SD Kelas II. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development) yang mengacu pada model desain pengembangan ASSURE, yaitu : analys learner, state objectivitas, select method & media or materials, utilize media and materials, require learner participation,dan juga evaluate and revise. Instrumen yang digunakan dalam memperoleh data kualitas media yaitu: lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan lembar validasi ahli rancangan pembalajaran. Keberasilan pengembangan media ini dapat ditinjau dari segi validitas, efektifitas, dan praktis. Hasil penelitian pengembangan media ini dapat dilihat dari tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis buku kata bergambar berbasis android untuk meningkatakan kemampuan membaca siswa kelas II sekolah dasar. Oleh ahli media, keefektifan pengembangan media dapat di peroleh rata-rata keseluruhan sebesar 78,6 % dengan “kategori tinggi”. Ahli materi diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 98% dengan kategori “Sangat tinggi”. Oleh ahli rancangan pembelajaran diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 75% dengan kategori “tinggi”. Dapat di simpulkan bahwa media buku kata bergambar berbasis Android untuk meningkatakan kemampuan menulis siswa dan memiliki “kategori tinggi” sehingga dikategorikan “layak” diuji cobakan. 


Keywords


Android, media pembelajaran, menulis

Full Text:

PDF

References


Astuti, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Penyusunan Instrumen Ranah Sikap Melalui In House Training. Kelola Journal Manajemen Pendidikan, Halaman: 37-47.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Srtandar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Langi, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menulis Dengan Menggunakan Kartu Huruf di Kelas I SD. Jurnal Kreatif Tadulako Online , Vol. 4 No. 8 ISSN 2354-614X 88.Universitas Tadulako.

Rumbiak, A. (2016). Peningkatan Ketrampilan Menulis Cerita Menggunakan Media Gambar di SD Negeri Bangkalan Bantul. Journal Pendidikan Sekolah Dasar, 378-385.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembalajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta: Kencana.

Safitri, S. R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Diskripsi Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Pada Siswa Kelas 1 SDN MARGOANYAR.

Smaldino, L. d. (2011). Instructional Technology & Media Learning. Kencana Prenada Media Group.

Sukamdinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27446

Article Metrics

Abstract view : 789 times
PDF file view : 580 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27446.g15889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal for lesson and learning studies is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.sudirtha@undiksha.ac.id

 


Journal for lesson and learning studies indexed by:

 Crossref  Akreditasi SINTA

 

Creative Commons License

Journal for lesson and learning studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.