Model Kooperatif Tipe Word Square Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.28038Keywords:
Word Square, Hasil BelajarAbstract
Pembelajaran yang masih cenderung menggunakan metode ceramah, dan cenderung menyampaikan terlalu banyak materi menggunakan sistem pembelajaran satu arah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis model pembelajaran word square terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-experimental design (nondesign) berupa one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 22 siswa. Sampel digunakan dari penelitian ini adalah siswa kelas IV yang bersedia menjadi partisipan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari perhitungan t-test diperoleh thitung sebesar 17,8 dan ttabel sebesar 1,72 maka thitung lebih besar dari ttabel. Hasi pretest nilai terendah adalah 50 dan nilai tertinggi adalah 77. Siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa dan siswa yang belum tuntas sebanyak 20 siswa. Untuk posttest nilai terendah adalah 77 dan nilai tertinggi adalah 97, dalam posttest ini semua siswa tuntas dan tidak ada yang tidak tuntas karena semua siswa memahami materi dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran word square efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Adnyana, I. G. A. D., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 79–88. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17661.
Agustina, R. L. (2015). Upaya meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV menggunakan model STAD dan NHT. Journal of EST, 1(3), 31–38. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v12i2.787.
Akbar, U. F., Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (2021). Model Word Square Berbantuan Media Gambar Dalam Pelajaran IPA Konsep Organ Pernapasan Manusia Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Elementary Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 108–111. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/elementary.v4i2.4750.
Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil BelajarIPA Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 23(1), 53–64. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407.
Antari, N. M. W., Arini, N. W., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Berbicara. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 174. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18160.
Ayuningtyas, N. M. D., Darsana, I. W., & Kristiantari, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaan IPA Indonesia, 9(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/2910.
Dewi, N. P. C., Negara, I. G. A. O., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10738.
Febbriana, I. M. R. A., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17737.
Flores, C. (2018). Problem-based science, a constructionist approach to science literacy in middle school. International Journal of Child-Computer Interaction, 16, 25–30. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2017.11.001.
Gusviani, E. (2016). Analisis kemunculan sikap spiritual dan sikap sosial dalam kegiatan pembelajaran IPA kelas IV SD yang menggunakan KTSP dan kurikulum 2013. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 96–100. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5127.
Irianto, D. M. (2016). Pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan memecahkan masalah lingkungan hidup pada siswa yang mempunyai hasil belajar IPA tinggi di sekolah dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(2), 61–73. https://doi.org/10.17509/eh.v6i2.4571.
Izzati, I., Huda, C., & Mushafanah, Q. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Word Square Berbantu Media Puzzle Pada Mata Pelajaran Ips Sd. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2). https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.5079.
Kurniasari, N. P. M., Setuti, N. M., & Margunayasa, I. G. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Tegallalang. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.896.
Lestari, G. A., Negara, I. G. A. O., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10731.
Lestari, K. T., Suarni, N. K., & Suwatra, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas III SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.752.
Nopiyanti, N. K. S., Sulastri, M., & Suwatra, I. I. W. (2016). Penerapan Model Word Square Berbantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7081.
Noviana, S. W., & Fuadi Rahman, A. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Word Square dengan Bantuan Alat Peraga pada Materi Geometri. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 90–95. https://doi.org/10.20527/edumat.v1i1.578.
Perdani, I. G. A. M., Gading, K., & Riastini, P. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Bermotivasi Belajar Berbeda di Kelas IV SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7695.
Puthra, M. W., Renda, N. T., & Murda, I. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa KelaS V. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7650.
Putri, N. M. C. D., Ardana, I., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. International Journal of Elementary Education, 2(3), 211. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960.
Suartika, I. K. A., Ardana, I. K., & Wiarta, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Word Square Berbasis Kearifan Lokal terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. International Journal of Elementary Education, 3(1), 53. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17656.
Susanti, F. R. D., Sumantri, M., & Sudana, D. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Cerita Rakyat Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i3.21094.
Swapranata, A. N. A., Riastini, P. N., & Japa, I. G. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Semester Genap. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7783.
Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V Sd Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959.
Widiana, I. W., Parera, N. P. G., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2019). Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 3(4), 315–322. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i4.22556.
Witari, I. G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10891.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)