Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Model Quantum Teaching

Kadek Devi Mediawadi, I Ketut Trimawan

Abstract


Pembelajaran saat ini yang masih berpusat pada guru yang berdampak pada rendahnya hasil belajar dan keaktifan siswa dalam belajar IPA. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan model quantum teaching. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengadaptasi model penelitian PTK dari Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini berjumlah berjumlah 41 orang. Data aktivitas belajar dikumpulkan dengan lembar observasi dan rubrik penilaian, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes objektif. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan. Terjadi peningkatan hasil belajar IPA siswa. Hasil tes akhir pada siklus II menunjukkan hanya 5 orang siswa yang hasil belajarnya berada di bawah KKM dan 36 siswa mendapat nilai sama atau di atas KKM. Diantara 36 siswa yang mendapat nilai di atas KKM, terdapat 16 orang siswa yang mendapat nilai sempurna. Nilai rata-rata siswa juga meningkat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD.


Keywords


IPA; Quantum Treaching

Full Text:

PDF

References


Alharis, Z., Zufriady, Z., & N, L. (2021). Implementing Quantum Teaching Model To Increase Students’ Learning Outcomes On Sbdp Subject At Grade Iva Sd Cendana Rumbai. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(3), 663–674. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i3.8023 IMPLEMENTING.

Andriani, N., Saparini, S., & Akhsan, H. (2018). Kemampuan Literasi Sains Fisika Siswa SMP Kelas VII Di Sumatera Selatan Menggunakan Kerangka PISA (Program for International Student Assesment). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 278–291. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5288.

Ariana, I. G. Y., Agustina, I. G. A. T., & Dibia, I. K. (2020). The Effect Of Quantum Teaching Learning Model With Tri Kaya Parisudha Toward Natural Science Learning Outcome. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v4i2.8048 THE.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488.

Dewi, S. Z., & Suhandi, A. (2017). Penerapan Strategi Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain (Pdeode) Pada Pembelajaran Ipa Sd Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Menurunkan Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Pada Materi Perubahan Wujud Benda Di Kelas V. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 12. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5118.

Jannah, N. H., & Mudjiran, M. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHaDAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Basicedu, 3(4), 2125–2129. https://doi.org/10.33627/ge.v2i2.23.

Jayantika, I. G. A. N. T., & Yuliawati, N. P. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 283–295. https://doi.org/10.36526/tr.v4i2.947.

Nadiya, N., Rosdianto, H., & Murdani, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (gi) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Gerak Lurus Kelas X. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(2), 49. https://doi.org/10.26737/jipf.v1i2.63.

Ningsih, S. R., Miaz, Y., & Zikri, A. (2019). Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1065–1072. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.203.

Paramitha, I. D. A. A., & Margunayasa, I. G. (2016). Pengaruh model inkuiri terbimbing, gaya kognitif, dan motivasi berprestasi terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 80. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9012.

Pujiastuti, E. (2013). Keefektifan Pembelajaran Model Quantum Teaching Berbantuan Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 4(1), 98–104. https://doi.org/10.15294/kreano.v4i1.2886.

Sariayu, M. R., & Miaz, Y. (2020). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Think Pair Share di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 295–305. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.337.

Setiawan, I. G. Y., Wirya, I. N., & Wibawa, I. M. C. (2015). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Vi Di Gugus Iv Kecamatan Petang. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.6128.

Siahaan, K. W. A., Sinabutar, A. T., & Haloho, U. N. (2020). Pengaruh Metode Quantum Teaching Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Aktif Dan Menyenangkan Pada Anak SD Kevin William Andri Siahaan, Ayu Theresia Sinabutar, Uci Nursanty Haloho. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 175–182. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jee.v3i2.2381.

Subudi, I. K. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Sebagai Dampak Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Journal of Education Action Research, 5(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sunarti, S., Rahmawati, S., & Wardani, S. (2016). Pengembangan game petualangan “si bolang” sebagai media pembelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 58–68. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8365.

Supramono, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran quantum (quantum teaching) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD YPS Lawewu kecamatan Nuha kabupaten Luwu Timur. Jurnal Nalar Pendidikan, 4(2), 367–375. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/jnp.v4i2.2401.

Trimawan, I. K., Suwatra, I. I. W., & ... (2014). Penerapan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD …, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3767.

Trisnawati, T., & Wutsqa, D. U. (2015). Perbandingan Keefektifan Quantum Teaching Dan Tgt Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Prestasi Dan Motivasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 296. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7348.

Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V Sd Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959.

Widiastiti, N. L. A., & Sumantri, M. (2020). Model Quantum Teaching Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 303. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26628.

Wijayanto, K. A. (2019). KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR PKn KELAS IV. Joyful Learning Journal, 6(4), 270–276. https://doi.org/10.15294/jlj.v6i4.17575.

Wote, A. Y. V., Sasingan, M., & Kitong, O. E. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Quantum Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Technology, 4(2), 96. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.24369.

Zayyin, A. (2017). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Mateatika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. UNION: Jurnal Pendidikan Matematik, 5(1), 11–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30738/.v5i1.935.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v4i1.35262

Article Metrics

Abstract view : 274 times
PDF file view : 57 times

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v4i1.35262.g18950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal for Lesson and Learning Studies is published by:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://undiksha.ac.id

 


Journal for lesson and learning studies indexed by:

 Crossref Akreditasi SINTA BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Journal for Lesson and Learning Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.