Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.29794Keywords:
Instrumen Penilaian, Kompetensi Pengetahuan IPAAbstract
Belum adanya instrumen penilaian kompetensi pengetahuan IPA yang layak dalam menilai proses pembelajaran IPA menyebabkan kurang optimalnya proses penilaian. Tujuan penelitian yaitu merancang instrumen penilaian kompetensi pengetahuan IPA yang dilihat dari segi validitas, reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model RDR (Research Development Research) Borg & Gall dengan tahapan-tahapan yaitu: (1) studi pendahuluan (research), (2) mengembangkan produk (development), dan (3) validasi produk (research). Subjek penilaian penelitian ini yaitu instrumen penilaian kompetensi pengetahuan IPA yang terdiri atas kisi-kisi tes, tes obyektif pilihan ganda, lembar penilaian, dan rubrik penilaian dengan jumlah pertanyaan sebanyak 40 butir. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes obyektif pilihan ganda. Instrumen tes yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda untuk menilai kompetensi pengetahuan siswa. Metode analisis data validitas isi menggunakan rumus Gregory. Hasil penelitian ini adalah uji validitas isi sebesar 1.00 termasuk kategori sangat tinggi, uji validitas butir dihasilkan 32 butir tes valid, uji reliabilitas tes sebesar 0,816 termasuk kriteria sangat tinggi, analisis daya beda soal tidak diperoleh soal dengan kriteria sangat baik, 13 soal cukup baik, 3 soal baik, dan 16 soal kurang baik, analisis tingkat kesukaran diperoleh hasil bahwa terdapat 13 soal dengan kriteria mudah dan 19 soal dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka instrumen penilaian kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD yang telah dirancang layak digunakan.
References
Dessy Wiranti, N. P., Suniasih, N. W., & Darsana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa. Journal of Education Technology, 1(3), 204. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12506.
Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.825.
Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644.
Hardiani, I. N. (2017). Pengembangan instrumen penilaian sikap sosial pembelajaran IPS kelas IV SD. E-Journal Mitra Pendidikan, 1(6), 615–628. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Inteni, K. A. S., Candiasa, I. M., & Suarni, N. K. (2013). Pengembangan instrumen tes objektif pilihan ganda yang diperluas berbasis web untuk mata pelajaran TIK kelas XI SMAN di Kabupaten Karangasem. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, Vol 3(5). http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_ep/article/view/1039/787.
Juniarta, A. T., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) kelas XI semester gasal. 1(8), 1659–1664. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jp.v1i8.6704.
Koyan, I. W. (2012). Konstruksi Tes. Undiksha Press.
Megita Rani, N. M. A., Ardana, I. K., & Oka Negara, I. G. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Tradisional Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar Ilmu, 24(3), 345. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21676.
Ningsih, R., Susantini, E., & Sugiarto, B. (2017). Pembelajaran IPATerpadu Tipe Connected Terhadap Kompetensi Pengetahuan Dan Keterampilan Siswa Smp Negeri 2 kelumpang Tengah. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 6(2), 1355–1362. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jpps.v6n2.p1355-1362.
Purwaningrat, K. W., Antara, P. A., & Suarjana, I. M. (2021). Instrumen Penilaian Perseptual Motorik Siswa Pada Mata Pelajaran SBdP SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 128–138. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.33225.
Putri, N. M. C. D., Ardana, I., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. International Journal of Elementary Education, 2(3), 211. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960.
Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 : Teori dan Praktek. Lembaga Academis & Research Institute.
Riscaputantri, A., & Wening, S. (2018). Pengembangan instrumen penilaian afektif siswa kelas IV sekolah dasar di Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 231–242. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.16885.
Sa’adah, E. N. L., & Sigit, D. (2018). Pengembangan instrumen penilaian sikap dan keterampilan psikomotorik pada materi elektrokimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(8), 1023–1026. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I8.11405.
Setemen, K. (2018). Pengembangan Dan Pengujian Validitas Butir Instrumen Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 178–187. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14197.
Suantara, I. K. T., Ganing, N. N., & Wulandari, I. G. A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media TTS terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 473. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21783.
Widiana, I. W., Parera, N. P. G., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2019). Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 3(4), 315–322. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i4.22556.
Widiasari, N. K. R., & Sumantri, M. (2020). Kooperatif Tipe Group Investigation Melalui Setting Lesson Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 143. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25094.
Wulandari, A. I., & Radia, E. H. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 10–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979.
Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 247. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.257.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)