Keefektifan Model Contextual Teaching And Learning Berbantu Media Kuphan Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Laili Nur Hidayatul Latifah Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Khusnul Fajriyah Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Fajar Cahyadi Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.28235

Keywords:

Coxtextual Teaching and Learning, Kuphan, Matematika

Abstract

Pembelajaran yang kurang menarik minat belajar dan perhatian siswa menyebabkan timbulnya beberapa hal diantaranya, peserta didik umumnya kurang aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran, kemandirian belajar peserta didik masih kurang mencapai hasil pembelajaran yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model Contextual Teaching and Learning berbantu media Kuphan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas III SDN yang berjumlah 35 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, dokumentasi, tes, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil analisis uji t di peroleh t hitung > t tabel yaitu 9,100 > 1,690. Jadi, Model Contextual Teaching and Learning berbantu media Kuphan dapat meningkatkan dengan hasil belajar siswa.

References

Abu, S. N. (2014). Pembinaan Guru Oleh Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 704–831. e-jurnal.fip.unp.ac.id/index.php/bahan/article/viewFile/3816/3049

Aras, L. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Blok Pecahan Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(1), 40. https://doi.org/10.26858/jkp.v3i1.8164

Ariani, T. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 169. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1802

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Astuti, J., Novita, M., & Ismail, M. S. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Contextual Teaching and Learning di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Raudhatul Mujawwidin Tebo. Jurnal Educative, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30983/educative.v5i1.1630

Cahyani, Y. (2018). Efektivitas Media Blok Pecahan Dan Media Power Point Terhadap Tingkat Pemahaman Konsep Operasi Pecahan Siswa Kelas Vii Smpn 2 Barombong Skripsi. Alauddin Journal of Mathematics Education Journal Homepage, 109–113. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/ajme/article/view/10969

Hartoyo. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(November), 359–365. http://202.0.92.5/tarbiyah/index.php/JPM/article/view/2147

Jaya, H. N. (2017). Keterampilan Dasar Guru untuk Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 23–35. http://103.114.35.30/index.php/didaktis/article/view/1555/1275

Kasdi, K., & Wijayanti, D. N. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris Efektif Melalui Lagu Anak-Anak Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Elementary, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1931

Kasmawati, K., Latuconsina, N. K., & Abrar, A. I. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(2), 70–75. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/3482/3911

Muttaqin, N. H., Yamtinah, S., & Utomo, S. B. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Disertai Diskusi dan Media Hyperchem untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar pada Materi Ikatan Kimia Kelas X 1 SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(1), 62. https://doi.org/10.20961/jpkim.v7i1.24564

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Nurhasanah, I. A., Sujana, A., & Sudin, A. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya. Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya, 1(1), 611–620. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2992

Rahayu, S. E., & Febriaty, H. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pasar Valuta Asing pada Mata Kuliah Ekonomi Internasional 2 (Studi Mahasiswa Semester 5 Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Umsu). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/jimb.v16i2.998

Rahmawati, T. D., Wahyuningsih, W., & Dua Getan, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(1), 83. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i1.8021

Rukajat, A. (2013). Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Mutu Hasil Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 85–111.

Setiawan, Y. U., Asih, I., Yandari, V., & Pamungkas, A. A. N. S. (2020). Pengembangan Kartu Domino Pecahan Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(01), 1–12. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/download/2706/1930

Shophia, A., & Retno Mulyaningrum, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantu Media Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. BIOMA Jurnal Ilmiah Biologi, 6(1). https://doi.org/10.26877/bioma.v6i1.1486

Sutiari, N. L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Tata Graha. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 32. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17107

Syaribuddin, S., Khaldun, I., & Musri, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Audio Visual Pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Penguasaan Konsep Dan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma Negeri 1 Panga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 4(2), 96–105. https://media.neliti.com/media/publications/121123-ID-penerapan-model-pembelajaran-problem-bas.pdf

Tutut Rahmawati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Ipa. Urnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(April), 12–20. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/13765/8672

Ulfah, D. M., & Soenarto, S. (2017). Pengaruh penggunaan media video dan gambar terhadap keterampilan menulis kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 22. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7693

Widiartha, K. D. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic Berbantuan Mutimedia Interaktif Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 145. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15396

Yerizon, Y., Putri, Y. U., Musdi, E., & Permana, D. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 205. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2305

Yusantika, F. D., Suyitno, I., & Furaidah. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan, 3(2), 251–258. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10544

Zulaiha, 2016. (2016). Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan implementasinya dalam rencana pembelajaran. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 1(1). http://journal.staincurup.ac.id/index.php/belajea

Downloads

Published

2020-11-10

How to Cite

Latifah, L. N. H., Fajriyah, K., & Cahyadi, F. (2020). Keefektifan Model Contextual Teaching And Learning Berbantu Media Kuphan Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 338–345. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.28235

Issue

Section

Articles