Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis Model Teams Game Tournament Meningkatkan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.35317Keywords:
Daring, TGT, Hasil BelajarAbstract
Rendahnya hasil belajar siswa yang diakibatkan penerapan model pembelajaran daring yang kurang efisien pada masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran daring berbasis model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games-Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD, sebanyak 19 orang, 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan lembar observasi, metode analisis data dengan analisis deskriptif. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 84,21% dengan nilai rata-rata 73,42. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 89,47% dengan nilai rata-rata 79,37. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran daring dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD pada mata pelajaran IPA.
References
Agustini, F. (2020). Integrasi Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional Tarik Tambang Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 114. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24513.
Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 221–229.
Dewi, N. K. S. A. C., Ardana, I. K., & Ganing, N. N. (2020). Pengaruh Model Quantum Teaching Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 174–185. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27353.
Diartha, P., Sudarma, K., & Suwatra, W. (2019). Pengembangan Multimedia Berorientasi Pembelajaran Team Games Tournament Pada Mata Pelajaran IPA Kelas Iv Sekolah Dasar Mutiara Singaraja. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1), 1–11.
Guna, I. M. D., Agung, A. A. G., & Pudjawan, K. (2019). Game Education Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Paket. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 14–23.
Hutama, F. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbasis Nilai Budaya Using Untuk Siswa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 113. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8359.
Indrayani, S. A. P., Japa, I. G. N., & Arini, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Di Gugus IV Kecamatan Banjar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 76–86. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20811.
Kusumadiputra, M. N., Agustini, K., & Pradnyana, G. A. (2017). Study Komparatif Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan Learning Tournament Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(1), 1. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i1.9924.
Luka, Candiasa, & Aryanto. (2019). ANALISIS PEMBENTUKAN KELOMPOK DISKUSI PANEL SISWA MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS DAN K-MEANS. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 16(2), 267–277.
Lutfiyani, H. (2019). Keefektifan Model Teams Games Tournament Terhadap Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 142–148.
Mardani, N. D. D., Jaya, K. K., & Adnyani, D. M. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Penguasaan Huruf Hiragana Siswa Kelas X IBB 1 SMA Negeri 1 Sukasada Tahun Ajaran 2018/2019. 5(2), 197–206.
Nilayuniarti, N. P. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Tri Hita Karana. 8(3), 445–456.
Prasetyo, H., Prasetyo, A., & Agustini, F. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 402. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19332.
Puspita, N. P. M., Asri, I. G. A. A. S., & Ardana, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Media Komunikasi FPIPS, 17(1), 405–413. https://doi.org/10.23887/mkfis.v17i1.22196.
Ratna, P. H., & Wardani, N. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(1), 234–242.
Sandiasa, K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 278–284. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18623.
Saridewi, P., & Kusmariyatni, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Journal of Education Action Research, 1(3), 78–94. https://doi.org/10.30596/liabilities.v1i1.2033.
Soedimardjono, F. P. (2021). Cooperative Learning Model with Jigsaw Type Improves Students’ Sciences Process Skills and Learning Outcomes. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(1), 172. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i1.25203.
Suandika, I. K. A., Nugraha, I. N. P., & Dewi, L. J. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Otomotif Siswa Kelas X TKRO SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 8(2), 69. https://doi.org/10.23887/jptm.v8i2.27599.
Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359.
Sugiata, W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukarini, N. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(1), 64–81. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v6i2.37.
Sukaryawan, I. M., Sugihartini, N., & Pradnyana, I. M. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Terhadap Hasil Belajar Anak Kelompok B Pada Tema Pengenalan Binatang Buas. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 16(1), 118. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v16i1.16978.
Suryaningsih, N. M. A., Cahaya Elia, I. M., & Endah Poerwati, C. (2016). Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Permainan Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia dini. 5(2).
Utami, N. M. S., Hermawan, G. S., & Sadnyana, I. W. (2021). Profil Pembelajaran Berbasis Daring Dalam Pelajaran Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI Bahasa Di SMA N 2 Banjar. 7(1), 37–41.
Wiguna, A. K., Yudana, M., & Sunu, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, III(3).
Wiguna, Arthana, R., & Putrama, M. (2017). Pengembangan Game Edukasi Satua Bali “Pan Cubling” Berbasis Android. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(2), 192–205. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i2.11440.
Wulan, N. P. J. D., Suwatra, I. I. W., & Jampel, I. N. (2019). Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka- Teki Silang Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1), 66–74.
Wulandari, & Agustika. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515–526.
Wulandari, O. R. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Struktur dan Keseimbangan Pasar Dengan LKPD Berbasis Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 157. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25329.
Yasa, I. K. D., Pudjawan, K., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Peningkatan Efikasi Diri Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 330–341.
Yunita, N. K. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(2), 96–107. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778.
Zahara, A., Roshayanti, F., & Priyanto, W. (2019). Pengaruh Kartu Kuartet Dalam Model Pembelajaran Stad Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. Journal of Education Technology, 3(4), 229–236. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22361.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)