Booklet Sistem Ekskresi pada Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI SMA

Authors

  • Nurul Hiza Putri Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • S. Syamsurizal Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Yusni Atifah Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Sa’diyatul Fuadiyah Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38136

Keywords:

Booklet, Sistem Ekskresi, Bahan Ajar

Abstract

Pemilihan media yang tepat sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan proses pembelajaran. Media yang praktis dan menarik sangat berpengaruh terhadap peningkatan motivasi peserta didik untuk belajar. Booklet merupakan salah satu media pembelajaran berbetuk buku kecil yang dilengkapi gambar yang dapat dijadikan sebagai salah satu suplemen bahan ajar bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini  pengembangan produk berupa booklet sistem ekskresi pada manusia sebagai suplemen bahan ajar biologi kelas XI SMA. Pengembangan booklet menggunakan model pengembangan 4-D yang dilakukan sampai tahap develop (uji validitas). Penelitian divalidasi oleh 2 orang dosen Biologi dan 1 orang guru Biologi SMA. Hasil rata-rata nilai validitas booklet sebesar 87,68% dengan kategori sangat valid. Hasil validitas dinilai dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan.Jadi, booklet sistem ekskresi pada manusia sebagai suplemen bahan ajar biologi kelas XI SMA dapat digunakan karena sudah dikatakan layak.

Author Biographies

Nurul Hiza Putri, Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

Program Studi Pendidikan Biologi

S. Syamsurizal, Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

Program Studi Pendidikan Biologi

Yusni Atifah, Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

Program Studi Pendidikan Biologi

Sa’diyatul Fuadiyah, Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

Program Studi Pendidikan Biologi

References

Abidin, Z. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech, 1(1), 9–20.

Adam, A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 04(April), 54–61.

Apriyeni, O., Syamsurizal, S., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2021). Validitas Booklet Pada Materi Bakteri Untuk Peserta Didik Kelas X Sma. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 8–13. Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V9i1.33805. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33805

Arikunto, S. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.

Christi, C. D. Y., & Lestari, N. A. (2019). Pengembangan Media Ajar Berdasarkan Penelitian Analisis Morfologi Durian Di Jawa Timur. Jurnal Koulutus.

Fadli, R., Sartono, N., Suryanda, A., Pendidikan, P., Universitas, B., Malang, N., Timur, J., Biologi, P., & Negeri, U. (2017). Pengembangan Kamus Berbasis Sistem Operasi Telepon Pintar Pada Materi Biologi Sma Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 8(2), 10–17. DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v8i2.21171

Gemilang, R., & Christiana, E. (2015). Pengembangan Booklet Sebagai Media Layanan Informasi Untuk Pemahaman Gaya Hidup Hedonisme Siswa Kelas Xi Di Sman 3 Sidoarjo. Pendidikan.

Gustinasari, M., Lufri, L., & Ardi, A. (2017). Development Of Module Learning Based On Concept With Exampel On Cell Material For Students Sma. Bioeducation Journal. Https://Doi.Org/10.24036/Bioedu.V1i1.29. DOI: https://doi.org/10.24036/bioedu.v1i1.29

Hanzen, W. F. E., Hastuti, U. S., & Lukiati, B. (2016). Pengembangan Booklet Pembuatan Yoghurt Kulit Buah Naga Untuk Para Petani Buah Berbasis Pada Hasil Penelitia. Jurnal Pendidikan, 1(11), 2140–2144. Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jptpp/Article/View/7976/3625.

Harahap, I. A., Helendra, Farma, S. A., & Syamsurizal. (2020). Validitas Booklet Sistem Pernapasan Manusia Sebagai Suplemen Bahan Ajar Ipa Kelas Viii Smp. Bioeducation Journal, 4(2), 104–105.

Harlis, S.Budiarti, R., & Natalia, D. (2021). Pengembangan Booklet Budidaya Jamur Edible Sebagai Bahan Ajar Mikologi. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7, 33–42. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v7i01.12063

Hoiroh, A. M. M. (2020). Pengembangan Media Booklet Elektronik Materi Jamur Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Sma. Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p292-301

Ikhsan, M. (2019). Identifikasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Biologi Dan Korelasinya Dengan Disposisi Berpikir Kritis Siswa Di Sma Negeri 2 Labuapi. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(3), 362–366. DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v3i3.999

Klarisya, L., Daningsih, E., & Reni, M. (2019). Kelayakan Booklet Submateri Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Dengan Pengayaan Transpirasi Enam Tanaman Dikotil. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(2), 1–9.

Langsa, K. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Oleh Guru Biologi Di Sma Negeri Sekota Langsa Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Jeumpa, 4(2), 13–20.

Luzyawati, L. (2019). Profil Miskonsepsi Siswa Dalam Materi Sistem Ekskresi Melalui Penugasan Peta Konsep. Mangifera Edu. Https://Doi.Org/10.31943/Mangiferaedu.V4i1.504. DOI: https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v3i2.20

Melati, R., Widiya, M., Fitriani, L., & Sari, P. A. (2020). Pengembangan Booklet Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Tumbuhan ( Plantae ) Kelas X Mipa Man 1 ( Model ) Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 4(November), 153–161. DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.4.2.153-161

Muhammad, F., Muhiddin, P., & Adnan. (2018). Pembelajaran Arthropoda Menggunakan Booklet Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas X Sma/Ma. Biology Teaching And Learning, 1(1), 28–32. DOI: https://doi.org/10.35580/btl.v1i1.7546

Nafsiyah, F. (2020). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Lepidoptera Subordo Rhopalocera Di Kawasan Cagar Alam Pagerwunung Darupono Kendal Sebagai Sumber Belajar Biologi Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Ma Nu 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Bioeduca : Journal Of Biology Education. Https://Doi.Org/10.21580/Bioeduca.V2i1.5994. DOI: https://doi.org/10.21580/bioeduca.v2i1.5994

Paramita, R., Ganda, R., Panjaitan, P., Ariyati, E., Paramita, R., Ipa, P., & No, V. (2018). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal Ipa Dan Pembelajaran Ipa, 02(02).

Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2019). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal Ipa & Pembelajaran Ipa, 2(2), 83–88. Https://Doi.Org/10.24815/Jipi.V2i2.12389. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389

Pralisaputri, K. R. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets Pada Materi. Jurnal Geoeco.

Primadeka, R., Syamswisna, & Ariyati, E. (2017). Kelayakan Buklet Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(8), 1–9.

Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243. Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jptpp/Article/View/9964/4705.

Saputra, E. A., Wakhinuddin, W., & Rizal, F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Elektronik Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 2(2), 39–44. Https://Doi.Org/10.24036/Jptk.V2i2.5023. DOI: https://doi.org/10.24036/jptk.v2i2.5023

Sholehah, N., & Irawati, M. H. (2017). Pengembangan Booklet Kawasan Rumah Pangan Lestari ( Krpl ) Untuk Santri Ekopesantren Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan, 2, 1081–1086. Https://Doi.Org/10.17977/Jptpp.V2i8.9828.

Situmorang, R. P., & Andayani, E. P. (2019). Penggunaan Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Assimilation: Indonesian Journal Of Biology Education, 2(1), 35–41. Https://Doi.Org/10.17509/Aijbe.V2i1.14544. DOI: https://doi.org/10.17509/aijbe.v2i1.14544

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. Https://Doi.Org/10.32585/Jkp.V2i2.113. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Ummi, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Semester Ii Kelas X Sma Berbasis Lectora Inspire. Jurnal Nalar Pendidikan. Https://Doi.Org/10.26858/Jnp.V6i1.6041. DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v6i1.6041

Wahid, A., Handayanto, A., & Purwosetiyono, F. X. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Menara Kudus Menggunakan Adobe Flash Professional Cs 6 Pada Siswa Kelas Viii. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 58–70. Http://Journal.Upgris.Ac.Id/Index.Php/Imajiner/Article/Download/5765/3075. DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i1.5765

Wahyuni, E. S., & Yokhebed, Y. (2019). Deskripsi Media Pembelajaran Yang Digunakan Guru Biologi Sma Negeri Di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 32. Https://Doi.Org/10.31571/Saintek.V8i1.1105. DOI: https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1105

Wardani, G. T. W., & Kusuma, I. (2017). Efekifitas Suplemen Bahan Ajar Ipa Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(1), 45.

Wulandari, Widiyaningrum, P., & Setiati, N. (2017). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Biologi Berbasis Riset Identifikasi Bakteri Untuk Siswa Sma. Journal Of Innovative Science Education, 6(2), 160.

Yusuf, M., Saraswati, U., & Ahmad, T. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Perang Lasem Dalam Bentuk Booklet Untuk Pembelajaran Sejarah Lokal Di Sma Negeri 1 Lasem. Indonesian Journal Of History Education, 7(1), 50–58. Https://Doi.Org/10.15294/Ijhe.V7i1.32287.

Downloads

Published

2021-12-04

How to Cite

Putri, N. H., Syamsurizal, S., Atifah, Y., & Fuadiyah, S. (2021). Booklet Sistem Ekskresi pada Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI SMA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 309–314. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38136

Issue

Section

Articles