PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA PADA ANAK

Made Diana Sintia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media pembelajaran big puzzle untuk meningkatkan kemampuan kerjasama pada anak kelompok B TK Kartika VII-1 Udayana Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan model Research & Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, revisi desain, dan tahap uji coba produk. dalam penelitian pengembangan ini melibatkan ahli materi, ahli media sebagai validator. Subyek pada penelitian ini adalah guru TK Kartika VII-1 Udayana Denpasar. Hasil Uji coba yang dilakukan oleh validator ahli materi dengan presentase sebesar 84.00% yang termasuk dalam kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Validator ahli media  dengan presentase skor 93.00% yang termasuk dalam kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Subyek dalam penelitian ini adalah enam orang guru TK Kartika VII-1 Udayana Denpasar,  memberikan respon penggunaan media dengan presentase 92.00% dengan keterangan sangat baik. berdasarkan hasil uji coba tersebut maka dinyatakan bahwa media pembelajaran big puzzle yang telah dikembangkan dapat digunakan di sekolah taman kanak-kanak sebagai media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Dengan tujuan untuk mempermudah guru dalam meningkatkan kemampuan kerjasama pada anak.

 

 


Keywords


Kemampuan Kerjasama; Media Pembelajaran; Big Puzzle

References


Abidah, Annisa Fathoni, Rukayah Rukayah, dan Nurul Kusuma Dewi. 2019. “Sikap Kerjasama melalui Permainan Bentengan Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Kumara Cendekia 7(2):104.

Afriyati, Lysa. 2019. “Prodi pendidikan guru pendidikan anak usia dini fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah magelang 2019.”

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, Ratih Fitria. 2020. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan AnakUsia 5- 6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang 1.” 11(2).

Cahyadi, Fajar. 2016. “Peningkatan Keaktifan dan Kemampuan Berhitung Melalui Media Puzzle Pada Anak.” (May):31–48.

Distiara, Irvanda Meva. 2015. “Upaya meningkatkan kemampuan kerjasama melalui kegiatan.”

Elan, Elan, Dindin Abdul Muiz L, dan Feranis Feranis. 2017. “Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri.” Jurnal Paud Agapedia 1(1):66–75.

Hako, Hanifa. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Kerjasama Melalui Media Grafis Pada Anak Kelompok A TK Damhil DWP UNG Kota Gorontalo.” 210.

Hartono. 2017. Metode Penelitian Dilengkapi Analisis, Regresi dan Path Analysis dengan IBM SPSS Statistic Version. Riau: Zanafa.

Lestari, Ika, Mumun Nurmilawati, dan Agus Muji Santoso. 2015. “Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas VIII.” Seminar Nasional Pendidikan Biologi 465–71.

Isnaini, Fadhilah. 2015. “Tahun Melalui Penerapan Metode Proyek Improving Cooperation Children Aged 5-6 Years Old Trough Application of.”

Jaiton. 2016. “Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Metode Proyek Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Kecamatan Sekadau Hilir.” I(1):38–46.

Uttari, Sang Ayu Putu Laksmi. 2018. “Pengaruh Metode Eduitainment Terhadap Kemampuan Klasifikasi Anak Taman Kanak-Kanak.” 6(1):105–14.

Lestari, Seni, Suarni, dan Aditya Antara. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6.” Pendidikan Anak Usia Dini 4(2).

Nasution, Dahlia. 2016. “Mengembangkan Sikap Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif.” 35–46.

Nuranisa, Lusi, Mesi Triani, Wida Austin Hidayah, Putri Mei Aurelia, Dede Anwar Sanusi, Nunik Nasyatul K, dan Elfan Fanhas Fatwa Khomaeny. 2018. “Puzzle Sebagai Media Bermain Untuk Melatih Kemandirian Anak Usia Dini.” Early Childhood : Jurnal Pendidikan 2(2a):57–65.

Nurwita, Syisva. 2019. “Pemanfaatan Media Puzzle dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di PAUD AIZA Kabupaten Kepahiang.” Jurnal Pendidikan Tambusai 3(4):803–10.

Rochmawati, Ika, Joko Sutarto, dan Catharina Tri Anni. 2017. “Pengembangan Model Cooperative Learning Melalui Chained Games untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun.” Journal of Primary Education 6(2):147–58.

Sari, Yeni Diana Mella. 2016. “Pengembangan Media Puzzle Berbasis Make A Match Materi Pengambilan Keputusan Bersama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Kelas Va Sdn Bojong Salaman 01 Semarang.” Universitas Negeri Semarang.

Sari, Ratna Yesi. 2018. “Penggunaan Media Puzzle Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 5-6 Tahun.” 19(4):357–63.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati, Isti. 2015. “Penerapan Metode Pembelajaran Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pertiwi XVII Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri.” (September):3–6.

Suyeni, Putu Winda, I Nyoman Wirya, Putu Rahayu Ujianti. 2016. “Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Permainan Tradisional Magoak-Goakan Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama.” 4(2).

Swastrini, Komang Cahya, Putu Aditya Antara, dan Luh Ayu Tirtayani. 2016. “Penerapan Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Kelompok B1 di TK Widya Sesana Sangsit.” Pendidikan Anak Usia Dini 4(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29409

Article Metrics

Abstract view : 310 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal for lesson and learning studies is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.sudirtha@undiksha.ac.id

 


Journal for lesson and learning studies indexed by:

 Crossref  Akreditasi SINTA

 

Creative Commons License

Journal for lesson and learning studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.