Pengembangan Media Pembelajaran Big Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama pada Anak
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29409Keywords:
Kemampuan Kerjasama, Media Pembelajaran, Big PuzzleAbstract
Kurangnya kemampuan kerjasama pada anak usia dini seperti masih mengerjakan tugas kelompok secara indivudu dan masih banyak anak yang tidak mau saling tolong menolong saat melakukan suatu kegiatan menjadi permasalahan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran big puzzle untuk meningkatkan kemampuan kerjasama pada anak kelompok B TK. Jenis penelitian ini ialah penelitian Research & Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, revisi desain, dan tahap uji coba produk. dalam penelitian pengembangan ini melibatkan ahli materi, ahli media sebagai validator. Subyek pada penelitian ini adalah guru TK. Hasil Uji coba yang dilakukan oleh validator ahli materi dengan presentase sebesar 84.00% yang termasuk dalam kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak, validator ahli media dengan presentase skor 93.00% yang termasuk dalam kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran big puzzle ini layak digunakan dan bermanfaat untuk menstimulasi kemampuan kerjasama pada anak usia dini.
References
Abidah, A. F., Rukayah, R., & Dewi, N. K. (2019). SIKAP KERJASAMA MELALUI PERMAINAN BENTENGAN Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/kc.v7i2.36332.
Andriani, J., & Qalbi, Z. (2021). Pengaruh Penggunaan Ape Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini: Studi Literatur. Research in Early Childhood Education and Parenting, 1(2). https://ejournal.upi.edu/index.php/RECEP/article/view/30670.
Anggis, E. vasia, & Wulandari, R. W. (2020). Pengembangan Instrumen Untuk Mengembangkan Kemampuan Kerjasama Mahasiswa. Gema Wiralodra, 11(1), 99–106. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i1.103.
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33.
Elan, E., Muiz L, D. A., & Feranis, F. (2017). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 66–75. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7168.
Fatimah, D. F., & Rohmah, N. (2016). Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Ceria Gondangsari Suowono Jawa Tengah: Tahun Pelajaran 2015-2016. Manageria : Jurnal Manajemen Pendidikan ISlam, 1(2), 247–273. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/manageria.2016.12-05.
Masdudi, M. (2015). Karakteristik Perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 1–26. https://doi.org/10.24235/awlady.v1i2.739.
Maulana, I. M., Yaswinda, Y., & Nasution, N. (2020). Pengenalan Konsep Perkalian Menggunakan Media Rak Telur Rainbow pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.370.
Nurdin, N., & Anhusadar, L. O. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Standar Proses di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 982–993. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.485.
Rochmawati, I., Sutarto, J., & Anni, C. T. (2017). Pengembangan Model Cooperative Learning Melalui Chained Games untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Primary Education, 6(2), 147–158. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpe.v6i2.17568.
Sari, P. P., Utomo, H. B., & Khan, R. I. (2020). Pengembangan Kemampuan Bekerjasama Anakmelalui Permainan Kreatif Pohon Dan Tupai. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.7685.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Swastrini, K. C., Antara, P. A., & Tirtayani, L. A. (2016). Penerapan Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Kelompok B1 di TK Widya Sesana Sangsit. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i2.7764.
Widiana, I. W., Rendra, N. T., & Wulantari, N. W. (2019). Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Kompetensi Pengetahuan Ipa. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 354–362. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22563.
Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 862. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448.
Yuniati, E. (2018). Puzzle Mempengaruhi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di Tk At Taqwa Mekarsari Cimahi. Indonesian Journal of Nursing Practice, 2(2), 65–74. https://doi.org/10.18196/ijnp.2280.
Zhang, Z., Pereira, J. R., Sousa-Sá, E., Okely, A. D., Feng, X., & Santos, R. (2018). Environmental characteristics of early childhood education and care, daily movement behaviours and adiposity in toddlers: A multilevel mediation analysis from the GET UP! Study. Health and Place, 54, 236–243. https://doi.org/10.1016/j.healthplace.2018.10.008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)