Pengembangan Media Magic Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini

Ni Putu Saras Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan media magic book untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model Research & Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Pada penelitian ini melibatkan ahli materi dan ahli media sebagai validator. Subyek dari penelitian ini adalah guru kelompok B TK Pradnyandari I Kerobokan. Hasil uji coba terhadap validator ahli materi dengan persentase skor 80,00%. termasuk kategori baik dengan keterangan layak. Validator ahli media dengan persentase skor 93,00% yang termasuk kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Respon pada penggunaan produk dari enam guru TK dengan persentase skor 93,00% dengan keterangan sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba tersebut maka dinyatakan bahwa media magic book yang telah dikembangkan dapat digunakan dan diterapkan di TK sebagai media pembelajaran yang bertujuan untuk mempermudah guru dalam meningkatkan kemampuan kerjasama anak.

 


Keywords


Kemampuan Kerjasama; Media Pembelajaran; Media Magic Book

References


Amridha, A., & Rahyuddin, J. S. (2020). Meningkatkan Kerjasama Anak Usia 6-7 Tahun Melalui Permainan Tradisional Bakiak. Sipatokkong, 1(1), 1–11.

Achmadi & Aisyah. (2017). Manfaat Kerjasama Dalam Kelompok Saat Bermain. Journal Of Early Childhood and Inclusive Education, 1(1), 64–73. https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/JECIE/article/view/31

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara

Armadi, N. (2018). PERILAKU SOSIAL PADA ANAK KELOMPOK B Jurusan Penddikan Guru Pendiidkan Anak Usia Dini Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidika. Jurnal Pendidikan Abak Usia Dini, 6(2), 115–125. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/download/15320/9340

Dewi, Eka Praba. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/15184

Gustika Ayu. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Kerjasama Anak dalam Bermain Angin Puyuh di TK Al-Akbar Kota Jambi Tahun 2017 / 2018. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 23–31.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.

Hartono. (2017). Metode Penelitian Dilengkapi Analisis Regresindan Path Analysis dengn IBM SPSS Statistic version. Riau. 2019

Khumayah. (2017). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Melalui Permainan Menyusun Puzzle Berkelompok Anak Kelompok A. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. 5(1), 1–9. http://eprints.uny.ac.id/14245/1/Tri%20Yuni%20Astuti%20_10111247038.pdf

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 14(01), 129.

Magta, M., Labore, C., & Christiani, A. (2019). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Problem Solving Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 185–193.

Magta, M., Ujianti, P. R., & Permatasari, E. D. (2019). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan. 24(2), 212–220. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/download/21261/13261

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357

Puspita, A.-, Syafrina, R.-, & Aslindah, A.-. (2019). Meningkatkan Karakter Kerjasama Anakmelalui Bermain Balok Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Pusaka Indah Karang Paci Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(1), 29–28. https://doi.org/10.24903/jw.v4i1.326

Rohayati, T. (2018). Pengembangan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 131–137. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10392

Safitri, D., Afiffuloh, M., Anggraheni, I. (2019). Penggunaan Media Busy Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B1 di RA Panglima Sudirman SumberSekar Dau Malang. Dewantara : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 1(2). 1. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jd/article/viewFile/3215/2859

Shanti, P., Tantiani, F. F., & Dwiastuti, I. (2017). Pengembangan Permainan untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama pada Anak. Psikologi Universitas Negeri Malang, 1–11. http://journal2.um.ac.id/index.php/JSPsi/article/view/601

Supriyono (2018). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAHULUAN Berbicara soal kualitas pendidikan , tidak dapat dilepaskan dari proses pembelajaran di ruang kelas . Pembelajaran di ruang kelas mencakup dua aspek penting yakni guru dan siswa . Guru mempunyai. II, 43–48.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Ulfa, azra aulia, & Rahmah, E. (2017). Pembuatan dan Pemanfaatan Busy Book dalam Mempercepat Kemampuan Membaca untuk Anak Usia Dini di PAUD Budi Luhur Padang Azra. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 6(September), 28–37. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/8121

Yulianto, T. (2018). Efektifitas Media Pembelajaran Busy Book Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Dengan Hambatan Majemuk Kelas X Di SLB Negeri 1 Bantul. Jurnal Widia Ortodidaktika, 7, 748–763. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/plb/article/download/12285/11837

Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 103. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6454




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29411

Article Metrics

Abstract view : 223 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal for lesson and learning studies is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.sudirtha@undiksha.ac.id

 


Journal for lesson and learning studies indexed by:

 Crossref  Akreditasi SINTA

 

Creative Commons License

Journal for lesson and learning studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.