Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Tebak Gambar Profesi Berbasis Adobe Flash

Authors

  • Putu Ayu Cintya Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29421

Keywords:

Kecerdasan Intelektual, Tebak Gambar Profesi, Adobe Flash

Abstract

Banyak guru yang kurang kreatif dalam mengajar di kelas sehingga menciptakan suasana belajar yang tidak menyenangkan. Hal ini mengakibatkan siswa meras bosan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis pegembangan media dan kelayakan permainan tebak gambar profesi berbasis adobe flash untuk meningkatkan kecerdasan intelektual pada anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model. Borg and Gall yang memiliki 6 tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desiain, revisi produk, dan uji coba produk. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Subjek pada penelitian ini yaitu 1 orang ahli materi pelajaran, 1 orang ahli media pembelajaran, dan 6 orang responden untuk uji coba produk. Objek penelitian ini adalah media permainan tebak gambar. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yaitu validasi dari ahli media ahli materi mendapatkan persentase 80,00 % (baik). Validasi ahli media pelajaran mendapatkan persentase 90,00% (sangat baik). Hasil dari reponden 6 orang guru mendapatkan persentase skor 81,28 % dan termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media permainan tebak gambar profesi berbasis adobe flash layak diterapkan dalam proses pembelajaran.

References

Akbar, A. (2015). Pemerolehan Morfem Afiks Bahasa Indonesia Anak Usia 2-6 Tahun Di Paud Buana Desa Banyu Urip Kabupaten Lombok Tengah. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22225/jr.1.2.32.250-257.

Asmariani, A. (2016). Konsep Media Pembelajaran PAUD. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108.

Astuti, R., Sugiharto, B., & Kurniawan, A. (2019). Pengaruh Locus of Control, Ethical Sensitivity, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Tingkat Pendidikan Terhadap Perilaku Etis. Jurnal Aset (Akutansi Riset), 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jaset.v11i2.19921.

Ayuni, I. A. S., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Journal of Education Technology, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503.

Dewi, M. R. S., Murda, I. N., & Pudjawan, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditori Visual Intelektual (SAVI) Terhadap keterampilan Berpikir Kritis IPS Siswa Kelas V di Gugus III Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Mimbar PGSD Undiksha, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.17022.

Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364.

Dianawati, E. P. (2019). Pengaruh Media Tebak Gambar dan Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah UNY, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26855.

Fatmasari, D., Purba, A., & Salikun, S. (2019). Media Permainan Tebak Gambar Efektif Dalam Peningkatan Pengetahuan Dan Tindakan Menyikat Gigi Dibandingkan Media Booklet. Jurnal Kesehatan Gigi, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31983/jkg.v6i1.4447.

Fransisca, F., & Isak, Y. R. (2016). Perancangan Aplikasi Alat Bantu Ajar Tebak Gambar Dengan Visual Studio 2010 Pada Sekolah Dasar Perguruan Buddhi. Jurnal Sisfokom, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32736/sisfokom.v5i1.27.

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). The effect of project based learning with virtual media assistance on student’s creativity in physics. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514.

Gustiana, A. D., & Puspita, R. D. (2020). The Effect of Educative Games on the Physical Fitness of Kindergarten Children. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i2.24518.

Hanifah, & Budiman. (2019). Pengaruh Model Open Ended Problem Berbantu Media Kotak Telur Pelangi ( Kotela ) Terhadap Hasil Belajar. Journal of Education Technology., 3(3), 1–137. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i3.21734.

Herlina, L., & Suwatno, S. (2018a). Kecerdasan Intelektual Dan Minat Belajar Sebagai Determinan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11771.

Herlina, & Suwatno. (2018b). Kecerdasan Intelektual Dan Minat Belajar Sebagai Determinan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11771.

Ladjar, M. A. B., Juliantine, T., & Mulyana. (2018). Pengaruh Model Problem-Based Learning dan Discovery Learning serta Kecerdasan Intelektual terhadap Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.9837.

Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178.

Manurung, A. K. R., Wulan, S., & Purwanto, A. (2021). Permainan Outdoor dalam Membentuk Kemampuan Ketahanmalangan pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1807–1814. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1030.

Maqfiroh, Khutobah, & Budyawati. (2020). Pengembangan Media MOTIF (Monopoli Edukatif) dalam Pembelajaran berbasis Multiple intelligence. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 64–74. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/24230/12062.

Mardliyah, S., Yulianingsih, W., & Putri, L. S. R. (2021). Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665.

Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2021). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508.

Ningsi, N., & Salwiah, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Visual-Spasial Melalui Kegiatan Tebak Gambar Menggunakan Media Flip Chart. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 1(3). https://doi.org/10.36709/jrga.v1i3.9109.

Nityanasari, D. (2020). Alat Permainan Edukatif Pasak Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/yby.4.1.9-14.

Nuraini, F. (2017). Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi Dasar Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderating. Journal of Accounting Science, 1(2). https://doi.org/10.21070/jas.v1i2.892.

Nurani, Y., & Mayangasri, T. (2017). Pengembangan Model Kegiatan Sentra Bermain Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.112.15.

Nuryati, N. (2017). Perkembangan Intelektual Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/1346.

Perdina, S., Safrina, R., & Sumadi, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Sosial melalui Bermain Kartu Estafet pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.222.

Puspitasari, & Murda. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran IOC Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 6(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19470.

Puspitorini, Subali, & Jumadi. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Cakrawala Pendidikan, 33(3), 413–420. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2385/pdf.

Putra, I. G. D., & Sujana. (2020). Hasil belajar IPS menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning Berbasis Media Animasi. Journal of Educational Technology, 4, 103–109. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v4i2.25099.

Qumillaila, Susanti, & Zulfiani. (2017). Pengembangan Augmented Reality Versi Android Sebagai Media Pembelajaran Sistem Ekskresi Manusia. Cakrawala Pendidikan, 34(1), 57–69. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/9786/pdf. %0A.

Ratnadi, N. W. R. W. N. M. D. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Dan Perilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJA.2017.v20.i02.p10.

Said, A. N., & Rahmawati, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19357.

Sari, P. E., Koto, I., & Sakti, I. (2019). Hubungan Kecerdasan Intelektual Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.49-56.

Seika Ayuni, I. G. a. P. A., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V. Journal of Education Technology, 1(3), 183. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503.

Suaeb, S., Degeng, I. N. S., & Amirudin, A. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Tebak Gambar. Jurnal Pendidikan : Teori , Penelitian Dan Pengembangan, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10435.

Sunismi. (2015). Developing Guided Discovery Learning Materials Using Mathematics Mobile Learning Application As An Alternative Media For The Students Calculus II. Cakrawala Pendidikan, 34(5). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7340.

Swastrini, Antara, P. A., & Tirtayani, L. A. (2016). Penerapan Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Kelompok B1 di TK Widya Sesana Sangsit. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i2.7764.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735.

Wisnu, & Komang. (2019). Menanamkan Konsep Catur Paramita Pada Anak Usia Dini Di Lingkungan Keluarga Dan Sekolah. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 41–46. https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.737.

Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Media Video Scribe Dalam Pembelajaran Literasi Sains Untuk Mahasiswa PGPAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436.

Za’im, M. (2016). Pendidikan Anak dalam Pengembangan Kecerdasan IQ, EQ dan SQ (Studi Kitab Tuhfat Al -Mawdud Bi Ahkam Al- Mawlud Karya Ibnu Al- Qayyim Al- Jauziyah). Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.743.

Downloads

Published

2020-10-20

How to Cite

Pratiwi, P. A. C. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Intelektual Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Tebak Gambar Profesi Berbasis Adobe Flash. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 416–424. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29421

Issue

Section

Articles