Booklet Sistem Ekskresi pada Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38136Keywords:
Booklet, Sistem Ekskresi, Bahan AjarAbstract
Pemilihan media yang tepat sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan proses pembelajaran. Media yang praktis dan menarik sangat berpengaruh terhadap peningkatan motivasi peserta didik untuk belajar. Booklet merupakan salah satu media pembelajaran berbetuk buku kecil yang dilengkapi gambar yang dapat dijadikan sebagai salah satu suplemen bahan ajar bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini pengembangan produk berupa booklet sistem ekskresi pada manusia sebagai suplemen bahan ajar biologi kelas XI SMA. Pengembangan booklet menggunakan model pengembangan 4-D yang dilakukan sampai tahap develop (uji validitas). Penelitian divalidasi oleh 2 orang dosen Biologi dan 1 orang guru Biologi SMA. Hasil rata-rata nilai validitas booklet sebesar 87,68% dengan kategori sangat valid. Hasil validitas dinilai dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan.Jadi, booklet sistem ekskresi pada manusia sebagai suplemen bahan ajar biologi kelas XI SMA dapat digunakan karena sudah dikatakan layak.
References
Abidin, Z. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech, 1(1), 9–20.
Adam, A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 04(April), 54–61.
Apriyeni, O., Syamsurizal, S., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2021). Validitas Booklet Pada Materi Bakteri Untuk Peserta Didik Kelas X Sma. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 8–13. Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V9i1.33805. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33805
Arikunto, S. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.
Christi, C. D. Y., & Lestari, N. A. (2019). Pengembangan Media Ajar Berdasarkan Penelitian Analisis Morfologi Durian Di Jawa Timur. Jurnal Koulutus.
Fadli, R., Sartono, N., Suryanda, A., Pendidikan, P., Universitas, B., Malang, N., Timur, J., Biologi, P., & Negeri, U. (2017). Pengembangan Kamus Berbasis Sistem Operasi Telepon Pintar Pada Materi Biologi Sma Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 8(2), 10–17. DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v8i2.21171
Gemilang, R., & Christiana, E. (2015). Pengembangan Booklet Sebagai Media Layanan Informasi Untuk Pemahaman Gaya Hidup Hedonisme Siswa Kelas Xi Di Sman 3 Sidoarjo. Pendidikan.
Gustinasari, M., Lufri, L., & Ardi, A. (2017). Development Of Module Learning Based On Concept With Exampel On Cell Material For Students Sma. Bioeducation Journal. Https://Doi.Org/10.24036/Bioedu.V1i1.29. DOI: https://doi.org/10.24036/bioedu.v1i1.29
Hanzen, W. F. E., Hastuti, U. S., & Lukiati, B. (2016). Pengembangan Booklet Pembuatan Yoghurt Kulit Buah Naga Untuk Para Petani Buah Berbasis Pada Hasil Penelitia. Jurnal Pendidikan, 1(11), 2140–2144. Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jptpp/Article/View/7976/3625.
Harahap, I. A., Helendra, Farma, S. A., & Syamsurizal. (2020). Validitas Booklet Sistem Pernapasan Manusia Sebagai Suplemen Bahan Ajar Ipa Kelas Viii Smp. Bioeducation Journal, 4(2), 104–105.
Harlis, S.Budiarti, R., & Natalia, D. (2021). Pengembangan Booklet Budidaya Jamur Edible Sebagai Bahan Ajar Mikologi. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7, 33–42. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v7i01.12063
Hoiroh, A. M. M. (2020). Pengembangan Media Booklet Elektronik Materi Jamur Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Sma. Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p292-301
Ikhsan, M. (2019). Identifikasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Biologi Dan Korelasinya Dengan Disposisi Berpikir Kritis Siswa Di Sma Negeri 2 Labuapi. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(3), 362–366. DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v3i3.999
Klarisya, L., Daningsih, E., & Reni, M. (2019). Kelayakan Booklet Submateri Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Dengan Pengayaan Transpirasi Enam Tanaman Dikotil. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(2), 1–9.
Langsa, K. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Oleh Guru Biologi Di Sma Negeri Sekota Langsa Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Jeumpa, 4(2), 13–20.
Luzyawati, L. (2019). Profil Miskonsepsi Siswa Dalam Materi Sistem Ekskresi Melalui Penugasan Peta Konsep. Mangifera Edu. Https://Doi.Org/10.31943/Mangiferaedu.V4i1.504. DOI: https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v3i2.20
Melati, R., Widiya, M., Fitriani, L., & Sari, P. A. (2020). Pengembangan Booklet Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Tumbuhan ( Plantae ) Kelas X Mipa Man 1 ( Model ) Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(November), 153–161. DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.4.2.153-161
Muhammad, F., Muhiddin, P., & Adnan. (2018). Pembelajaran Arthropoda Menggunakan Booklet Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas X Sma/Ma. Biology Teaching And Learning, 1(1), 28–32. DOI: https://doi.org/10.35580/btl.v1i1.7546
Nafsiyah, F. (2020). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Lepidoptera Subordo Rhopalocera Di Kawasan Cagar Alam Pagerwunung Darupono Kendal Sebagai Sumber Belajar Biologi Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Ma Nu 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Bioeduca : Journal Of Biology Education. Https://Doi.Org/10.21580/Bioeduca.V2i1.5994. DOI: https://doi.org/10.21580/bioeduca.v2i1.5994
Paramita, R., Ganda, R., Panjaitan, P., Ariyati, E., Paramita, R., Ipa, P., & No, V. (2018). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal Ipa Dan Pembelajaran Ipa, 02(02).
Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2019). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal Ipa & Pembelajaran Ipa, 2(2), 83–88. Https://Doi.Org/10.24815/Jipi.V2i2.12389. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389
Pralisaputri, K. R. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets Pada Materi. Jurnal Geoeco.
Primadeka, R., Syamswisna, & Ariyati, E. (2017). Kelayakan Buklet Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(8), 1–9.
Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243. Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jptpp/Article/View/9964/4705.
Saputra, E. A., Wakhinuddin, W., & Rizal, F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Elektronik Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 2(2), 39–44. Https://Doi.Org/10.24036/Jptk.V2i2.5023. DOI: https://doi.org/10.24036/jptk.v2i2.5023
Sholehah, N., & Irawati, M. H. (2017). Pengembangan Booklet Kawasan Rumah Pangan Lestari ( Krpl ) Untuk Santri Ekopesantren Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan, 2, 1081–1086. Https://Doi.Org/10.17977/Jptpp.V2i8.9828.
Situmorang, R. P., & Andayani, E. P. (2019). Penggunaan Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Assimilation: Indonesian Journal Of Biology Education, 2(1), 35–41. Https://Doi.Org/10.17509/Aijbe.V2i1.14544. DOI: https://doi.org/10.17509/aijbe.v2i1.14544
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. Https://Doi.Org/10.32585/Jkp.V2i2.113. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Ummi, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Semester Ii Kelas X Sma Berbasis Lectora Inspire. Jurnal Nalar Pendidikan. Https://Doi.Org/10.26858/Jnp.V6i1.6041. DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v6i1.6041
Wahid, A., Handayanto, A., & Purwosetiyono, F. X. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Menara Kudus Menggunakan Adobe Flash Professional Cs 6 Pada Siswa Kelas Viii. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 58–70. Http://Journal.Upgris.Ac.Id/Index.Php/Imajiner/Article/Download/5765/3075. DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i1.5765
Wahyuni, E. S., & Yokhebed, Y. (2019). Deskripsi Media Pembelajaran Yang Digunakan Guru Biologi Sma Negeri Di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 32. Https://Doi.Org/10.31571/Saintek.V8i1.1105. DOI: https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1105
Wardani, G. T. W., & Kusuma, I. (2017). Efekifitas Suplemen Bahan Ajar Ipa Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(1), 45.
Wulandari, Widiyaningrum, P., & Setiati, N. (2017). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Biologi Berbasis Riset Identifikasi Bakteri Untuk Siswa Sma. Journal Of Innovative Science Education, 6(2), 160.
Yusuf, M., Saraswati, U., & Ahmad, T. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Perang Lasem Dalam Bentuk Booklet Untuk Pembelajaran Sejarah Lokal Di Sma Negeri 1 Lasem. Indonesian Journal Of History Education, 7(1), 50–58. Https://Doi.Org/10.15294/Ijhe.V7i1.32287.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)