Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Perencanaan Karir Remaja Karang Taruna

Authors

  • Nur Hidayatussani Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Siti Fitriana Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Desi Maulia Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.30680

Keywords:

Dukungan Sosial, Perencanaan Karir

Abstract

Kurangnya dukungan dan arahan dari orang tua terhadap perencanaan karir remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dukungan sosial orangtua dengan perencanaan karir remaja karang taruna. Penelitian ini menggunakan metode korelasi. Populasi dalam penelitian adalah remaja Karang Taruna desa Wonosalam dengan jumlah 142 remaja. Kelompok 4 adalah kelompok yang dipergunakan untuk try out sebanyak 35 remaja. Sampel dalam penelitian yaitu 107 remaja kelompok 1, kelompok 2 dan kelompok 3 dengan menggunakan aplikasi google form. Metode ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasi, teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologis dukungan sosial orang tua. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kecenderungan variabel dukungan sosial orang tua pada remaja karang taruna berada pada kategori tinggi dengan prosentase sebesar 78% dan pada tingkat kecenderungan variabel perencanaan karir pada remaja karang taruna berada pada kategori tinggi dengan prosentase sebesar 73%, variabel dukungan sosial orang tua memiliki prediksi positif terhadap perencanaan karir remaja dengan signifikan 0,000 > 0,005 dengan product moment sebesar 0,451. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan perencanaan karir remaja.

References

Afiif, A., & Makkulau, A.-F. B. (2017). Motivasi Belajar Biologi Siswa Sma Ditinjau Dari Pola Asuh Orangtua Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya. Jurnal Psikologi Perseptual, 1(2), 62–69. https://doi.org/10.24176/perseptual.v1i2.1636.

Aristya, D. N., & Rahayu, A. (2018). HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA KELAS X SMA ANGKASA I JAKARTA. Jurnal At Taujih, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15548/atj.v4i1.507.

Aza, I. N., Atmoko, A., & Hitipeuw, I. (2019). Kontribusi Dukungan Sosial, Self-Esteem, dan Resiliensi terhadap Stres Akademik Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 491–498. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12285.

Dewi, R. (2017). Hubungan Efikasi Diri Dan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Kematangan Karir Pada Mahasiswa Keperawatan STIKes Muhammadiyah Lhokseumawe. ANALITIKA, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31289/analitika.v9i1.739.

Falentini, F. Y., Taufik, T., & Mudjiran, M. (2013). Usaha Yang Dilakukan Siswa Dalam Menentukan Arah Pilihan Karir Dan Hambatan-Hambatan Yang Ditemui. Konselor, 2(1), 310–316. https://doi.org/10.24036/02013211266-0-00.

Hidayati, A. (2015). Perencanaan Karir Sebagai Bentuk Investasi Pendidikan Siswa Smk (Studi Kasus Di Smk Negeri 1 Batang). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2). https://doi.org/https://doi.org/10.2317/jpis.v25i2.1531.

Jumeno, J., Sugiyo, S., & Djafar, M. (2020). PENGARUH PEKERJAAN ORANG TUA DAN LAYANAN INFORMASI KARIR TERHADAP KEMATANGAN KARIR MELALUI MINAT KARIR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 PRINGSURAT. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 151–160. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1199.

Khairun, D. Y., Sulastri, M. S., & Hafina, A. (2016). Kematangan Eksplorasi Karir Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Konseling, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v1i1.1860.

Khusna, N., Karyanta, N. A., & Setyanto, A. T. (2017). Hubungan antara adversity quotient dan dukungan keluarga dengan kematangan karir remaja yatim di SMA di Surakarta. Wacana, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.13057/wacana.v9i1.101.

Kusumaningrum, E., & Dewi, N. K. (2016). Perbedaan Perilaku Prososial Dan Self Awareness Terhadap Nilai Budaya Lokal Jawa Di Tinjau Dari Jenis kelamin Pada Siswa SMA Kyai Ageng Basyariyah kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Ilmiah Counsellia, 6(2). https://doi.org/http://doi.org/10.25273/counsellia.v6i2.1014.

Listyowati, A., Andayani, T. R., & Karyanta, N. A. (2012). HUBUNGAN ANTARA KEBUTUHAN AKTUALISASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEMATANGAN KARIR PADA SISWA KELAS XII SMA N 2 KLATEN. Wacana, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.13057/wacana.v4i2.23.

Lubis, R. H., Lubis, L., & Aziz, A. (2015). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Kecerdasan Emosional Dengan Self-Regulated Learning Siswa. Analitika, 7(2), 105–117. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/analitika.v7i2.825.

Ma’rufi, A. R., Mujidin, M., & Yuzarion, Y. (2020). Hubungan konsep diri dan dukungan sosial orang tua terhadap kematangan karier siswa ma madania. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 133–145. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/wahanaislamika.v6i2.135.

Mahmudi, M. H., & Suroso, S. (2014). Efikasi Diri, Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 183–194. https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.382.

Putrie, C. A. R. (2019). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua, Minat Belajar Dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Pada SMANegeri Akreditasi A Di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 18–26. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.17977/UM014v12i12019p018.

Rangka, I. B., Prasetyaningtyas, W. E., & Satriatna, H. (2017). Profil Perencanaan Karir Siswa Sekolah Menengah Kejuruan dengan Pemodelan Rasch Berdasarkan Jenis Kelamin. Konselor, 6(2), 39–48. https://doi.org/10.24036/02017627567-0-00.

Situmorang, Z. R. D., & Latifah, M. (2014). Pengaruh Dukungan Sosial, Konsep Diri, dan Strategi Pengaturan Diri dalam Belajar terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 7(3), 154–163. https://doi.org/https://doi.org/10.24156/jikk.2014.7.3.154.

Sukmawati, D. (2017). Pengaruh Prestasi Belajar, Dukungan Sosial Keluarga Dan Teman Sebaya Terhadap Literasi Keuangan Siswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4(1), 30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jepk.v4n1.p30-41.

Wijayanti, R., Sunarti, E., & Krisnatuti, D. (2020). Peran Dukungan Sosial dan Interaksi Ibu-Anak dalam Meningkatkan Kesejahteraan Subjektif Remaja pada Keluarga Orang Tua Bekerja. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(2), 125–136. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.2.125.

Wulandari, A., Maslihah, S., & Setiadi, A. (2020). Penguatan Orientasi Karir Bidang Otomotif Anak Didik Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Jurnal Psikologi Insight, 4(1), 45–52. https://doi.org/10.17509/insight.v4i1.24637.

Downloads

Published

2021-06-28

How to Cite

Hidayatussani, N., Fitriana, S., & Maulia, D. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Perencanaan Karir Remaja Karang Taruna. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 107–111. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.30680

Issue

Section

Articles