KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI POGADING

Authors

  • Diah Ristiana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus
  • Masturi Masturi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus
  • Ika Ari Pratiwi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.28296

Keywords:

Kedisiplinan Belajar, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kedisiplinan belajar siswa Kelas IV di SD Negeri Pogading. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pelanggaran kedisiplinan belajar yang dilakukan oleh siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran.Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan berebentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Belajar adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut di tampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seseorang di perlihatkan dalam bentuk bertambahnya kualitas dan kuantitas kemampuan orang itu dalam suatu bidang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek yaitu siswa kelas IV SD Negeri Pogading. Pada pengumpulan data,peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi metode.Dari hasil penelitian yang susdah penelitian lakukan dapat di traik kesimpulan bahwa SDN Pogading belum melaksanakan peraturan sekolah dengan baik. Hal terjadi karena masih ada siswa yang melanggar peraturan sekolah maupun peraturan kelas.

 

References

Siswoyo, Dwi, dkk. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyarto, Ahmad Pujo, dkk. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X SMK LARENDRA BREBES. Jurnal Mimbab Ilmu. Vol. 24; No. 2; 2019; 232-238.

Tu’u, Tulus. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo

Ariananda, Eka S. dkk. (2014). Pengaruh Kedisiplinan Siswa di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Jurnal of Medichal Engineering Education, Vol. 01; N0. 2; 2014; 23 238.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Jakarta: Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Prenamedia.

Aqib, Zainal. (2011). Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak

Bangsa. Bandung: Yrama Widya.

Anggrani, Arum Junia. (2013). Kedisiplinan Terhadap Siswa Kelas V SD

Negeri Prangtritis 1. Skripsi.UNY.

Downloads

Published

2020-09-07

How to Cite

Ristiana, D., Masturi, M., & Pratiwi, I. A. (2020). KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI POGADING. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 165–172. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.28296

Issue

Section

Articles