Pengembangan Media Panggung Boneka Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak

ida ayu putu sweniti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kelayakan dan merancang media panggung boneka interaktif serta mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap pengembangan media panggung boneka interaktif untuk perkembangan interaksi sosial anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 1 Denpasar. Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap Define, Design, Development, Disseminate. Dalam penelitian ini melibatkan ahli materi dan ahli desain media pembelajaran sebagai validator. Subjek dari penelitian ini adalah guru TK Kemala Bhayangkari 1 Denpasar.  Hasil uji coba terhadap validator ahli materi dengan persentase skor 86% yang termasuk kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Validator ahli media pembelajaran dengan persentase skor  85% yang termasuk kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Respon penggunaan produk dari enam orang guru TK dengan persentase skor 86,11% yang termasuk kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak.  Berdasarkan hasil ujicoba tersebut maka dinyatakan bahwa media pembelajaran panggung Boneka Interaktif yang telah dikembangkan dapat digunakan di TK sebagai media pembelajaran dengan tujuan untuk mempermudah guru dalam proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, dari semua aspek penilaian terbukti bahwa media pembelajaran boneka interaktif sangat layak dan cocok untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

 

 


Keywords


media pembelajaran; interaksi sosial; panggung boneka interaktif

References


Afif, M. (2019). Penerapan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Baca Kitab di Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in. KABILAH : Journal of Social Community. https://doi.org/10.35127/kbl.v4i2.3592

Anwar, M. K. (2016). Hubungan antara konsep diri dengan interaksi sosial pada perawat di rumah sakit islam surakarta. Blucher Design Proceedings.

Efendi, A., Astuti, P. I., & Rahayu, T. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Baru Terhadap Pola. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 18, No. 2, Agustus 2017: 12-24.

Nur Rachma Permatasary, R. I. (2016). Interaksi Sosial Penari Bujangganong Pada SALE CREATIVE COMMUNITY. Journal of Educational Social Studies.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.40

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran anak usia dini. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].

Nasional, D. P. (2005). Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional 2005-2009. Pusat tsb.

Nitami, Y. (2018). PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL SISWA MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NATAR TAHUN AJARAN 2017/2018.

Latifah, U., & Sagala, A. C. D. (2014). Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Permainan Tradisional Jamuran Pada Anak Kelompok B Tk Kuncup Sari Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2 Oktober).

HIDAYATI, D. N., & Suyatman, S. P. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DI MI SE-KECAMATAN KARTASURA TAHUN AJARAN 2017/2018 (Doctoral dissertation, IAIN Surakarta).

ASTRI R, I. N. D. A. H. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA TIGA DIMENSI (BONEKA TANGAN) MATERI POKOK PERILAKU KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN MATA PELAJARAN PPKn UNTUK SISWA KELAS I SD AL FATAH SURABAYA. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 6(1).

Fakhrudin, Ali & AriniI.U. 2015. “Pengembangan Media Boneka Tangan pada Tema Lingkungan Kelas II SD Negeri 02 Medayu Kabupaten Pemalang”.Jurnal Universitas Sebelas Maret Surakarta dan ISPI Wilayah JawaTengah. Vol. 2: 1-6.

No, U. U. (20). tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional.

Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldman, R. D. (2008). Human development (psikologi perkembangan). Jakarta: kencana.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke). Bandung: CV Alfabeta.

Trianto, 2010.Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v3i3.29423

Article Metrics

Abstract view : 283 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal for lesson and learning studies is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: gede.sudirtha@undiksha.ac.id

 


Journal for lesson and learning studies indexed by:

 Crossref  Akreditasi SINTA

 

Creative Commons License

Journal for lesson and learning studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.