KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI POGADING
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.28296Keywords:
Kedisiplinan Belajar, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kedisiplinan belajar siswa Kelas IV di SD Negeri Pogading. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pelanggaran kedisiplinan belajar yang dilakukan oleh siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran.Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan berebentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Belajar adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut di tampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seseorang di perlihatkan dalam bentuk bertambahnya kualitas dan kuantitas kemampuan orang itu dalam suatu bidang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek yaitu siswa kelas IV SD Negeri Pogading. Pada pengumpulan data,peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi metode.Dari hasil penelitian yang susdah penelitian lakukan dapat di traik kesimpulan bahwa SDN Pogading belum melaksanakan peraturan sekolah dengan baik. Hal terjadi karena masih ada siswa yang melanggar peraturan sekolah maupun peraturan kelas.
References
Siswoyo, Dwi, dkk. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyarto, Ahmad Pujo, dkk. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X SMK LARENDRA BREBES. Jurnal Mimbab Ilmu. Vol. 24; No. 2; 2019; 232-238.
Tu’u, Tulus. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo
Ariananda, Eka S. dkk. (2014). Pengaruh Kedisiplinan Siswa di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Jurnal of Medichal Engineering Education, Vol. 01; N0. 2; 2014; 23 238.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Jakarta: Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Prenamedia.
Aqib, Zainal. (2011). Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak
Bangsa. Bandung: Yrama Widya.
Anggrani, Arum Junia. (2013). Kedisiplinan Terhadap Siswa Kelas V SD
Negeri Prangtritis 1. Skripsi.UNY.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)