Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Perencanaan Karir Remaja Karang Taruna
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.30680Keywords:
Dukungan Sosial, Perencanaan KarirAbstract
Kurangnya dukungan dan arahan dari orang tua terhadap perencanaan karir remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dukungan sosial orangtua dengan perencanaan karir remaja karang taruna. Penelitian ini menggunakan metode korelasi. Populasi dalam penelitian adalah remaja Karang Taruna desa Wonosalam dengan jumlah 142 remaja. Kelompok 4 adalah kelompok yang dipergunakan untuk try out sebanyak 35 remaja. Sampel dalam penelitian yaitu 107 remaja kelompok 1, kelompok 2 dan kelompok 3 dengan menggunakan aplikasi google form. Metode ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasi, teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologis dukungan sosial orang tua. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kecenderungan variabel dukungan sosial orang tua pada remaja karang taruna berada pada kategori tinggi dengan prosentase sebesar 78% dan pada tingkat kecenderungan variabel perencanaan karir pada remaja karang taruna berada pada kategori tinggi dengan prosentase sebesar 73%, variabel dukungan sosial orang tua memiliki prediksi positif terhadap perencanaan karir remaja dengan signifikan 0,000 > 0,005 dengan product moment sebesar 0,451. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan perencanaan karir remaja.
References
Afiif, A., & Makkulau, A.-F. B. (2017). Motivasi Belajar Biologi Siswa Sma Ditinjau Dari Pola Asuh Orangtua Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya. Jurnal Psikologi Perseptual, 1(2), 62–69. https://doi.org/10.24176/perseptual.v1i2.1636.
Aristya, D. N., & Rahayu, A. (2018). HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DAN KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA KELAS X SMA ANGKASA I JAKARTA. Jurnal At Taujih, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15548/atj.v4i1.507.
Aza, I. N., Atmoko, A., & Hitipeuw, I. (2019). Kontribusi Dukungan Sosial, Self-Esteem, dan Resiliensi terhadap Stres Akademik Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 491–498. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12285.
Dewi, R. (2017). Hubungan Efikasi Diri Dan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Kematangan Karir Pada Mahasiswa Keperawatan STIKes Muhammadiyah Lhokseumawe. ANALITIKA, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31289/analitika.v9i1.739.
Falentini, F. Y., Taufik, T., & Mudjiran, M. (2013). Usaha Yang Dilakukan Siswa Dalam Menentukan Arah Pilihan Karir Dan Hambatan-Hambatan Yang Ditemui. Konselor, 2(1), 310–316. https://doi.org/10.24036/02013211266-0-00.
Hidayati, A. (2015). Perencanaan Karir Sebagai Bentuk Investasi Pendidikan Siswa Smk (Studi Kasus Di Smk Negeri 1 Batang). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2). https://doi.org/https://doi.org/10.2317/jpis.v25i2.1531.
Jumeno, J., Sugiyo, S., & Djafar, M. (2020). PENGARUH PEKERJAAN ORANG TUA DAN LAYANAN INFORMASI KARIR TERHADAP KEMATANGAN KARIR MELALUI MINAT KARIR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 PRINGSURAT. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 151–160. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1199.
Khairun, D. Y., Sulastri, M. S., & Hafina, A. (2016). Kematangan Eksplorasi Karir Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Konseling, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v1i1.1860.
Khusna, N., Karyanta, N. A., & Setyanto, A. T. (2017). Hubungan antara adversity quotient dan dukungan keluarga dengan kematangan karir remaja yatim di SMA di Surakarta. Wacana, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.13057/wacana.v9i1.101.
Kusumaningrum, E., & Dewi, N. K. (2016). Perbedaan Perilaku Prososial Dan Self Awareness Terhadap Nilai Budaya Lokal Jawa Di Tinjau Dari Jenis kelamin Pada Siswa SMA Kyai Ageng Basyariyah kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Ilmiah Counsellia, 6(2). https://doi.org/http://doi.org/10.25273/counsellia.v6i2.1014.
Listyowati, A., Andayani, T. R., & Karyanta, N. A. (2012). HUBUNGAN ANTARA KEBUTUHAN AKTUALISASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEMATANGAN KARIR PADA SISWA KELAS XII SMA N 2 KLATEN. Wacana, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.13057/wacana.v4i2.23.
Lubis, R. H., Lubis, L., & Aziz, A. (2015). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Kecerdasan Emosional Dengan Self-Regulated Learning Siswa. Analitika, 7(2), 105–117. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/analitika.v7i2.825.
Ma’rufi, A. R., Mujidin, M., & Yuzarion, Y. (2020). Hubungan konsep diri dan dukungan sosial orang tua terhadap kematangan karier siswa ma madania. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 133–145. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/wahanaislamika.v6i2.135.
Mahmudi, M. H., & Suroso, S. (2014). Efikasi Diri, Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 183–194. https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.382.
Putrie, C. A. R. (2019). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua, Minat Belajar Dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Pada SMANegeri Akreditasi A Di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 18–26. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.17977/UM014v12i12019p018.
Rangka, I. B., Prasetyaningtyas, W. E., & Satriatna, H. (2017). Profil Perencanaan Karir Siswa Sekolah Menengah Kejuruan dengan Pemodelan Rasch Berdasarkan Jenis Kelamin. Konselor, 6(2), 39–48. https://doi.org/10.24036/02017627567-0-00.
Situmorang, Z. R. D., & Latifah, M. (2014). Pengaruh Dukungan Sosial, Konsep Diri, dan Strategi Pengaturan Diri dalam Belajar terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 7(3), 154–163. https://doi.org/https://doi.org/10.24156/jikk.2014.7.3.154.
Sukmawati, D. (2017). Pengaruh Prestasi Belajar, Dukungan Sosial Keluarga Dan Teman Sebaya Terhadap Literasi Keuangan Siswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 4(1), 30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jepk.v4n1.p30-41.
Wijayanti, R., Sunarti, E., & Krisnatuti, D. (2020). Peran Dukungan Sosial dan Interaksi Ibu-Anak dalam Meningkatkan Kesejahteraan Subjektif Remaja pada Keluarga Orang Tua Bekerja. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(2), 125–136. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.2.125.
Wulandari, A., Maslihah, S., & Setiadi, A. (2020). Penguatan Orientasi Karir Bidang Otomotif Anak Didik Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Jurnal Psikologi Insight, 4(1), 45–52. https://doi.org/10.17509/insight.v4i1.24637.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)