Pentingnya Ikut Serta Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Refri Diantika Sari Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Erik Aditya Ismaya Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia
  • Siti Masfuah Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38572

Keywords:

Pentingnya Orang Tua, Motivasi Belajar, Anak Sekolah Dasar

Abstract

Pentingnya orang tua merupakan tugas yang memiliki andil dalam mendukung keberhasilan anaknya terutama dalam hal meningkatkan motivasi belajar anak. Anak yang mempunyai motivasi belajar rendah cenderung mengabaikan belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pentingnya orang tua dalam memotivasi belajar anak sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 anak sekolah dasar dan 6 orang tua. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Analisis data pada penelitian ini merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua memiliki tugas penting dalam memotivasi belajar anak sekolah dasar sebagai korektor, informator, motivator, organisator, fasilitator dan pembimbing. Dalam penelitian ini pembentukan jam belajar anak, pendampingan belajar anak, dan pemeberian reward mampu memotivasi belajar anak sekolah dasar. Dalam penelitian ini pembentukan jam belajar anak, pendampingan belajar anak, dan pemberian reward mampu memotivasi belajar anak sekolah dasar. Pentingnya ikut serta orang tua dalam mengontrol jam belajar anak, pendampingan belajar anak dan pemberian pujian. Hal ini dapat meningkatkan disiplin anak, dan dapat memotivasi belajar anak. Dapat disimpulkan bahwa orangtua memiliki peran yang sangat penting bagi anak sehingga orangtua harus memperhatikan anak dengan baik.

Author Biographies

Refri Diantika Sari, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Erik Aditya Ismaya, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Siti Masfuah, Universitas Muria Kudus, Kudus, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Ahyani, & Asmarani. (2012). Kecemasan Akan Kegagalan, Dukungan Orangtua, Dan Motivasi Belajar Pada Siswa Di Pesantren. Jurnal Psikologi Proyeksi, 7(1). http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/article/download/706/598.

Alamiyah, S. S., Kusuma, A., Juwito, J., & Tranggono, D. (2021). Pergeseran Model Pendampingan Penggunaan Media Digital oleh Orangtua pada Anak di Masa Pandemi COVID-19 Pendahuluan Pandemi COVID-19 telah menyebabkan perubahan pada berbagai aspek kehidupan manusia . Untuk mengatasi dan mengurangi dampak resiko pandemi ,. JCommsci-Journal Of Media and Communication Science, 4(1), 5–12. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.120. DOI: https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.120

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Astarini, N., Hamid, S. I., & Rustini, T. (2017). Studi Dampak Tavangan Televisi Terhadap Perkembangan Perilaku Sosial Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1). https://doi.org/10.17509/cd.v8i1.10554. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v8i1.10554

Atmojo, A. E. P., & Nugroho, A. (2020). EFL classes must go online! Teaching activities and challenges during COVID-19 pandemic in Indonesia. Register Journal, 13(1), 49–76. https://doi.org/10.18326/rgt.v13i1.49-76. DOI: https://doi.org/10.18326/rgt.v13i1.49-76

Atsani, K. L. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1

Bal-Taştan, S., Davoudi, S. M. M., Masalimova, A. R., Bersanov, A. S., Kurbanov, R. A., Boiarchuk, A. V, & Pavlushin, A. A. (2018). The Impacts of Teacher’s Efficacy and Motivation on Student’s Academic Achievement in Science Education among Secondary and High School Students. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(6), 2353–2366. https://doi.org/10.29333/ejmste/89579. DOI: https://doi.org/10.29333/ejmste/89579

Bdiwi, R., de Runz, C., Faiz, S., & Cherif, A. A. (2019). Smart learning environment: Teacher’s role in assessing classroom attention. Research in Learning Technology, 27, 1–14. https://doi.org/10.25304/rlt.v27.2072. DOI: https://doi.org/10.25304/rlt.v27.2072

Brandmiller, C., Dumont, H., & Becker, M. (2020). Teacher Perceptions of Learning Motivation and Classroom Behavior: The Role of Student Characteristics. Contemporary Educational Psychology, 63, 101893. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101893. DOI: https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101893

Cheung, SCheung, S. K., & Kwan, J. L. Y. (2021). Parents’ perceived goals for early mathematics learning and their relations with children’s motivation to learn mathematics. Early Childhood Research Quarterly, 56. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2021.03.003.

Cheung, S. K., & Yin, J. L. (2021). Parents’ Perceived Goals for Early Mathematics Learning and Their Relations With Children’s Motivation to Learn Mathematics. Early Childhood Research Quarterly, 56(3), 90–102. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2021.03.003. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2021.03.003

Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic Situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 491. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i6.1833. DOI: https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i6.1833

Fajariyah, S. N., Suryawan, A., & Atika, A. (2018). Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Anak. Sari Pediatri, 20(2), 101. https://doi.org/10.14238/sp20.2.2018.101-5. DOI: https://doi.org/10.14238/sp20.2.2018.101-5

Ginting, I. B. (2016). Pengelolaan Model Pembelajaran Tgt Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Ips Kelas VII-5 SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Jurnal Handayani: Jurnal Kajian Pendidikan Pra Sekolah Dan Pendidikan Dasar, 6(1). https://doi.org/10.24114/jh.v6i1.4882.

Hagan, J. L., Armbruster, P., & Ballard, R. (2019). Barriers to Research among Faculty at a Health Sciences University. American Journal of Educational Research, 7(1), 44–48. https://doi.org/10.12691/education-7-1-7. DOI: https://doi.org/10.12691/education-7-1-7

Hanesty, E., Neviyarni, N., & Karneli, Y. (2020). Factors affecting student learning motivation during the Covid-19 pandemic. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 02(1), 100–107. https://doi.org/10.24036/005404ijaccs. DOI: https://doi.org/10.24036/005404ijaccs

Hidayati, T. N., Dewi, W. A. F., Rosa, N. N., Rosa, N. N., Rosa, N. N., Nurul Fadlilah, A., Islam Anak Usia Dini, P., Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta, U., Zulaekhah, S., Jurusan, M., Keperawatan, I., Kedokteran, F., Diponegoro, U., Pengajar, S., Ilmu, J., Kedokteran, F., Diponegoro, U., Janosik, S. M., Avissina, R., … Padang, U. N. (2020). Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme.

Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 222–228. https://doi.org/10.26858/jo.v2i2.2956.

Ikbal, I., Taena, L., & Ilham, M. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Bone Kabupaten Muna. Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi, 4(1). https://doi.org/10.36709/jopspe.v4i1.13526 DOI: https://doi.org/10.36709/jopspe.v4i1.13526

Insyasiska, Zubaidah, & Susilo. (2015). Pengaruh Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21. https://doi.org/10.17977/um052v7i1p9-21.

Kim, Y., Mok, S. Y., & Seidel, T. (2020). Parental influences on immigrant students’ achievement-related motivation and achievement: A meta-analysis. Educational Research, 30. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100327. DOI: https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100327

Lase, D., Zega, T. G. C., & Daeli, D. O. (2021). Parents’ Perceptions of Distance Learning during COVID-19 Pandemic in Rural Indonesia. SSRN Electronic Journal, 13(2), 101–111. https://doi.org/10.2139/ssrn.3890610. DOI: https://doi.org/10.2139/ssrn.3890610

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Meilanie, R. S. M. (2020). Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 958–964. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741

Ni, S., Lu, S., Lu, K., & Tan, H. (2021). The effects of parental involvement in parent–child reading for migrant and urban families: A comparative mixed-methods study. Children and Youth Services Review, 123. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.105941. DOI: https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.105941

Ningrat, S. P., & Sumantri, M. (2019). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd. Journal of Education Technology, 2(4), 145. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16426. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16426

Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2019). Pengembangan Alat Peraga IPA dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15097. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15097

Praslova, L. (2010). Adaptation of Kirkpatrick’s four level model of training criteria to assessment of learning outcomes and program evaluation in Higher Education. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 22(3), 215–225. https://doi.org/10.1007/s11092-010-9098-7 DOI: https://doi.org/10.1007/s11092-010-9098-7

Putri, L. A. D., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Keterlibatan Orangtua dan Regulasi Diri terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.438. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418

Putro, A. A. Y., Suyanto, S., & Yoyon Suryono, Y. (2017). Educational Management for Elementary Based on Baiquniyyah Koranic School. Advances in Economics, Business and Management Research, 45(CoEMA), 132–137. https://doi.org/10.2991/coema-17.2017.22. DOI: https://doi.org/10.2991/coema-17.2017.22

Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498–3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878

Rosalina, A., Widyasari, Y., Ismi, M., & Hapsari. (2010). Peranan Orangtua Dalam Dongeng Sebelum Tidur Untuk Optimalisasi Kemampuan Berkomunikasi Anak Usia Dini. Psycho Idea, 8(2). https://doi.org/10.30595/psychoidea.v8i2.236.

Sabilla, S. N. (2021). Mindful Parenting pada Orangtua dengan Anak Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH): Tinjauan Sistematis. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 26(1). https://doi.org/10.20885/psikologika.vol26.iss1.art10. DOI: https://doi.org/10.20885/psikologika.vol26.iss1.art10

Saito, K., Dewaele, J.-M., Abe, M., & In’nami, Y. (2018). Motivation, Emotion, Learning Experience, and Second Language Comprehensibility Development in Classroom Settings: A Cross-Sectional and Longitudinal Study. Language Learning, 68(3), 709–743. https://doi.org/10.1111/lang.12297. DOI: https://doi.org/10.1111/lang.12297

Sari, A. L., Nariyah, H., & Wihayati, W. (2019). Studi Fenomenologi Film Animasi Upin dan Ipin di MNC TV dalam Membentuk Perilaku Imitasi pada Anak di TK Al-Muhibbin Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Jurnal Signal, 7(1), 15–26. https://doi.org/10.33603/signal.v7i1.1915. DOI: https://doi.org/10.33603/signal.v7i1.1915

Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto. (2018). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 24–35. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591

Simanjuntak, S. Y., Kismartini, Dwimawanti, I. H., & Hidayatullah, M. A. (2020). Respons Guru Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 125–136. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.108. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.108

Sorek, Y., Simon, B. Ben, & Ektelat, F. N. (2020). Motivation Matters: Parents’ Path to Adoption as Related to Their Perceptions of Open Adoption. Children and Youth Services Review, 118(11), 105430. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105430. DOI: https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105430

Sugiarti, R., & Pribadi, A. S. (2013). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Siswa Slow Learner di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Semarang. Journal Wacana, 5(1), 1–17.

Susilowati, E., & Azzasyofia, M. (2020). The parents stress level in facing children study from home in the early of covid-19 pandemic in Indonesia. International Journal of Science and Society, 2(3), 1–12. https://doi.org/10.200609/ijsoc.v2i3.117. DOI: https://doi.org/10.54783/ijsoc.v2i3.117

Tiwery, W. Y., Patty, F. N., & Nanlohy, D. F. (2021). Role Of Family For Children’s Education During A Pandemic In Eastern Indonesia. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(7), 1522–1527. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i7.2965.

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620. DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620

Triyanti, M., Harmoko, H., & Lestari, N. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Motivasi Siswa Kelas X SMA Negeri Jayaloka. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi FKIP UM Metro, 9(2). https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i2.1605 DOI: https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i2.1605

Utomo, K. D., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.29923. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.29923

Wardani, D. T. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Divisions) Dan Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Tahun Ajaran 2014/2015. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 3(2), 105–112. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v3i2.657. DOI: https://doi.org/10.25273/equilibrium.v3i2.657

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768

Winarni, E. W., Hambali, D., & Purwandari, E. P. (2021). Pendampingan Rubrik Penilaian BDR bagi Guru SD Kota Bengkulu Semasa Pandemi Covid-19. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2622. DOI: https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2622

Wulandari, A. P., & Renda, N. T. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 90. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068

Yani, A., & Jazariyah, J. (2020). Penyelenggaraan PAUD Berbasis Karakter Kebhinekaan sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Sejak Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.503. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.503

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Downloads

Published

2021-12-04

How to Cite

Sari, R. D., Ismaya, E. A., & Masfuah, S. (2021). Pentingnya Ikut Serta Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 378–387. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38572

Issue

Section

Articles