Pengembangan Media Gambar Cerita Berseri Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini

Ni Nyoman Diana Putri Trisna Dewi

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang artinya menghasilkan sebuah produk. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa produk media pembelajaran gambar cerita berseri. Dalam penelitian ini dipergunakan prosedur yang dikembangkan oleh Brog and Gall menggunakan enam tahapan yang terdiri dari desain awal produk, tahap pengembangan produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Di penelitian ini digunakan ahli materi dan ahli media pembelajaran untuk memvalidasi. Di penelitian ini subyeknya ialah guru kelompok B TK Kumara Dharma Kerti. Uji coba yang dilakukan oleh validator ahli materi hasilnya adalah 96,00% dengan kategori sangat baik dan berketerangan sangat layak. Uji coba yang dilakukan oleh validator ahli media pembelajaran hasilnya adalah 92,50% dengan kategori sangat baik dan berketerangan sangat layak. Tanggapan yang diperoleh dari produk yang di uji cobakan terhadap enam orang guru kelompok B didapatkan hasil 92,56% dengan kategori sangat baik dan berketerangan sangat layak. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan maka dinyatakan bahwa produk media pembelajaran gambar cerita berseri untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak yang telah dikembangkan dapat digunakan di TK sebagai media pembelajaran.

 

 


Keywords


Media pembelajaran; gambar cerita berseri; kecerdasan emosional

References


Abbas, S. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Aprinawati, Iis. 2017. “Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 1 No. 1. Hlm 72-80. Tersedia pada laman https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/33

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Gandana, G. 2016. “Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional “Kaulinan Barudak” Di Taman Kanak-Kanak”. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar. Volume 4 No. 1. Hlm 58-72. Tersedia pada laman https://ejournal.upi.edu/index.php/ppd/article/view/21295

HM, Ely Manizar. 2016. “Mengelola Kecerdasan Emosi”. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Volume 2 No. 2. Hlm 198-213. Tersedia pada laman http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/download/1168/987

Izza, E.N 2014. “Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Perkembangan Kecerdasan Emsoional Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Kedunggempol”. Jurnal Mahasiswa Unesa. Volume 3 No. 1. Tersedia pada laman https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/6957

Kholifah. 2018). “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional AUD TK Muslimat Nu 1 Tuban”. Jurnal Pendidikan Anak. Volume 7 No. 1. Hlm 61-75. Tersedia pada laman https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/24446/12003

Kiromi, I.H., Fauziah, P.Y. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Volume 3 No. 1. Hlm 48-59. Tersedia pada laman https://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/5594

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Mahyuddin, Nenny. 2019. Emosional Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ma’rufah, N.F. 2017. “Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Kegiatan Parenting”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Mashar, R. 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana.

Mulyani, Novi. 2016. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.

Nurjannah. (2017). “Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladan”. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. Volume 14 No. 1. Hlm 50-61. Tersedia pada laman http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/hisbah/article/view/1140

Pribadi, B.A. 2017. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Rahayu, A. 2018. “Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Gambar Seri Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Sukarame Bandar Lampung”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Sadiman, A.S. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suryana, Dadan. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini (Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Syamiyah, S., Nurdiyanti, A., Yulianingsih, A. 2018. “Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 1 No. 1. Tersedia pada laman http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/japra/article/download/3234/2165

Tambak, S. 2016. “Metode Bercerita Dalam Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Al-Thariqah. Volume 1 No. 1. Hlm 1-26. Tersedia pada laman https://media.neliti.com/media/publications/195161-ID-metode-bercerita-dalam-pembelajaran-pend.pdf

Utama, F. 2018. “ESQ Way 165: Alternatif Metode Pengembangan Kecerdasan Emosi dan Spiritual Anak”. JECCE Journal of Early Childhood Care and Education. Volume 1 No. 1. Hlm 7-12. Tersedia pada laman http://www.journal2.uad.ac.id/index.php/jecce/article/view/59

Yulita, E., Lusa, H., Dadi, S. 2018. “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional (Emotional Intelligence) Siswa Kelas V SDN 50 Kota Bengkulu”. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Volume 1 No. 3. Hlm 234-239. Tersedia pada laman https://ejournal.unib.ac.id/index.php/juridikdasunib/article/download/6548/3189




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29398

Article Metrics

Abstract view : 409 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal for lesson and learning studies is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.sudirtha@undiksha.ac.id

 


Journal for lesson and learning studies indexed by:

 Crossref  Akreditasi SINTA

 

Creative Commons License

Journal for lesson and learning studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.