Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring

Authors

  • Feby Fadilla Rahmawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Deka Setiawan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Mila Roysa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.32506

Keywords:

Faktor Penyebab, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring

Abstract

Munculnya pandemi covid-19 mengakibatkan terhambatnya proses belajar mengajar, pemerintah menerapkan program pembelajaran jarak jauh skala besar untuk menjangkau siswa dari jarak jauh karena proses pembelajaran tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka untuk menghindari penyebaran covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar terhadap pembelajaran daring serta untuk mengetahui peran guru dalam menerapkan pembelajaran daring pada siswa kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer yaitu guru kelas, orang tua siswa dan siswa kelas IV SD sedangkan data sekunder akan dijadikan sebagai pendukung penelitian yang akan didapatkan melalui dokumentasi dan catatan penelitian. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi kegiatan dan pencatatan. Keabsahan data menggunakan Credibility, Transferbility, Reliability, Confirmability. Dari hasil penelitian ditemukan factor penyebab kesulitan belajar terhadap pembelajaran daring pada siswa kelas IV SD minat belajar siswa masih rendah, terlihat dari sikap yang ditunjukkan siswa yaitu siswa sulit untuk mempunyai kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan materi pelajaran yang di sampaikan secara online, kurang ketertarikan siswa terhadap materi yang disampaikan secara daring, siswa merasa bosan dan jenuh dalam mengikuti materi pelajaran yang disampaikan guru, siswa tidak dapat mengendalikan dirinya untuk mengikuti kegiatan belajar yang baik.peran yang dilakukan oleh guru SD dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu guru berusaha menjalankan perannya sebagai demonstrator guru berperan sebagai pendidik dan pengajar, guru sebagai pengelola pembelajaran, guru sebagai mediator dan fasilitator, dan guru sebagai evaluator.

References

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659

Alya, J., Mexda, P., Mukhaiyar, R., Stake, C., & Mertayasa, E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Daring Pada Perkuliahan Di Laboratorium Dasar Dan Pengukuran UNP. Ranah Research : Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.31933/rrj.v4i1.416.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Aureza, R., & Ardin, A. (2021). Pengaruh Media Daring Terhadap Kepuasan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMPN 35 Bekasi. Jurnal Pendidikan, 30(1). https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1832. DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1832

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095. DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Engko, C., & Usmany, P. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online. Jurnal Akuntansi, 6(1), 23–38. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jak/article/view/2709/2283.

Fitriani, rita. (2021). Kesiapan Mahasiswa Calon Guru Mengikuti Pembelajaran Fisika Secara Daring Saat Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(2), 90–96. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i2.63. DOI: https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i2.63

Handayani, L. (2020). Keuntungan , Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), 1(2), 16. https://www.jiemar.org/index.php/jiemar/article/view/36/24.

Herlina, N. (2020). Manajemen Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Civics & Social Studies, 4(2), 102–108. https://doi.org/10.31980/civicos.v4i2.925. DOI: https://doi.org/10.31980/civicos.v4i2.925

Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring matematika pada masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 533–541. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/537.

Jaidi, R. O., Amalia, A. R., & Uswatun, D. A. (2021). Analisis Peran Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Masa Pandemi Covid-19 Di SDIT Al-Ummah Cibadak. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1702. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1702

Kartini, E., Mimbar, L., & Izrawati. (2021). Tantangan Dalam Pembelajaran Perguruan Tinggi Dan Implementasi Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 9(2), 43–50. https://doi.org/10.53952/jir.v9i2.321. DOI: https://doi.org/10.53952/jir.v9i2.321

Kurniasari, W., Murtono, & Setiawan, D. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Blended Learning Berbasis Pada Google Classroom. Jurnal Educatio, 7(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.891. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.891

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Mapicayanti, Jamaludin, & Ahmad, F. (2018). Perancangan media pembelajaran berbasis video tutorial mendesain jaringan lokal/LAN kelas X TKJ. Jurnal Pendidikan Informatika, 2(2). https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i2.913. DOI: https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i2.913

Marharjono, M. (2020). Manfaat Pembelajaran Sejarah Menggunakan Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.155. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.155

Mariam, P., & Lisnawati, C. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir HOTS Mahasiswa. Junral Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 22(2). https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v22i2.1588.

Mu’ayyadah, M., & Fatmawati, N. (2021). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Pembelajaran E-Learning Google Classroom Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal of Social Science and Education, 2(1). https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.2364. DOI: https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.2364

Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(1), 123–144. https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/1347/1115.

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769. DOI: https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769

Nuhman, M., & Mahfud, S. S. (2020). Membangun Lingkungan Sekolah Kreatif Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Kajian Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(3). https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i3.2413.

Nur, A. S. (2021). Potret Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(1), 27–35. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss1pp27-35. DOI: https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss1pp27-35

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Pertiwi, M., Andriany, A. R., Pratiwi, A., & Mulamukti, A. (2021). Gambaran Peran Orang Tua dalam Efektivitas Model Pembelajaran Daring pada Siswa Berkebutuhan Khusus. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(10), 5118. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i10.4361. DOI: https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i10.4361

Prijanto, J. H., & Kock, F. De. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4318.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Refendi, T. P., Pridana, R. E., & Maula, L. H. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Berbasis Komunikasi dalam Jaringan (Daring) Siswa Kelas IV Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Persada, III(3), 115–120. https://doi.org/10.37150/perseda.v3i3.831. DOI: https://doi.org/10.37150/perseda.v3i3.831

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768

Salmia, S., & Yusri, A. M. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21 Di Masa Pandemik Covid-19. Indosian Jurnal of Primary Education, 5(1). https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i1.31955. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i1.31955

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. puji, & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138. DOI: https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Salsabila, U. H., Sofia, M. N., & Seviarica, H. P. (2020). URGENSI PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221. DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Evaluation Values and Character Education Journal, 3(1). https://doi.org/ 10.23887/ivcej.v3i1.27830.

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13. DOI: https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13

Sodik, M., Sahal, Y. F. D., & Herlina, N. H. (2019). Pengaruh Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Alquran Hadis. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 97. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.359. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.359

Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Wardani, N., & Putri, R. hapsari. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Problem Based Learning dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 26(1), 138. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33195. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33195

Widodo, A., & Nursaptin, N. (2020). Problematika Pembelajaran Daring dalam Perspektif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.30651/else.v4i2.5340. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v4i2.5340

Winarsieh, I., & Rizqiyah, I. P. (2020). Peranan Guru dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid - 19 Authors. Indonesian Journal Of Educational, 4(1). https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/212.

Downloads

Published

2021-12-04

How to Cite

Rahmawati, F. F., Setiawan, D., & Roysa, M. (2021). Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 302–308. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.32506

Issue

Section

Articles